Pegawai menunjukan aplikasi Bank Syariah Indonesia (BSI) usai peresmiannya di Jakarta, Senin (1/2/2021). | Dhemas Reviyanto/ANTARA FOTO

Tajuk

02 Dec 2021, 03:45 WIB

Akselerasi Digital Syariah

Kini ekosistem ekonomi dan keuangan syariah berpadu guna terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

Tren untuk menerapkan nilai-nilai Islami dalam kehidupan keseharian masyarakat Indonesia pada beberapa tahun terakhir menunjukkan kecenderungan menguat. Ada perubahan gaya hidup bernafaskan Islami dalam keseharian Muslim di Tanah Air.

Perubahan gaya hidup ini, tampak di beberapa sektor kehidupan masyarakat.

Jika dua dekade lalu ucapan salam oleh tokoh publik di suatu forum adalah suatu hal yang langka, tapi kini hampir semua pejabat bila akan membuka acara bisa dipastikan mengucapkan salam. Akan terasa janggal bila di suatu perkantoran pemerintah maupun swasta tidak memiliki mushala atau masjid.

Saat ini, hampir semua perkantoran menyediakan mushala atau masjid dengan fasilitas yang bagus, bersih, dan nyaman. Tempat ibadah tak lagi berada di lorong-lorong sempit atau di ruang bawah tanah pusat-pusat perbelanjaan.

Tempatnya pun, kini berada mencolok di bagian depan pusat perkantoran. Hal yang jarang dijumpai pada satu atau dua dekade lalu. Bila dua dekade lalu pemandangan Muslimah berjilbab adalah hal langka, tidak dengan di era kiwari.

 
Jika dua dekade lalu ucapan salam oleh tokoh publik di suatu forum adalah suatu hal yang langka, tapi kini hampir semua pejabat bila akan membuka acara bisa dipastikan mengucapkan salam. 
 
 

Muslimah berkerudung di perkotaan hingga perdesaan merupakan hal lazim. Tentu dengan beragam variasi model hijab yang dikenakan. Indonesia adalah pusat bagi fashion Muslim Asia. Berbagai model jilbab tersedia dan bahkan kini hijab produksi Tanah Air menjadi trendsetter.

Tentu, tak lengkap jika tak menyertakan sektor pendidikan yang turut mendorong pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah nasional. Berbagai sekolah Islam bertumbuh di sejumlah daerah mulai dari jenjang kanak-kanak hingga perguruan tinggi.

Mulai dari yang berbasis full day school hingga boarding atau yang berasrama sebagaimana pendidikan pesantren.

Beragam sekolah dengan basis pendidikan Islam itu merupakan pengejawantahan dari semangat keluarga muda Muslim Indonesia agar anak-anak mereka memperoleh asupan nilai-nilai dan karakter yang Islami.

Tentu saja, keluarga muda Muslim tersebut merupakan kelas menengah Indonesia dari sisi ekonomi. Mereka juga merupakan pembelanja produk-produk barang dan jasa halal. Industri halal menemukan momentumnya dengan keberadaan kelas menengah ini.

Pendek kata, kini ekosistem ekonomi dan keuangan syariah berpadu guna terwujudnya kesejahteraan masyarakat. Di sisi lain, pandemi selama hampir dua tahun terakhir juga turut mengakselerasi perkembangan ekonomi dan keuangan syariah nasional.

 
Pendek kata, kini ekosistem ekonomi dan keuangan syariah berpadu guna terwujudnya kesejahteraan masyarakat. 
 
 

Penjarakan fisik dan sosial selama pandemi, mengharuskan banyak hal yang dilakukan secara remote atau dioperasikan secara online. Transaksi digital menjadi tren. Terjadi kenaikan yang signifikan perilaku digital dalam keseharian masyarakat.

Bahkan, digitalisasi ini pun merambah ke sektor usaha mikro kecil menengah. Mereka mengadopsi teknologi digital dalam menjalankan bisnis dan usaha. Beragam aplikasi yang mendukung sektor keuangan dan ekonomi syariah bermunculan.

Perbankan syariah menjadi sektor yang terdepan dalam transformasi digital ini.

Pandemi dan tren keislaman masyarakat yang meningkat pesat membuat perbankan syariah berimprovisasi dan berinovasi. Digitalisasi dalam pelayanan merupakan keniscayaan bagi perbankan syariah di era kiwari.

Transformasi digital bagi perbankan syariah akan mengakselerasi industri dan ekonomi syariah. Karena, kata kunci dari digitalisasi adalah memudahkan dan membuat nyaman pengguna. 


×