Anggota TNI memandu pasien Covid-19 tanpa gejala (OTG) dan gejala ringan (GR) saat berolahraga di area tempat isolasi terpusat (isoter) di Denpasar, Bali, Sabtu (28/8/2021). | ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo

Nasional

65 Persen Penyintas Covid-19 Alami Kelelahan

Penyintas Covid-19 sebaiknya mewaspadai kelelahan setelah sembuh dengan cara berkonsultasi ke dokter.

JAKARTA -- Penyintas Covid-19 seringkali merasakan sejumlah gejala gangguan kesehatan meski telah dinyatakan sembuh dari infeksi. Dokter Rumah Sakit Yarsi dr Erlina Burhan mengatakan, ada beberapa hal yang harus diwaspadai pascasembuh dari Covid-19. 

Pertama, ia mengungkapkan, 65 persen penyintas Covid-19 mengalami kelelahan. Untuk itu, ia mengatakan, penyintas sebaiknya mewaspadai kelelahan setelah sembuh dari Covid-19 dengan cara berkonsultasi ke dokter. 

Kedua, penyintas juga harus meningkatkan kewaspadaan pasca Covid terkait kesehatan mental. "Jangan lupa juga melakukan vaksinasi, jika sudah dosis pertama silakan segera lakukan vaksinasi dosis kedua," kata Erlina dalam acara focus group discussion yang digelar Republika bekerja sama dengan Satgas Penanganan Covid 19 via Zoom Meeting, Senin (6/9).

Erlina juga menekankan setiap individu memiliki kondisi pasca Covid-19 yang bervariasi. Setiap orang bisa merasakan keluhan yang berbeda dengan tingkat keparahan yang berlainan pula.

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi beberapa keluhan pasca Covid-19 adalah berolahraga ringan. Olahraga dapat dilakukan untuk mengembalikan kondisi tubuh pasca Covid-19. 

Namun, olahraga tetap harus dilakukan sesuai kemampuan masing-masing. "Sesuai toleransi masing-masing orang. Jangan dipaksakan karena ada juga yang mengeluh seperti ada yang jalan 200 meter sudah lelah,” kata dia.

Selain itu, gizi yang seimbang pun harus selalu dijaga. "Gizi yang seimbang antara karbohidrat, protein dan vitamin, cairan juga cukup," kata dia.

Ia juga mengingatkan untuk segera melakukan vaksinasi pascasembuh Covid-19. Memang, sesuai aturan pemerintah vaksinasi dilakukan tiga bulan setelah sembuh.

"Namun itu kan karena keterbatasan vaksin saat ini. Kalau nanti sudah banyak tersedia vaksin, maka paling cepat satu bulan setelah tidak ada gejala, saya kira sudah boleh divaksin, tapi ingat aturan pemerintah harus dihargai, itu bisa dilakukan kalau sudah ada ketersedian vaksin yang cukup," terangnya.

Penyintas Covid-19, Sulis Mukaryanah Widarti, mengungkapkan, usai sembuh dari Covid-19, ia langsung membiasakan menjaga nutrisi tubuhnya. Bahkan, ia belajar bagaimana menyajikan menu sehat selama dirawat di rumah sakit

"Hikmahnya saya pasca-Covid-19, saya mencoba untuk lebih sehat saja. Mengurangi jajan, masak sendiri, Selalu melihat hikmah, melihat menu rumah sakit. Jadi ya tidak asal lauk. Kombinasi lauk di RS lebih menarik karena sudah diperhitungkan. Dalam aktivitas saya juga lebih menghargai tubuh saya.”

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat