Warga menunggu sebelum menaiki penerbangan Air France ke Prancis dari Bandara Internasional Tambo di Johannesburg, Afrika Selatan, Jumat (26/11/2021). Sejumlah negara di dunia termasuk Indonesia mulai menutup pintu kedatangan dari Afrika bagian selatan a | (AP Photo/Jerome Delay)

Internasional

WHO: Omikron Timbulkan Peningkatan Risiko Global

WHO menyebut omikron menimbulkan risiko global yang sangat tinggi.

JENEWA -- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, varian omikron telah terdeteksi di 60 negara. Varian baru Covid-19 ini menimbulkan risiko global yang sangat tinggi.

Dalam laporannya, WHO mengatakan, mutasi varian omikron dapat menyebabkan penularan yang lebih tinggi sehingga jumlah kasus Covid-19 meningkat. Varian ini pertama kali terdeteksi bulan lalu di Afrika Selatan dan Hong Kong.

"Risiko keseluruhan terkait varian baru yang menjadi perhatian omikron tetap sangat tinggi karena sejumlah alasan. Bukti awal menunjukkan potensi pelepasan kekebalan humoral terhadap infeksi dan tingkat penularan yang tinggi, dapat menyebabkan lonjakan lebih lanjut dengan konsekuensi yang parah," kata pernyataan WHO pada Ahad (12/12), merujuk pada kemampuan potensial virus untuk menghindari kekebalan yang disediakan oleh antibodi.

WHO mengutip beberapa bukti awal bahwa jumlah orang yang mengalami infeksi Covid-19 berulang telah meningkat di Afrika Selatan. Sementara temuan awal dari Afrika Selatan menunjukkan bahwa orang yang terinfeksi varian omikron menunjukkan gejala lebih ringan ketimbang varian delta.

Bahkan, sebagian besar kasus yang dilaporkan di wilayah Eropa memiliki gejala ringan atau tanpa gejala. Hingga saat ini, para ilmuwan masih melakukan penelitian untuk mengetahui tingkat keparahan varian omikron.

"Butuh lebih banyak data untuk memahami tingkat keparahannya. Bahkan jika tingkat keparahannya berpotensi lebih rendah daripada varian Delta, maka kapasitas rawat inap akan meningkat sebagai akibat dari peningkatan transmisi. Peningkatan rawat inap dapat membebani sistem kesehatan dan menyebabkan lebih banyak kematian," kata WHO.

Sebelumnya Kepala penelitian laboratorium di Institut Penelitian Kesehatan Afrika di Afrika Selatan, mengatakan, sebagian varian Omikron dapat menghindari perlindungan dari dua dosis vaksin Covid-19 yang diproduksi oleh Pfizer Inc dan BioNTech. Ilmuwan yang pertama kali mendeteksi strain baru Omikron, Sikhulile Moyo khawatir dengan varian Covid-19 yang bermutasi sangat cepat. Kecepatan mutasi juga menimbulkan pertanyaan tentang evolusi varian Covid-19.

Moyo, yang merupakan direktur Botswana Harvard HIV Reference Laboratory dan peneliti di Harvard TH Chan School of Public Health mengatakan, virus tidak mengakumulasi mutasi dalam satu langkah. Dia menambahkan, sangat sulit untuk memahami dengan baik seberapa jaub varian omikron akan berkembang.

photo
Seorang petugas pompa bensin berdiri di samping halaman sampul surat kabar the Sowetan di Pretoria, Afrika Selatan, Sabtu (27/11). Tulisan di koran itu berbunyi, “Varian baru ada di sini”. - (Denis Farrell/AP)

"Kami masih mencoba memahami berapa banyak mutasi yang muncul untuk Omikron dalam waktu singkat. Jika Anda melihat garis keturunan sebelumnya, jika Anda melihat Alfa, jika Anda melihat Beta, Anda dapat melihat mutasi terakumulasi dari waktu ke waktu," ujar  Moyo, dilansir Alarabiya.

Moyo pertama kali mengurutkan sampel pada 11 November. Sampel diambil dari diplomat asing yang diambil di Botswana. Varian tersebut adalah B.1.1.263. Varian ini dikenal sebagai garis keturunan dari varian yang pertama kali terdeteksi pada awal April 2020.

Ketika Moyo mendeteksi lebih dekat varian B.1.1.263, dia melihat bahwa strain tersebut memiliki lebih sedikit mutasi. Setelah meminta informasi lebih lanjut dari Departemen Kesehatan Botswana tentang riwayat orang-orang yang diambil sampelnya, Moyo menemukan temuan varian baru dan memasukannya ke dalam database internasional pada 23 November.

Beberapa jam kemudian, secara terpisah Afrika Selatan melaporkan hal serupa. Dengan banyaknya perubahan terhadap varian omikron, Moyo awalnya mengira ini akan menjadi virus yang lemah.

"Sebaliknya, varian (omikron) dapat mereplikasi dengan cepat dan menghindari bagian dari sistem kekebalan, menyebabkan risiko infeksi berulang yang lebih tinggi," ujar Moyo.

Sementara, di Amerika Serikat (AS), varian Delta masih mendominasi kasus Covid-19 dari 50 juta kasus yang tercatat hingga Ahad. Menurut hitungan Reuters, Senin (13/12), varian Omikron sedang menyebar.

Setelah sekitar dua bulan, jumlah infeksi virus korona menurun. Akan tetapi AS kembali mengalami peningkatan harian dalam dua pekan belakangan ini akibat varian Delta. Lonjakan infeksi Covid-19 terjadi khususnya di negara-negara bagian AS yang suhunya lebih dingin, termasuk Vermont, New Hampshire, dan Michigan.

Jumlah pasien covid yang dirawat di rumah sakit juga meningkat, yaitu naik 20 persen sejak liburan Thanksgiving pada akhir November. Selama November, angka kematian naik sebesar 4,6 persen.

Jumlah total orang yang meninggal akibat Covid-19 juga sudah melebihi 800 ribu jiwa. Sementara, hampir setengah dari negara-negara bagian AS telah mencatat kemunculan kasus omikron. "Namun, varian Delta masih menjadi penyebab 99 persen kasus Covid-19," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC) Dr Rochelle Walensky. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat