Ilustrasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). | ANTARA FOTO

Nasional

Tunggu Hasil SNMPTN

Pengumuman SNMPTN akan dilaksanakan pada 29 Maret 2022. Hasilnya akan menentukan kesuksesan dalam SBMPTN

JAKARTA -- Siswa lulusan tahun 2022 diminta untuk mengikuti proses seleksi penerimaan mahasiswa baru satu per satu. Sebelum mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN), siswa diminta untuk menunggu pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) terlebih dahulu.

"Pendaftar SBMPTN tolong menunggu dulu diterima atau tidak diterima di jalur SNMPTN," ujar Ketua Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Budi Prasetyo dalam kegiatan sosialisasi daring, dikutip Selasa (11/1).

Pengumuman SNMPTN akan dilaksanakan pada 29 Maret 2022, sedangkan pendaftaran UTBK SBMPTN dimulai 23 Maret 2022. "Tidak mungkin bisa mendaftar UTBK SBMPTN bagi siswa yang mendaftar SNMPTN dan lolos SNMPTN," kata Budi.

Dia menerangkan, para calon peserta yang dapat mendaftarkan diri mengikuti UTBK SBMPTN pada pembukaan pendaftaran adalah para lulusan SMA tahun 2020 dan 2021 atau siswa gap year. "Lulusan 2020, 2021, harus bikin akun baru pada 14 Februari sampai 17 Maret 2022," ujar dia.

Ketua LTMPT Mochamad Ashari menerangkan, para siswa wajib memiliki akun LTMPT untuk mengikuti proses seleksi penerimaan mahasiswa baru. "Kalau memang niat ikut seleksi PTN, wajib Anda membuka akun di LTMPT," kata dia menerangkan.

Dia menjelaskan, siswa kelas 12 SMA hingga SMK sudah dapat memulai pembuatan akun LTMPT sejak 10 Januari 2022. Lewat akun LTMPT itu, sekolah akan mengunggah data seluruh siswa yang berhak mengikuti SNMPTN. Sekolah akan melakukan pemeringkatan siswa yang berhak.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by LTMPT OFFICIAL (ltmptofficial)

Kuota siswa ditentukan berdasarkan akreditasi sekolah. Sekolah dengan akreditasi A akan memperingkatkan 40 persen siswa, sekolah akreditasi B sebanyak 25 persen, dan sekolah akreditasi C sebanyak 5 persen.

Untuk keperluan pendaftaran SNMPTN, akun LTMPT juga akan dapat digunakan saat para siswa ingin mendaftar UTBK SBMPTN. UTBK SBMPTN merupakan proses seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dapat dilakukan ketika mereka dinyatakan tidak lolos SNMPTN.

"Supaya semua itu lancar, semua itu bisa melaksanakan kegiatannya itu tidak menemui kendala," ujar Ashari menjelaskan.

Proses penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri tahun 2022 dilakukan melalui tiga jalur, yakni SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri. Untuk SBMPTN, periode pendaftaran baru akan dilaksanakan pada 23 Maret hingga 15 April 2022.

Kemudian, pelaksanaan UTBK SBMPTN akan dilakukan sebanyak dua gelombang. Gelombang pertama pada 17-23 Mei 2022 dan gelombang kedua pada 28 Mei hingga 3 Juni 2022. Lokasi UTBK SBMPTN tersebar di seluruh Indonesia di 74 pusat UTBK. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat