Platform Kuncie dari Telkomsel. | Dok Telkomsel

Ekonomi

06 Sep 2021, 10:51 WIB

Telkomsel dan Smesco Percepat Transformasi Digital UKM

Kerja sama Telkomsel dan Smesco memperkuat kapabilitas digital di sektor koperasi dan UKM.

JAKARTA — PT Telekomunikasi Selular (Tekomsel) menjalin kolaborasi strategis bersama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LPP-KUKM) atau Smesco Indonesia. Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) di Jakarta, Jumat (3/9).

Inisiatif strategis ini sekaligus menjadi upaya Telkomsel dalam memperkuat kapabilitas digital di sektor koperasi dan UKM. "Kolaborasi ini merupakan wujud komitmen Telkomsel dalam mendukung digitalisasi koperasi dan UKM," kata Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam dikutip Republika di Jakarta, Ahad (5/9).

Langkah Telkomsel ini sejalan dengan semangat TelkomGroup dalam mendukung pemberdayaan UMKM selaku tulang punggung perekonomian Indonesia. UMKM berkontribusi sebesar 61,07 persen terhadap PDB nasional dengan potensi menyerap 97 persen dari total tenaga kerja.

TelkomGroup bersama BUMN lain di bawah Kementerian BUMN meluncurkan program PaDi (Pasar Digital) UMKM yang mendorong akselerasi UMKM untuk go digital dan memberikan akses kepada UMKM untuk mendapatkan pasar transaksi di BUMN.

Selain itu, TelkomGroup juga memberikan beragam pelatihan dan produk atau aplikasi digital untuk kemudahan digitalisasi bagi UMKM. Inisiatif ini diharapkan dapat mendukung peningkatan daya saing UMKM.

Direktur Utama Smesco Leonard Theosabrata menambahkan, Smesco telah mendapatkan mitra strategis dalam upaya mencapai 158.000 UMKM terintegrasi kedalam ekosistem ekonomi digital Smesco hingga 2023.

 

"Telkomsel dan ekosistem digitalnya akan menginisiasi pengembangan, peningkatan dan pemberdayaan dalam layanan digital UMKM melalui berbagai layanan dan platform digital yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan pasar," kata Leonard.

Melalui inisiatif strategis ini, Telkomsel akan memanfaatkan ekosistem digital 99 persen Usahaku dalam membantu UKM binaan Smesco untuk memasarkan produk secara global, digitalisasi sistem operasional usaha, peningkatan kapabilitas melalui program inkubasi dan pelatihan, serta menghadirkan solusi permodalan.

Saat ini, lebih dari 300 ribu pelaku UKM di Indonesia telah tergabung dalam pemanfaatan layanan unit bisnis Telkomsel Enterprise. Selain platform 99 persen Usahaku, inisiatif strategis ini turut membuka kesempatan bagi UKM binaan Smesco memperluas jangkauan pemasaran dengan menjadi mitra Telkomsel MyAds.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KemenkopUKM (kemenkopukm)

Sebelumnya, Menteri Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan, digitalisasi menjadi media percepatan perluasan pembiayaan bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Sejauh ini, persentase pembiayaan untuk UMKM kalau dilihat dari total pembiayaan perbankan masih kecil.

Teten menilai, kemungkinan ke depannya aset bukan lagi hal penting dalam pinjaman karena kemampuan membayar cicilan dan bunga jauh lebih penting dibandingkan aset. Menurut dia, jika semua UMKM sudah terhubung ke platform digital, rekam jejak cashflow-nya bisa dilihat sehingga membuka akses pembiayaan bagi UMKM.


×