Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi memberikan sambutan pada acara Anugerah Syariah Republika (ASR) 2021 yang diselenggarakan secara daring di Jakarta, Rabu (8/12/2021). | Prayogi/Republika.

Kabar Utama

09 Dec 2021, 03:55 WIB

Ekonomi Syariah Terus Melaju

Anugerah Syariah Republika menjadi pemacu untuk terus menumbuhkan ekonomi dan keuangan syariah.

JAKARTA -- Sebanyak 38 perusahaan, lembaga, pemerintah daerah, dan tokoh terpilih sebagai penerima Anugerah Syariah Republika (ASR) 2021 yang diselenggarakan pada Rabu (8/12). Perhelatan ASR 2021 menjadi momentum penyemangat bagi para pelaku ekonomi dan keuangan syariah nasional untuk terus bertumbuh di tengah segala tantangan akibat pandemi Covid-19.

Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi mengatakan, ASR 2021 tetap digelar secara daring dalam situasi pandemi sebagai bentuk dukungan dan apresiasi terhadap para pelaku ekonomi syariah. Apalagi, pandemi Covid-19 yang telah melanda Indonesia selama hampir dua tahun, telah berdampak serius pada sektor kesehatan dan ekonomi.

Namun, di tengah tantangan yang mengadang tersebut, sektor ekonomi dan keuangan syariah nasional tak berhenti menyumbangkan kontribusi bagi pulihnya perekonomian nasional. Untuk itu, kata Irfan, tema yang diusung dalam ASR 2021 adalah "Ekonomi Syariah Memacu Pertumbuhan Ekonomi Nasional".

"Kita berharap ekonomi syariah benar-benar menjadi faktor penting yang mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional, seperti tema yang diangkat dalam ASR 2021," kata Irfan dalam sambutannya.

Penghargaan ASR diberikan kepada sektor industri keuangan perbankan maupun nonbank syariah, lembaga filantropi, teknologi finansial syariah, destinasi wisata halal. Penghargaan juga diberikan kepada pemerintah daerah yang berkomitmen besar dalam mengembangkan industri halal, serta tokoh-tokoh yang dinilai berkontribusi dalam kemajuan ekonomi syariah.

Para penerima ASR 2021 menilai, ajang ASR yang konsisten digelar Republika menjadi pemacu semangat bagi pelaku ekonomi dan keuangan syariah nasional. Direktur Utama BJB Syariah Indra Falatehan mengatakan, penghargaan ini memacu perusahaan untuk memberikan layanan perbankan terbaik bagi para nasabah.

BJB Syariah mendapatkan penghargaan sebagai Bank Syariah Terbaik pada kelompok Bank BUKU I. “Penghargaan ini sebagai amanah dan memacu bagi perusahaan untuk memberikan layanan dan produk lebih baik serta berharap perusahaan bisa memberikan kemaslahatan di negeri ini,” ujar Indra.

Direktur Utama Bank Syariah Indonesia (BSI) Hery Gunardi mengutarakan hal senada. BSI mendapatkan dua penghargaan, yaitu sebagai Bank Syariah Terbaik dan Bank Syariah Inovasi Digital Terbaik pada kelompok Bank BUKU III.

photo
Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk Hery Gunardi memberikan sambutan dalam acara Anugerah Syariah Republika (ASR) 2021 yang diselenggarakan secara daring di Jakarta, Rabu (8/12/2021). - (Prayogi/Republika)

BSI tetap menunjukkan kinerja baik meski dalam proses merger, bahkan mampu melakukan ekspansi yang cukup strategis. BSI juga mampu memperlihatkan bahwa teknologi bank syariah tak kalah bagus dengan perbankan konvensional. Layanan digital BSI mencakup layanan dana, sosial keagamaan, hingga pembiayaan.

“Penghargaan ASR 2021 memacu perusahaan berinovasi pelayanan lebih baik. Hal ini tidak lepas dari segenap nasabah dan seluruh stakeholder. Kami berharap Republika dapat terus menjadi mitra untuk mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia,” ucapnya.

Adapun Bank BUKU III yang juga mendapatkan ASR 2021 adalah BTPN Syariah untuk kategori Bank Syariah Pemberdayaan Perempuan Terbaik dimenangkan oleh BTPN Syariah. Business Planning & Assurance Head BTPN Syariah Dewi Nuzulianti mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk komitmen untuk memberdayakan jutaan keluarga prasejahtera di seluruh pelosok Indonesia melalui perempuan tangguh.

“Kami percaya dengan perempuan berdaya maka keluarga akan semakin bahagia dan memiliki kehidupan berarti baik di negeri dan diri sendiri,” ucapnya.

Ketua Dewan Juri ASR 2021 Nur Hasan Murtiaji mengatakan, salah satu kategori yang paling dinantikan di setiap ASR adalah Tokoh Ekonomi Syariah. Kategori penghargaan ini diberikan kepada tokoh yang dianggap berperan penting dalam pengembangan ekonomi syariah.

Pada tahun ini, Tokoh Ekonomi Syariah disematkan kepada Presiden Joko Widodo atas komitmennya dalam mendorong pertumbuhan ekonomi syariah. Inisiasi Presiden Jokowi membentuk Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) memberikan peranan penting dalam pendalaman literasi dan inklusi keuangan syariah nasional. 

photo
Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah memberikan sambutan dalam acara Anugerah Syariah Republika (ASR) 2021 yang diselenggarakan secara daring di Jakarta, Rabu (8/12/2021). - (Prayogi/Republika)

Melihat besarnya peran KNKS, Jokowi kemudian memperluas KNKS menjadi Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), sehingga cakupan dalam sektor syariah semakin komprehensif, baik untuk sektor makro dan keuangan maupun sektor riil. Jokowi juga menginisiasi Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU) untuk memaksimalkan potensi keuangan sosial wakaf.

Adapun Tokoh Ekonomi Syariah lainnya adalah Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi Ansharullah, yang dinobatkan sebagai Tokoh Kepala Daerah Terinovatif. Mahyeldi mendorong program unggulan prioritas yang berkaitan dengan ekonomi syariah.

Provinsi Bangka Belitung juga menjadi menjadi tujuan wisata halal terinovatif dalam ASR 2021. Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, turut menyampaikan apresiasi kepada Republika yang telah mendukung potensi pariwisata halal Bangka Belitung.

"Alhamdulillah, berkat doa dan ikhtar kita semua, Bangka Belitung menjadi tujuan wisata halal terinovatif dalam ajang bergengsi Anugerah Syariah Republika," kata Erzaldi, dalam sambutannya secara virtual, Rabu (8/12).

photo
Warga berswafoto di Kebun Tanaman Bunga Celosia Garden Ake di Sungailiat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (31/10/2020). Kebun tanaman Bunga Celosia dan Bunga Zenia yang didominasi bunga berwarna kuning, merah dan merah mudah itu itu menjadi tempat wisata dadakan bagi masyarakat di pulau Bangka. - (ANTARA FOTO/Anindira Kintara)

Ia sekaligus mengapresiasi kepada seluruh pemangku kepentingan pariwisata di Bangka Belitung, pelaku usaha, serta masyarakat yang terus mendukung pengembangan pariwisata halal. Penghargaan kali ini, kata Erzaldi, menjadi pengingat bagi Pemprov Bangka Belitung untuk terus mengoptimalisasi seluruh potensi pariwisata halal untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

"Mari kita jaga kelestarian lingkungan untuk mendorong pariwisata halal yang akan memberikan manfaat bagi kita semua," ujarnya.

Tim Dewan Juri ASR 2021 Elba Damhuri mengatakan, jumlah kategori penghargaan pada ASR 2021 lebih banyak dibandingkan ASR 2020 yang sebanyak 20 kategori. "Ini karena pada tahun ini kita menghadapi transformasi digital yang luar biasa pada industri keuangan syariah," kata Elba.  


×