Pemain belakang AC Milan's Fikayo Tomori merayakan kemenangan setelah mencetak gol dalam sebuah pertandingan Liga Champions melawan Liverpool. | EPA-EFE/ROBERTO BREGANI

Olahraga

Dinasti Baru AC Milan

AC Milan dapat termasuk ke dalam salah satu tim yang bersaing merengkuh gelar juara Liga Italia.

UDINESE -- Terempas dari kompetisi elite Liga Champions 2021/2022 menyisakan satu harapan bagi AC Milan. Skuad Rossoneri kini berambisi untuk menjadi juara di kompetisi bergengsi Seri A Liga Italia. 

Terakhir kali I Rossoneri, julukan Milan, merengkuh trofi scudetto Seri A adalah pada musim 2010/2011. Praktis, sudah 11 tahun Milan mengarungi safari kelam sepeninggalan deretan legenda dan presiden klub, Silvio Berlusconi.

Perlahan tapi pasti, Milan kembali membangun dinasti baru. Kurun waktu dua musim ke belakang Milan dapat termasuk ke dalam salah satu tim yang bersaing merengkuh gelar juara Liga Italia. Kekalahan atas Liverpool 1-2 pada matchday keenam Grup B Liga Champions memaksa armada Stefano Pioli untuk mengalihkan pandangan di persaingan Liga Italia.

Milan kali ini akan bertamu ke markas Udinese pada giornata ke-17 di Stadion Friuli, Udine, Ahad (12/12) dini hari WIB nanti. Kemenangan sangat berarti demi memperlebar jarak dengan pesaing lain. "Ini (Liga Champions) jelas menjadi pembelajaran bagi kami untuk terus berkembang menjadi lebih baik," kata Stefano Pioli, dilansir laman resmi Milan, Jumat (10/12).

Pioli kembali tanpa beberapa pemain penting yang masih dibekap cedera. Rafael Leao, Samu Castillejo, dan Olivier Giroud sudah kembali berlatih. Akan tetapi, klub belum bisa memastikan apakah ketiga pemain tersebut akan turun sejak menit awal. Sementara itu, Davide Calabria serta Simon Kjaer masih harus menepi karena berkutat dengan cedera yang diderita.

"Kami melakukan segalanya untuk mencoba memfasilitasi pemulihan dan meningkatkan level kinerja para pemain. Saya yakin situasinya akan membaik," sambung Pioli.

Perasaan tak menyenangkan juga dialami penyerang gaek Milan, Zlatan Ibrahimovic. Ia mengakui, dirinya dan tim kecewa tersingkir dari Liga Champions. Akan tetapi penyerang asal Swedia menegaskan, ia akan memberikan segalanya untuk bisa membawa I Diavolo Rosso memenangkan scudetto musim 2021/2022. "Kami tidak akan menyerah," kata Ibrahimovic.

Milan sementara berada di peringkat pertama klasemen Seri A dengan perolehan 38 poin dari 12 kemenangan, 2 imbang, dan 2 kekalahan. Sandro Tonali dan kolega sukses menggusur Napoli ke peringkat ketiga pada akhir pekan kemarin setelah menang melawan Salernitana.

Milan jelas tak boleh terpeleset mengingat ini merupakan partai penting. Sebab, Inter Milan membayangi di posisi kedua dengan selisih satu poin. Nerazzurri akan menghadapi tim juru kunci Cagliari.

Di kubu tuan rumah Udinese baru menang tiga kali musim ini dan bukanlah tim favorit pada laga ini. Terakhir Udinese kalah dari Empoli yang membuat karier Luca Gotti bersama Zebrette, julukan Udinese berakhir. Posisi Gotti akan ditempati oleh pelatih interim, Gabriele Cioffi, sebelum menunjukkan allenatore baru untuk menangani Roberto Pereyra dan kawan-kawan.

Jadwal Seri A Liga Italia, Sabtu (11/12): 

Fiorentina vs Salernitana     

Venezia vs Juventus     

Udinese vs AC Milan

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat