Mike Tyson. | EPA-EFE/JOE SCARNICI
25 Oct 2021, 08:41 WIB

Patung Mike Tyson Diresmikan di Las Vegas

Mike Tyson dapat mewakili dunia tinju dan Kota Las Vegas.

LAS VEGAS – Tak ada yang bisa memalingkan nama Mike Tyson dari dunia tinju kelas berat dunia. Petarung yang diklaim berhasil menyamai Muhammad Ali tersebut bahkan mendapat kehormatan dengan adanya patung perunggu dirinya di salah satu Kota Amerika Serikat, Las Vegas.

Sebagai kota tinju, Las Vegas menjadi tempat dari beberapa kemenangan terbesar dalam karier melegenda the Iron Mike. Itulah mengapa pria yang saat ini berusia 55 tahun tersebut menjadikan Las Vegas sebagai rumahnya.

Sementara itu, mantan juara kelas berat mendapat kehormatan dengan pembukaan patung baru di Resorts World Las Vegas. Patung itu berdiri setinggi 10 kaki dan terletak di luar Mulberry Street Pizzeria.

Pemilik pun pendiri Mulberry Street Pizzeria, Richie Palmer, merupakan penggemar berat olahraga adu fisik tersebut. Ia merasa bahwa Tyson dapat mewakili dunia tinju dan Kota Las Vegas.

Terkait

"Dia berpikir bahwa sudah waktunya Tyson pantas dihormati dengan patungnya sendiri yang merupakan sesuatu yang disetujui oleh tim Resorts World. Jadi, mereka bekerja sama untuk mewujudkannya," kata Richie Palmer menjelaskan dikutip CBSS Sports, Ahad (24/10).

Tyson menggantikan Muhammad Ali sebagai juara kelas berat termuda dalam sejarah tinju dunia. Saat itu, ia berhasil mengalahkan Trevor Berbick pada 1986 di usia 20 tahun di Sin City.

Dirinya bertarung hingga 2005 sebelum mengakhiri karier profesionalnya. Ia kemudian kembali ke atas ring pada 2020 untuk pertarungan ekshibisi melawan Roy Jones Jr.

Petinju yang pertama kali diberikan julukan the Kid Dynamite merupakan salah satu atlet paling ikonik sepanjang masa, bertakhta sebagai juara dunia kelas berat yang tak terbantahkan dari 1987 hingga 1990.

Las Vegas adalah tempat dari beberapa momen paling berkesan Tyson di atas kanvas tinju, termasuk pertarungan pada 1997 yang terkenal ketika ia didiskualifikasi setelah menggigit telinga sang rival, Evander Holyfield.

Sementra, jauh di luar Sin City, karier Tyson sebagai petinju telah diakui secara luas. Dia telah masuk ke dalam Hall of Fame Tinju Internasional dan Hall of Fame Tinju Dunia.

Berbicara tentang penghormatan yang diberikan oleh pemilik restoran Richie Palmer, Tyson mengaku sangat tersanjung dengan sikap yang diberikan oleh pria tersebut.

"Anda tahu, saya lahir di New York dan Mulberry Pizzeria sangatlah legendaris. Saya berada di Las Vegas dan Richie Palmer menghormati saya dengan membuatkan patung itu. Ini jelas menjadi perasaan menakjubkan dan saya ucapkan terima kasih untuknya," kata Tyson.

Karya seni figuratif (patung) memang menjadi salah satu bentuk penghormatan untuk sebagian orang pesohor, termasuk dalam ranah olahraga. Selain Mike Tyson, beberapa nama pesepak bola beken dunia, seperti Zlatan Ibrahimovic, Cristiano Ronaldo, Diego Maradona, dan Mohamed Salah juga memiliki patung dirinya sendiri yang dibuatkan oleh orang lain.

Pemilik nama lengkap Michael Gerard Tyson merupakan juara dunia kelas berat termuda, ia tercatat mengoleksi 50 kemenangan, lima kalah, dengan 44 KO. Si Leher Beton mampu menggabungkan tiga juara dunia versi IBF, WBC, serta WBA.


×