Ilustrasi tim Barcelona atau Barca. | AP/Joan Monfort

Olahraga

Derita Barcelona, Lampu Kuning Koeman

Bek Barcelona Ronald Araujo mengaku sedih atas kekalahan yang didapat dari Atletico.

MADRID -- Barcelona kembali tersandung pada laga La Liga Spanyol, akhir pekan lalu. Los Azulgrana kalah 0-2 dari lawannya Atletico Madrid dalam jornada kedelapan di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Ahad (3/10) dini hari WIB. Hasil ini membuat Barca tercecer di peringkat sembilan klasemen dengan 12 poin, hasil tiga kemenangan, tiga imbang, dan sekali kalah.

Walau baru menelan kekalahan pertama di La Liga, momennya sangat tidak pas. Sebab, beberapa hari sebelumnya, Barcelona digebuk Benfica 0-3 di Liga Champions. Ini membuat pelatih Ronald Koeman kembali menjadi sorotan. Sebab, sudah dua laga penyisihan grup Liga Champions, Barcelona belum mendapatkan poin karena sebelumnya takluk 0-3 dari Bayern Muenchen.

Pelatih asal Belanda ini marah. Ia menuntut pasukannya untuk mengamankan poin maksimal di tiga partai selanjutnya melawan Valencia di La Liga, Dynamo Kiev di Liga Champions, dan Real Madrid pada partai el Clasico juga di La Liga.

Koeman mengaku, ditelepon Presiden Barcelona Joan Laporta. Mereka berbicara perihal performa buruk Barcelona. "Setidaknya, ada kejelasan dalam aspek ini. Setelah jeda internasional, ada tiga partai yang harus kami menangkan," kata Koeman menegaskan dilansir Barca Blaugranes, Ahad (3/10).

Lampu kuning bagi Koeman jelas sangat terasa. Kariernya di Stadion Camp Nou sepertinya tinggal menghitung pekan lagi. Apabila ia gagal membawa Barca meraih hasil positif pada tiga partai ke depan, manajemen Barca bakal segera mengakhiri kerja sama bersama entrenador berusia 58 tahun itu.

Sebelumnya, bahkan tersiar kabar apabila eks pelatih Southampton dan Everton bakal dipecat pada akhir pekan depan. Namun, Laporta mengonfirmasi posisi pelatih yang pernah memperkuat Barcelona itu sementara aman.

"Ini yang terbaik untuk semua orang. Sekarang saya menuntut hasil," sambung Koeman.

Bek Barcelona Ronald Araujo mengaku sedih atas kekalahan yang didapat dari Atletico. Menurutnya, Los Cules bermain bagus meski tanpa didampingi Koeman karena sanksi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh FC Barcelona (fcbarcelona)

Araujo pun mengajak agar rekan setim untuk bekerja lebih keras demi mengakhiri derita tersebut. Terlebih, mereka memiliki waktu untuk berpikir dan berkaca ketika jeda internasional pekan depan.

"Saya berharap, jeda internasional akan membantu kami untuk berpikir. Kami harus bekerja keras dalam segala hal dan kembali menemukan permainan terbaik demi memberikan kesenangan bagi para penggemar," kata Araujo.

Pemain senior Barcelona Gerard Pique menjelaskan, kekalahan atas Atletico memperburuk suasana tim. Dia pun menjelaskan, Koeman harus menyelesaikan berbagai pekerjaan rumah yang tengah dialami skuad-ya.

"Suasana di ruang ganti sangat bagus. Kami ingin membalikkan keadaan meskipun itu tidak mudah," kata Pique.

Memecat Koeman memang dilematis. Jika dilakukan, Barcelona harus mengeluarkan uang banyak sebagai biaya kompensasi pemberhentian. Namun, jika tidak dilakukan, prestasi Barcelona menjadi taruhannya. Perjudian ini yang tengah diambil oleh manajemen Barcelona.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat