Drawing Liga Champions terpampang saat seremoni UEFA Draw di the Halic Congress Center, di Istanbul, Turki, 26 Agustus 2021. Drawing Liga Champions selalu menjadi momen menegangkan bagi klub-klub yang terlibat. | EPA-EFE/TOLGA BOZOGLU
28 Aug 2021, 19:53 WIB

Drawing Liga Champions yang Selalu Menegangkan

Drawing Liga Champions selalu menjadi momen menegangkan bagi klub-klub yang terlibat.

OLEH AFRIZAL ROSIKHUL ILMI

Drawing Liga Champions selalu menjadi momen menegangkan bagi klub-klub yang terlibat. Kebanyakan dari mereka berharap untuk tidak berada dalam satu grup dengan lawan yang kuat agar memiliki peluang besar untuk melaju ke babak selanjutnya.

Paris Saint-Germain (PSG) dengan komposisi pemain yang dimiliki saat ini, tentu menjadi klub yang paling dihindari di fase grup. Tapi, bagaimanapun, pembagian grup Liga Champions 2021/2022 sudah selesai Jumat (27/8).

PSG masuk dalam Grup A bersama dengan Manchester City, Leipzig, dan Club Brugge. PSG menjadi yang paling difavoritkan untuk keluar sebagai juara grup, tapi itu tentu tidak akan mudah di hadapan juara Liga Inggris, Manchester City.

Terkait

Pelatih Mauricio Pochettino memiliki tekanan untuk memenangkan Liga Champions musim ini karena memiliki Lionel Messi dan Neymar, dan mungkin juga Kylian Mbappe, bergantung pada apakah PSG menerima tawaran kedua Real Madrid atau tidak.

"Istimewa, City adalah salah satu tim terbaik di Eropa, mereka telah berjuang selama sepuluh tahun untuk memenangkan Liga Champions. Tapi, kami juga harus menghormati tim lain, Leipzig dan Bruges, itu akan sulit, sangat sulit," kata Pochettino dikutip dari PSG Talk, Jumat (27/8).

photo
Drawing Liga Champions terpampang saat seremoni UEFA Draw di the Halic Congress Center, di Istanbul, Turki, 26 Agustus 2021. - (EPA-EFE/TOLGA BOZOGLU)

Di sisi lain, pertemuan PSG dengan City sekaligus menjadi momen reuni bagi Lionel Messi dan manajer Pep Guardiola. Keduanya pernah bekerja sama di Barcelona selama empat tahun dan Messi mencapai performa terbaiknya selama ditangani Guardiola.

Selain itu, penggemar kemungkinan akan melihat Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi bertarung lagi. Pasalnya, Ronaldo telah sangat dikaitkan dengan kepindahan ke Etihad dalam beberapa hari terakhir. Masih ada waktu sebelum bursa transfer ditutup.

photo
Trofi Liga Champions dipampang saat seremoni dan penghargaan UEFA Draw di Halic Congress Center, di Istanbul, Turki, 26 Agustus 2021. - (EPA-EFE/TOLGA BOZOGLU)

Pengundian Liga Champions musim ini juga melahirkan 'grup neraka' yang berisi tim-tim kuat, yaitu Grup B. Di sana ada Liverpool yang bergabung dengan jawara La Liga Atletico Madrid, runner up Liga Portugal Porto, dan raksasa Italia AC Milan.

Hasil undian itu membuat pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, tertekan hingga tak bisa menahan gelak tawanya. "Saya tertawa, jujur, cukup keras karena ini jelas merupakan grup yang tangguh," kata bos Liverpool itu mengakui di situs web klub ketika mendengar tentang lawan mereka.

"Ini Liga Champions, jadi begitulah, dan Anda harus melawan tim terbaik di Eropa, dan jelas beberapa dari mereka ada di grup kami," ujarnya menambahkan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by UEFA Champions League (championsleague)

Di sisi lain, hasil undian untuk Grup D terasa familier. Ada tiga tim yang bermain bersama musim lalu, yaitu Real Madrid, Inter Milan, dan Shakhtar Donetsk. Saat itu, Real Madrid kalah dua kali dari Shakhtar Donetsk, tetapi masih lolos, sementara Inter finis keempat.

Undian ini juga menyajikan pertemuan ulang antara juara Liga Europa Villarreal dan runner up Manchester United di Grup F bersama dengan Atalanta dan Young Boys. Pada musim lalu, Villarreal mengalahkan Manchester United lewat babak penalti setelah imbang 1-1 selama 120 menit.

Adapun Chelsea selaku juara bertahan tergabung di Grup H bersama Juventus, Zenit Saint Petersburg, dan Malmo. Ini menjadi kali pertama Chelsea dan Juventus bertemu dalam babak penyisihan grup Liga Champions setelah kali terakhir terjadi pada musim 2012/2013.


×