Mengenal Varian Omikron | republika

Nasional

Pasien Diduga Terlular Omikron di Hotel Karantina

Penularan Omikron diketahui setelah si pasien menjalani tes usap.

JAKARTA—Kasus Covid-19 varian omikron diduga ditemukan pascakarantina di hotel di DKI Jakarta. Puskesmas Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, melaporkan seorang warga asal Pademangan terpapar Covid-19 varian omikron setelah melakukan perjalanan luar negeri dari Liberia.

Kepala Satuan Pelaksana UKP Puskesmas Kecamatan Menteng Jonathan Aditama mengatakan, warga laki-laki tersebut sebenarnya sudah menjalani karantina selama 10 hari di Hotel Fraser Residence, Menteng, Jakarta Pusat.

"Karena dia bukan dari daftar negara yang mengharuskan karantina 14 hari maka dia karantina 10 hari dan memilih hotel di Menteng sebagai tempat isolasi," kata Jonathan saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin (10/1).

Jonathan menjelaskan, setelah menjalani karantina selama 10 hari, warga asal Pademangan itu baru merasakan gejala Covid-19. Setelah dilakukan tes usap, ia terkonfirmasi positif Covid-19 varian omikron. Temuan ini kemudian ditindaklanjuti Puskesmas Kecamatan Pademangan. Pasien Covid-19 varian Omikron tersebut diisolasi di RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran.

"Sudah ditangani oleh tim PKC Pademangan untuk dirujuk ke Wisma Atlet," kata dia.

Atas temuan tersebut, Puskesmas Kecamatan Menteng juga memastikan kondisi kesehatan warga lainnya di Hotel Fraser Menteng, termasuk terhadap karyawan. Setidaknya, 165 karyawan di hotel tersebut dilakukan tes usap sebagai upaya tracing untuk melacak potensi penyebaran varian omikron.

Selain di Fraser Residence Menteng, varian omikron juga terdeteksi di C'One Hotel Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Kepala Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih Murni L Naibaho membenarkan adanya temuan varian omikron di hotel tersebut. Namun, ia enggan menyebutkan jumlah temuan kasus Covid-19 varian yang dinilai paling menular ini.

"Iya, memang ada pelaku-pelaku perjalanan yang sudah terdeteksi, varian omikronnya sendiri saya tidak punya datanya karena itu ranah Kementerian (Kesehatan)," kata Murni.

Fraser Residence Menteng dan C’One Hotel termasuk dari 72 hotel di Jakarta yang ditunjuk Kementerian Kesehatan sebagai tempat isolasi atau karantina. Tempat tersebut diperuntukkan bagi pelaku perjalanan luar negeri.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes dr Siti Nadia Tarmidzi meminta masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan luar negeri jika tidak terlalu penting. "Sebagian besar kasus omikron berasal dari pelaku perjalanan luar negeri. Karena itu, masyarakat diharapkan menunda dahulu jika ingin pergi ke luar negeri," kata Nadia.

Warga Depok terpapar Omikron

Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor tengah mengumpulkan informasi terkait warga Depok yang terpapar Covid-19 varian Omicron usai berkunjung ke kawasan Puncak. Sampai saat ini, belum diketahui pasti lokasi yang dikunjungi pasien tersebut.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor, Irwan Purnawan, mengatakan saat ini pihaknga tengah menggali informasi dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, yang masih menunggu keterangan lebih lanjut dari Dinkes Kota Depok.

“Kan dia katanya ke Puncak, masalahnya itu Puncaknya di mana, kita belum tau nih, kita belum menelusuri itu di mana,” kata Irwan melalui telepon selulernya, Senin (10/1).

Irwan mengatakan, ia telah meminta kepada Dinkes Kabupaten Bogor untuk segera berkoordinasi dengan Dinkes Kota Depok terkait kasus tersebut. Hal itu sangat dibutuhkan untuk upaya 3 T (tracing, testing dan treatment).

“Untuk sementara ini, saya belum dapat informasi detail, siapa, kemudian dia dari mana, masuknya ke Puncak mana, nah ini masih ditunggu. Kita minta untuk koordinasi dengan Dinkes Depok,” ucapnya.

Jika nanti ditemukan lokasi mana saja yang dikunjungi oleh warga Depok yang terpapar Omicron itu, Irwan mengatakan, Satgas Covid-19 akan segera melakukan tracing dan testing terhadap kontak erat. Oleh karena itu, dia berharap segera mendapatkan data rinci yang berkaitan dengan kasus tersebut.

“Kita kasih waktu dulu Dinkesnya, kan harus dilakukan penelusuran, apakah ada interaksi atau tidak, baru nanti kita lakukan tes di lokasi. Kalau di Puncak ini nanti menduga-duga interaksinya di mana, apakah di hotel atau villa ini masih dicari. Kita belum dapat data, Dinkes kita sendiri belum dapat detilnya,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemkot Depok menyatakan enam warganya terpapar Covid-19 jenis Omicron. Mereka berasal dari luar negeri dan Timur Tengah serta ada yang dari kawasan Puncak, Kabupaten Bogor.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris, mengatakan dua warga yang terpapar usai kunjungan dari luar negeri sedang menjalani karantina di RSDC Wisma Atlet. “Ada dua warga lainnya terpapar baru saja pulang dari Timur Tengah. Sedangkan yang lainnya terpapar karena baru pulang rekreasi dari Cisarua, Puncak, Bogor,” ujarnya.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat