Ilustrasi kesebelasan Prancis | AP/Christophe Ena

Olahraga

15 Nov 2021, 10:02 WIB

Belgia dan Prancis Lolos ke Qatar

Kylian Mbappe mencetak empat gol dalam kemenangan Prancis.

PARIS --Belgia dan Prancis mengantongi satu tiket di putaran final Piala Dunia FIFA, setelah kemenangan pada Ahad dini hari memastikan mereka sebagai pemenang grup Kualifikasi Eropa.

Sementara Belanda membuang peluang emas di Montenegro. Keberhasilan Belgia dan Prancis ini menambah daftar tim favorit yang melaju ke Qatar tahun depan. Sebelumnya Denmark dan Jerman sudah lolos, empat dari 10 tiket otomatis sekarang sudah diambil, dan enam sisanya diselesaikan dalam pertandingan terakhir.

Prancis pesta delapan gol ke gawang Kazakhstan, untuk menjauh dari kejaran Finlandia yang berada di posisi kedua Grup D. Kylian Mbappe mencetak empat gol dalam kemenangan ini, ditambah dua gol dari Karim Benzema dan masing-masing satu dari Adrien Rabiot dan Antoine Griezmann.

Kemenangan di Parc des Princes itu membuat Les Blues unggul empat poin dari Finlandia. Dengan sisa satu pertandingan, maka juara bertahan Piala Dunia tersebut tidak lagi bisa dikejar.

Pelatih Prancis Didier Deschamps, mengatakan kemenangan ini merupakan hasil dari kerja keras, baik di babak pertama dan kedua. Ia ingin skuadnya menghormati Kazakhstan, dengan tampil semaksimal mungkin.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by FIFA World Cup (fifaworldcup)

"Tujuannya adalah untuk lolos, tapi kami juga melakukannya dengan gaya bermain dan Anda bisa melihat kesenangan yang didapat para pemain dari bermain bersama dan bagaimana mereka berbagi hal, terutama para penyerang," kata Deschamps, dikutip dari laman resmi UEFA, Ahad (14/11).

Lalu Belgia, memastikan satu tempat di Qatar seusai melibas Estonia. Gol dari Christian Benteke, Yannick Carrasco dan Thorgan Hazard, membuat semifinalis Piala Dunia 2018 itu menang 3-1 dalam pertandingan di King Baudouin Stadium tersebut. Tiga poin ini cukup membuat Belgia menjaga jarak jadi lima poin dari Wales di peringkat kedua Grup E.

Wales, yang berusaha menempel Belgia, juga menang besar 5-1 atas Belarus. Namun, kemenangan Gareth Bale cs itu tidak cukup membuat mereka menjaga asa untuk mendapatkan tiket otomatis ke Piala Dunia. Pelatih Belgia Roberto Martínez mengatakan, timnya telah melakukan apa yang harus dilakukan untuk menang.

"Saya ingin mencetak gol kedua di babak pertama. Selain itu, saya senang dengan penampilan tim. Tapi, saya juga ingin kami tampil baik di Wales. Itu tanggung jawab kami. Kecuali Courtois, semua orang harus berangkat," kata Martinez.

Di sisi lain, Belanda membuang peluang untuk memastikan lolos ke Piala Dunia lebih awal. Memphis Depay sempat membawa Belanda unggul 2-0. Namun tuan rumah, Montenegro, tidak ingin menyerah dan menyamakan kedudukan hanya dalam waktu empat menit pada menit 82 dan 86. Belanda memang masih berada di puncak klasemen Grup G. Tapi skuad asuhan Louis van Gaal itu selisih dua poin dari Turki dan Norwegia di peringkat kedua dan ketiga.

Karena itu, Belanda wajib menang melawan Norwegia dalam laga terakhir. Sementara jika imbang, nasib mereka bisa ditentukan oleh hasil dari Turki. Van Gaal mengakui skuadnya belum tampil baik, pada tahap Belanda unggul.

"Kami harus menerimanya. Kami akan menganalisis permainan dan kemudian pindah ke Norwegia. Kami melewatkan peluang yang sangat besar, tetapi kami masih memiliki posisi awal terbaik (dari tiga tim di Grup G)," kata Van Gaal.

Bek Belanda, Virgil van Dijk, merasa timnya tampil memalukan di babak kedua. Ia mengatakan, timnya ingin menguasai bola, dan terus memainkannya, menyerang dan mencetak gol. Tetapi di sisi lain juga tidak lupa untuk bertahan. Montenegro pun memiliki peluang lewat serangan balik, dan berhasil memanfaatkan buruknya organisasi permainan Belanda.

"Dengan segala hormat kepada Montenegro, sebagai Belanda, Anda hanya harus menang di sini. Terutama jika Anda memimpin 2-0. Mungkin itu sedikit kemalasan," kata bek Liverpool tersebut.

Empat dari 10 tiket otomatis sekarang sudah diklaim, dengan enam sisanya akan diselesaikan dalam pertandingan terakhir. Sepuluh runner-up grup kemudian akan bersaing untuk tiga tempat lagi melalui play-off, bersama dengan dua pemenang grup terbaik peringkat keseluruhan UEFA Nations League 2020/21. Sebanyak 12 negara harus berjuang sampai laga terakhir untuk memperebutkan enam tiket otomatis.

Spanyol, Italia, Portugal, Inggris, Kroasia, Polandia, hingga Belanda adalah tim favorit yang bakal menentukan nasib mereka di Piala Dunia. Sebab play-off jadi jalan yang lebih berat untuk mendapatkan tiket ke Qatar.


×