Ketua Umum PP PERBASI Danny Kosasih memberikan sambutan dalam acara penandatangan MoU dukungan Bank Mandiri kepada olahraga Bola Basket Indonesia di Jakarta, Rabu (5/5). Bank Mandiri akan menyalurkan bantuan finansial yang dibutuhkan PERBASI untuk mempers | Prayogi/Republika.

Olahraga

Perbasi Gelar Indonesia Basketball Festival di Lima Kota

Perbasi mengatakan IBF disiapkan sebagai program Road to FIBA Asia Cup 2021.

JAKARTA -- Turnamen bola basket internasional FIBA Asia Cup 2021 akan digelar pada 12-24 Juli 2022 di Jakarta. Gelaran ini akan dijadikan momentum Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP PERBASI) untuk melaksanakan kampanye olahraga bola basket ke seluruh pelosok Indonesia dengan meluncurkan program Indonesia Basketball Festival (IBF).

Program ini diharapkan menambah kepedulian masyarakat terhadap gelaran bola basket di Indonesia. Sebab, setelah FIBA Asia Cup 2021, PP PERBASI juga mendapat kepercayaan menjadi penyelenggara FIBA World Cup 2023.

"IBF ini bagian dari upaya PP PERBASI menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap bola basket. Terutama, menumbuhkan euforia menyambut FIBA Asia Cup 2021 pada Juli nanti," ujar Ketum PP PERBASI Danny Kosasih, Selasa (4/1).

IBF memang disiapkan sebagai program Road to FIBA Asia Cup 2021. Perhelatan ini merupakan kompetisi basket yang ditujukan sebagai pemanasan masyarakat menuju FIBA Asia Cup Indonesia 2021. IBF akan hadir di lima kota yang memiliki sejarah dan ikon pariwisata istimewa.

Kelima kota yang akan disinggahi IBF adalah Timika, Bali, Surabaya, Yogyakarta, dan Jakarta. Ajang ini bakal digelar pada 7 Januari hingga 26 Juni 2022. Sebagai langkah awal, IBF akan dilaksanakan di Timika pada 7-11 Januari 2021.

Konsep acaranya akan ada suguhan pertandingan para pemain dari masing-masing daerah. Pemain yang boleh tampil harus berusia 19-22 tahun kategori putra dan putri. "Kami sengaja membatasi usia karena memang menyesuaikan kebutuhan. Kami berharap mendapatkan banyak data pemain dari seluruh Indonesia untuk menyuplai kebutuhan pemain timnas ke depan," kata Danny menjelaskan.

Ketua Pelaksana FIBA Asia Cup 2021 Junas Miradiarsyah berharap acara ini bisa lebih mendekatkan masyarakat terhadap bola basket. "Dengan begitu, masyarakat bisa lebih semarak menyambut FIBA Asia Cup 2022 nanti,” ujar Ketua Pelaksana FIBA ASIA Cup Indonesia 2022, Junas Miradiarsyah.

Selain kompetisi basket, IBF juga menghadirkan kegiatan hiburan, seperti bazar dan juga coaching clinic yang menghadirkan atlet profesional Indonesia. Perhelatan ini juga mendapat dukungan dari berbagai sector, seperti Bank Mandiri dan Freeport.

Corporate Secretary Bank Mandiri, Rudi As Aturridha, menyatakan, kepercayaan Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) kepada Indonesia untuk menggelar dua ajang bergengsi di level Asia dan dunia harus benar-benar dimanfaatkan. Selain untuk meningkatkan prestasi bola basket nasional ke tingkat yang lebih tinggi, juga untuk mempromosikan Indonesia melalui olahraga.

Executive Vice President External Affairs Freeport, Agung Laksamana, menyampaikan komitmen perusahaannya untuk ikut mendukung pengembangan olahraga di Papua. Pergelaran IBF di Timika akan diselenggarakan di Stadion Mimika Sport Complex (MSC) yang dibangun oleh Freeport Indonesia. Stadion berstandar internasional ini memiliki fasilitas olahraga indoor dan outdoor, serta fasilitas pendukung lainnya. Stadion ini telah digunakan pada ajang PON XX Papua yang lalu.

"Penyelenggaraan IBF di Timika merupakan bagian dari komitmen kami untuk ikut mendukung lahirnya talenta-talenta muda Papua dalam bidang olahraga basket, selain sepak bola dan atletik, yang dapat membawa harum Papua untuk Indonesia," ujar Agung menjelaskan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Indonesia Basketball (perbasi.ina)

Jadwal Indonesia Basketball Festival 2022:

- Timika (7-11 Januari 2022)

- Bali (23-27 Februari 2022)

- Surabaya (16-20 Maret 2022)

- Yogyakarta (11-15 Mei 2022)

- Jakarta (1-5 Juni 2022)

- Championship Series (21-16 Juni 2022)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat