Pemain Belanda menendang bola dalam pertandingan melawan Turki pada Maret 2021. Turki dalam posisi unggul di kualifikasi piala dunia. | Youtube

Olahraga

07 Sep 2021, 07:15 WIB

Misi Belanda Kudeta Turki dalam Kualifikasi Piala Dunia

Turki memuncaki Grup G dengan 11 poin dari lima pertandingan.

AMSTERDAM — Belanda bertekad untuk merebut posisi puncak klasemen Grup G dari Turki, saat kedua tim berhadapan pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Rabu (8/9) dini hari. Saat ini Turki memuncaki Grup G dengan 11 poin dari lima pertandingan, unggul satu angka di atas Belanda yang berada di posisi kedua.

Persaingan sangat ketat hingga paruh pertama Grup G berakhir. Turki, Belanda, dan Norwegia diperkirakan akan bersaing ketat sampai akhir untuk lolos ke Qatar tahun depan, baik secara langsung sebagai juara grup maupun via play-off dengan menempati peringkat kedua. Namun, Montenegro juga siap menghadirkan kejutan sebagai kuda hitam. Montenegro saat ini hanya terpaut empat poin dari Turki.

Belanda punya tekad lebih besar untuk lolos setelah gagal berpartisipasi pada Piala Dunia 2018. Apalagi, hasil buruk di Euro 2020 memotivasi Memphis Depay dan rekan-rekan makin kuat. Menang lawan Turki tak hanya menempatkan De Oranje ke puncak, tapi juga memberikan suntikan psikologis besar untuk menyelesaikan laga kualifikasi dengan kuat.

Apalagi, Belanda akan menghadapi lawan yang tidak terlalu berat seusai laga ini, yakni bersua Latvia dan Gibraltar pada Oktober. Sementara, Norwegia, Turki, dan Montenegro, akan saling jegal. Bisa jadi pesaing Belanda sudah makin mengerucut menjelang dua laga terakhir kualifikasi, yakni bertandang ke Montenegro dan menjamu Norwegia pada November.

Gelandang Belanda Georginio Wijnaldum menegaskan, timnya sudah lebih baik sejak mengalahkan Montenegro 4-0 pekan lalu. Ia menilai De Oranje kini sudah lebih akurat dalam memberikan operan, meski kerap kehilangan bola yang tidak perlu. Namun, dengan skuad yang diisi oleh pemain muda, Wijnaldum yakin Belanda akan terus berkembang.

''Kami terbuka untuk belajar dan kini kami harus menunjukkannya di lapangan. Selasa (Rabu dini hari) pertandingan penting menunggu kami, di mana kami bisa memberikan pukulan untuk rival terdekat kami,'' ujar Wijnaldum, dikutip dari laman resmi KNVB, Senin (6/9).

Van Gaal menyebut timnya percaya diri setelah mencetak empat gol ke gawang tim yang bertahan ketat seperti Montenegro. Hal itu mampu melepas rasa frustrasi pemainnya yang ditahan imbang Norwegia 1-1. ''Ini jelas meningkatkan kepercayaan diri kami,'' ujar Van Gaal.

Namun, lawan Belanda bukan sembarangan. Para pemain Turki juga ingin menunjukkan performa buruk di Euro 2020 adalah masa lalu. Ketika itu, Turki kalah dalam tiga laga fase grup, hanya mencetak satu gol, dan kebobolan delapan kali.

Seperti Belanda, para pemain Turki juga punya ambisi besar. Sebab, mereka belum pernah lolos ke Piala Dunia sejak finis peringkat tiga pada 2002. Dengan deretan pemain berbakat yang mengisi skuad the Crescent-Stars saat ini, peluang mereka lolos ke Piala Dunia 2022 juga terbuka lebar. Apalagi, skuad asuhan Senol Gunes telah memenangkan dua pertandingan terakhir saat menghadapi Belanda. Turki belum kalah dari Belanda dalam tiga pertemuan terakhir sejak Oktober 2013.

Senol Gunes pun menargetkan kemenangan di kandang Belanda, walaupun imbang bukan hasil yang buruk. Menurut Gunes, hasil maksimal lawan Belanda ditambah kemenangan kontra Latvia dan Montenegro berikutnya akan jadi keuntungan bagi Turki.

“Sekarang jika kami mengalahkan Belanda, itu akan luar biasa lagi. Kami mendapatkan keuntungan. Itu target kami,'' kata Gunes, dikutip dari laman Livik.

Ia menambahkan, ada banyak faktor yang akan memengaruhi pertandingan, mulai dari permainan lawan, lapangan, wasit, hingga kondisi cuaca. Ia mengakui, pertandingan melawan Belanda kali ini akan berbeda. ''Kami akan memikirkan bagaimana bisa memenangkan pertandingan melawan Belanda,'' kata Gunes.

Prediksi susunan pemain :

Belanda (4-3-3)

Bijlow; Dumfries, De Vrij, Van Dijk, Malacia; Wijnaldum, F de Jong, Klaassen; Berghuis, Memphis, Gakpo.

Pelatih: Louis Van Gaal

Turki (4-5-1)

Bayindir; Celik, Ayhan, Demiral, Muldur; Under, Yazici, Yokuslu, Calhanoglu, Karaman; Yilmaz

Pelatih: Senol Gunes

Laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa, Rabu (8/9) dini hari WIB

Azerbaijan vs Portugal

Irlandia vs Serbia

Bosnia vs Kazakhstan

Prancis vs Finlandia

Kep Faroe vs Moldova

Denmark vs Israel

Austria vs Skotlandia

Montenegro vs Latvia

Norwegia vs Gibraltar

Belanda vs Turki

Rusia vs Malta

Slovakia vs Siprus

Kroasia vs Slovenia

Lima pertemuan terakhir Belanda vs Turki

Belanda 2 vs 0 Turki (07/09/2012)

Turki 0 vs 2 Belanda (15/10/2013)

Belanda 1 vs 1 Turki (28/03/2015)

Turki 3 vs 0 Belanda (06/09/2015)

Turki 4 vs 2 Belanda (24/03/2021)


×