Sejumlah warga menonton pertandingan World SSP Race 1 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (20/11/2021). | Republika/Putra M. Akbar

Nasional

Mataram Masih Nihil Kasus Covid-19 Setelah WSBK

Setelah perhelatan akbar WSBK belum ada temuan kasus positif baru Covid-19 di Kota Mataram.

MATARAM -- Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat menyebutkan, setelah perhelatan akbar World Superbike (WSBK), belum ada temuan kasus positif baru Covid-19 di Kota Mataram. Sejak sebelum perhelatan WSBK ditargetkan terjaga protokol kesehatannya sehingga tidak menciptakan klaster Covid-19.

"Kondisi itu, kita harapkan bisa dipertahankan agar WSBK yang sudah berlangsung 19-21 November 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, selain sukses penyelenggaraan, sukses pemulihan ekonomi, juga sukses tidak menimbulkan klaster baru Covid-19," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Mataram I Nyoman Swandiasa, Selasa (23/11).

Pernyataan Swandiasa dibuktikan dengan data tim kewaspadaan Covid-19 Provinsi NTB. Hingga Senin (22/11), tercatat tidak ada tambahan pasien Covid-19 untuk Kota Mataram. "Beberapa pekan terakhir ini, kita (Kota Mataram) memang nyaris tidak ada tambahan kasus positif," katanya.

Melihat kondisi perkembangan Covid-19 pasca-WSBK yang masih landai, Swandiasa mengeklaim pelaksanaan WSBK aman dan dijamin tidak ada klaster baru. "Apalagi WSBK dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat," katanya.

photo
Pebalap Pata Yamaha With Brixx WSBK Toprak Razagatlioglu bersama ofisial melakukan foto bersama usai WSBK Race 1 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Ahad (21/11/2021). Toprak Razagatlioglu menjadi juara dunia WSBK 2021. Republika/Putra M. Akbar - (Republika/Putra M. Akbar)

Namun demikian, untuk upaya pencegahan tetap dilakukan secara maksimal sesuai regulasi yang ada, termasuk untuk vaksinasi Covid-19 terus berjalan pada fasilitas kesehatan. "Realisasi vaksinasi pertama saat ini sudah lebih dari 100 persen. Begitu juga vaksin dosis kedua mengejar cakupan 80 persen," katanya.

Saat ini, kata Swandisa, sebanyak 325 lingkungan di Mataram masih zona hijau atau nol kasus Covid-19. Varian baru Delta Plus sejauh ini juga tidak ditemukan pada warga Kota Mataram.

Pemerintah pusat menargetkan ajang WSBK bisa menjadi acuan dunia dalam penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19. Ajang balap motor itu merupakan kegiatan pariwisata internasional pertama yang digelar Indonesia pada masa pandemi.

Selain vaksinasi, pemerintah juga ketat memberlakukan kurasi standardisasi Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability (CHSE) bagi pengelola hotel, restoran, sarana hunian pariwisata, dan destinasi desa wisata.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat