Warga memeriksa kerusakan bangunan selepas tornado mematikan menerpa Mayfield, Kentucky, AS, Sabtu (11/12/2021). | AP Photo/Mark Humphrey

Internasional

Presiden Biden Tetapkan Status Darurat di Kentucky

Presiden Biden menyetujui status darurat untuk negara bagian Kentucky yang dihantam tornado.

WILMINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyetujui status darurat untuk negara bagian Kentucky yang dihantam tornado pada Sabtu (11/12) malam waktu setempat. Lebih dari 100 orang dikhawatirkan meninggal dunia karena terjangan tornado.

Biden juga segera memerintahkan bantuan federal untuk melengkapi tanggapan dari otoritas negara bagian dan lokal. "Ini adalah tragedi. Dan kami masih belum tahu berapa banyak nyawa yang hilang dan tingkat kerusakan total," kata Biden kepada wartawan.

Badai ini merupakan salah satu bencana tornado terbesar dalam sejarah. Rumah, bangunan, dan sebagian besar bisnis telah hancur akibat tornado.

Serangkaian tornado mengamuk di lima negara bagian yang menyebabkan bangunan porak poranda. Biden mengatakan, ada kekhawatiran jumlah korban terus meningkat. "Apa pun yang dibutuhkan, saya akan memberikannya," kata dia.

Biden juga mengungkapkan pertanyaan jangka panjang tentang sistem peringatan tornado. "Salah satu pertanyaan yang akan saya ajukan, saya yakin, adalah: Apakah ada peringatan? Dan apakah itu cukup kuat dan apakah itu diikuti?" kata Biden.

Ketika ditanya apakah bencana tornado ini merupakan dampak dari perubahan iklim, Biden mengatakan, akan meminta Badan Perlindungan Lingkungan pemerintah untuk melakukan penyelidikan. Akan tetapi, dia tak menampik bahwa meningkatnya suhu bumi telah berdampak pada munculnya bencana alam.  

"Tetapi faktanya adalah kita semua tahu segalanya lebih intens ketika iklim memanas. Dan jelas itu memiliki beberapa dampak di sini, tetapi saya tidak bisa memberikan gambaran kuantitatif tentang itu," kata Biden.

Biden berjanji untuk mengunjungi wilayah yang terdampak tornado. Akan tetapi dia ingin memastikan bahwa kedatangannya tidak menghalangi proses penyelamatan dan pemulihan. "Saya berencana untuk melakukan kunjungan," kata Biden.

 
photo
Warga memeriksa kerusakan dyang ditimbulkans tornado mematikan yang menerpa Mayfield, Kentucky, AS, Sabtu (11/12/2021). - (AP Photo/Mark Humphrey)

Sebelumnya, Biden telah berbicara dengan gubernur dari lima negara bagian yang dilanda badai, yakni Arkansas, Illinois, Kentucky, Missouri, dan Tennessee. Pada kesempatan itu dia menyampaikan belasungkawa dan komitmen untuk memberikan bantuan dengan cepat.

Badan Manajemen Darurat Federal (FEMA) mengirim personel tanggap darurat, air, dan komoditas lain yang dibutuhkan ke tujuh negara bagian yang terkena dampak. Biden telah memerintahkan lonjakan sumber daya ke lokasi dengan kebutuhan terbesar yang akan membuat sumber daya dan personel federal lainnya tersedia.

Tornado menghancurkan pabrik lilin dan kantor pemadam kebakaran, kantor polisi, panti jompo, dan menewaskan sedikitnya enam pekerja di gudang Amazon, di Illinois. Gubernur Kentucky Andy Beshear mengatakan, terjangan tornado ini adalah yang paling merusak dalam sejarah negara bagian.

Dia mengatakan sekitar 40 pekerja telah diselamatkan di pabrik lilin di kota Mayfield. Di pabrik itu tercacat ada 110 orang ketika menjadi tumpukan puing. Gubernur pesimistis menemukan orang yang selamat dari pabrik.

"Kehancuran itu tidak seperti apa pun yang saya lihat dalam hidup saya dan saya kesulitan mengungkapkannya dengan kata-kata," kata Beshear pada konferensi pers. "Kemungkinan besar lebih dari 100 orang hilang di sini di Kentucky," ujar dia menambahkan.

Beshear mengatakan, 189 personel Garda Nasional telah dikerahkan untuk membantu pemulihan wilayah terdampak. Upaya penyelamatan sebagian besar akan difokuskan di Mayfield yang merupakan rumah bagi sekitar 10 ribu orang di sudut barat daya negara bagian yang dekat dengan Illinois, Missouri, dan Arkansas.

Video dan foto di media sosial menunjukkan bangunan bata di pusat kota Mayfield rata dengan tanah. Mobil yang diparkir juga terlihat hampir terkubur di bawah puing-puing. Menara di gedung pengadilan Graves County yang bersejarah runtuh dan Gereja First United Methodist di dekatnya juga runtuh.

photo
Petugas pemadam kebakaran memeriksa puing-puing rumah yang hancur akibat terpaan tornado di Missouri, AS, Jumat (10/12/2021). - (David Carson/St. Louis Post-Dispatch via AP)

Kepala Pemadam Kebakaran Mayfield Jeremy Creason, yang stasiunnya ikut hancur, mengatakan pabrik lilin itu menjadi tumpukan logam, baja, dan mesin yang bengkok. Dia mengaku terkadang harus merangkak di atas korban untuk menyelamatkan korban yang masih hidup.

Salah satu warga, Paige Tingle mengatakan, berkendara empat jam ke lokasi dengan harapan menemukan ibunya yang berusia 52 tahun, Jill Monroe, yang bekerja di pabrik dan terakhir terdengar pada pukul 21.30. "Kami tidak tahu bagaimana perasaan kami. Kami hanya berusaha menemukannya," katanya. "Ini adalah bencana di sini."

Profesor ilmu geografi dan atmosfer di Northern Illinois University, Victor Gensini mengatakan, temperatur dan kelembaban yang luar biasa tinggi menciptakan lingkungan untuk peristiwa cuaca ekstrem seperti ini sepanjang tahun. "Ini adalah peristiwa bersejarah," kata Gensini.

 

Daftar 10 tornado paling mematikan di Amerika Serikat sejak 1900:

1. 18 Maret 1925, di Missouri, Illinois dan Indiana, dengan 695 kematian.

2. 5 April 1936, di Tupelo, Mississippi, dengan 216 kematian.  

3. 6 April 1936, di Gainesville, Georgia, dengan 203 kematian.

4. 9 April 1947, di Woodward, Oklahoma, dengan 181 kematian.  

5. 22 Mei 2011, di Joplin, Missouri, dengan 158 kematian.

6. 24 April 1908, di Amite, Louisiana, dan Purvis, Mississippi, dengan 143 kematian.  

7.  8 Juni 1953, di Flint, Michigan, dengan 116 kematian.

8. 11 Mei 1953 di Waco, Texas, dengan 114 kematian.  

9. 18 Mei 1902 di Goliad, Texas, dengan 114 kematian.  

10. 23 Maret 1913, di Omaha, Nebraska, dengan 103 kematian.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat