Ilustrasi tempat wisata Ancol Jakarta | ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Jakarta

31 Dec 2021, 11:04 WIB

Skenario Tempat Wisata di Pergantian Tahun

Tempat wisata seperti Ancol, TMII, Ragunan akan tetap buka hanya setengah hari.

JAKARTA – Sejumlah lokasi wisata mengagendakan tetap buka selama pergantian tahun dengan kebijakan tersendiri. Corporate Communication Ancol, Eko Nugroho, mengatakan, Taman Impian Jaya Ancol akan tetap buka 31 Desember 2021 dan 1 Januari 2022 selama setengah hari.

Pembukaan Ancol hingga pukul 14.00 WIB itu, akan menjadi pelayanan Ancol bagi masyarakat yang ingin berkunjung. “Jadi, khusus tanggal 31 Desember dan 1 Januari 2022, Ancol akan tutup jam dua siang,” kata Eko kepada Republika, Kamis (30/12).

Dia menjelaskan, pembukaan ini sesuai dengan SK Kepala Dinas Parekraf Provinsi DKI Jakarta No 789 Tahun 2021 yang merupakan perubahan atas SK No 761 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan PPKM Level 1 Corona Virus Disease 2019 Pada Sektor Usaha Pariwisata. Dalam surat itu, Ancol menjadi salah satu tempat wisata yang diizinkan beroperasi dengan tetap menerapkan peraturan PPKM Level 1. 

Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Teuku Sahir Syahali, mengatakan, pembukaan Ancol di tahun baru ini menjadi kabar baik bagi pihaknya. "Kami senang masih dapat melayani pengunjung pada pergantian tahun ini, semoga akhir tahun ini berbahagia dan di tahun depan kondisi bisa jauh lebih baik lagi," ujar Sahir.

Khusus 31 Desember 2021 dan 1 Januari 2022, pengunjung tetap dapat memasuki kawasan wisata Ancol. Bagi pengunjung yang ingin olahraga bisa masuk mulai pukul 06.00 WIB. Untuk yang mau rekreasi bisa datang mulai pukul 09.00 WIB.

Taman Margasatwa Ragunan (TMR) di Jakarta Selatan dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur, juga tetap buka selama periode tahun baru 2022. Namun, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi pengunjung.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Taman Margasatwa Ragunan (ragunanzoo)

Humas Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang, pengunjung Ragunan hanya dibolehkan sebesar 50 persen dari kapasitas atau setara dengan 30 ribu pengunjung per harinya. Kemudian untuk jam operasional, Wahudi mengatakan, TMR beroperasi dari jam 07.00 WIB sampai dengan 14.30 WIB. 

Tak ada pembatasan durasi pengunjung di dalam area kebun binatang itu. Asalkan tidak melewati batas waktu jam operasional. Selain itu, untuk kendaraan, pihaknya juga memberlakukan pembatasan dengan menggunakan sistem ganjil-genap.

 

Selain itu, yang perlu diketahui oleh para calon pengunjung Kebun Binatang Ragunan adalah tiket untuk masuk hanya dijual secara daring melalui tautan bit.ly/PesantiketTMR. Sehingga, tidak ada pembelian tiket masuk di gerbang masuk. "Jika tiket sudah terjual 30 ribu maka secara otomatis pendaftaran ditutup," ujar Wahyudi. 

Sedangkan di TMII, laman resminya menyebut untuk 31 Desember 2021 dan 1 Januari 2022, jam operasional TMII dimulai pukul 06.00 WIB sampai dengan 15.00 WIB. Pengunjung juga wajib memiliki aplikasi PeduliLindungi. "TMII hanya melayani pengunjung yang telah melakukan pembelian tiket online minimal H-1 kunjungan," bunyi pengumuman di situs web resmi TMII. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Taman Mini Indonesia Indah (tmiiofficial)

Sementara itu, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyampaikan tempat wisata di DKI, seperti TMII, TMR, dan Ancol dibatasi jam operasionalnya dan harus tutup pada pukul 15.00 WIB di 31 Desember 2021, tanggal 1 dan 2 Januari 2022. “Kemudian untuk kawasan wisata Situ Babakan, Museum Fatahillah Kota Tua, pada tiga hari tersebut tutup,” kata Sambodo.

Di wilayah Bogor, kondisi yang hampir sama juga dilakukan, yakni tetap buka dengan pembatasan waktu. Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, mengatakan, tempat wisata buka tapi akan dipantau secara ketat. 

“Akan dipantau agar tak ada pelanggaran, kerumunan, dan lain-lain. Tapi mungkin kolam renang tidak diizinkan untuk beroperasi nanti,” ujar Bima Arya kepada Republika, Kamis (30/12).

Salah satu tempat wisata di Kota Bogor, yakni Kebun Raya Bogor (KRB), tetap beroperasi secara normal mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. General Manager Corporate Communication & Security PT Mitra Natura Raya (MNR) KRB, Zaenal Arifin, mengatakan, pengunjung KRB saat libur tahun baru nanti dibatasi sebanyak 20 ribu pengunjung.

“Pengunjung dapat masuk ke KRB dengan syarat sudah vaksinasi Covid-19, dan check in menggunakan aplikasi PeduliLindungi,” kata Zae.

Sementara itu, di Kabupaten Bogor akan dilakukan pengalihan arus khususnya di ruas jalur Puncak. Pengalihan akan dilakukan menuju Ciawi. Kasatlantas Polres Bogor, AKP Dicky Anggi Pranata, mengatakan, pada Ahad (2/1) nanti, di jalur Puncak diterapkan sistem ganjil-genap pada kendaraan bermotor. Juga pemeriksaan surat vaksinasi Covid-19 terhadap para wisatawan.

Salah satu tempat wisata di jalur Puncak, Taman Safari Indonesia (TSI) di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, menerapkan protokol kesehatan Covid-19, mulai dari pengunjung masuk dengan kendaraan hingga di dalam area TSI sendiri. Direktur Taman Safari Indonesia, Jansen Manansang, mengatakan, ketika kendaraan pengunjung masuk, akan dibersihkan menggunakan disinfektan.

Selanjutnya, Jansen mengatakan, pengunjung akan diperiksa suhu badannya. Jika terjadi kejadian yang tidak diinginkan, pengunjung bisa dibawa ke Rumah Sakit Paru Goenawan Partowidigdo yang terletak tidak jauh dari TSI.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ancol Taman Impian (@ancoltamanimpian)


×