Cristiano Ronaldo | EPA-EFE/Alessandro Di Marco

Olahraga

Cristiano Ronaldo di Pusaran Rumor Transfer

Cristiano Ronaldo kini dikabarkan berpeluang hijrah ke Manchester City.

TURIN — Hanya berselang sepekan setelah Cristiano Ronaldo menumpahkan rasa frustasinya di media sosial soal rumor kepergiannya dari Juventus, pengoleksi lima gelar Ballon d'Or itu sudah kembali berada dalam pusaran rumor transfer. Seusai disebut-sebut bakal kembali ke Real Madrid ataupun Manchester United, Ronaldo kini dikabarkan berpeluang hijrah ke Manchester City.

Pemicunya adalah absennya Ronaldo pada starting line-up Juventus di laga kontra Udinese, akhir pekan lalu. Pada giornata perdana Seri A Italia itu, Ronaldo baru bermain pada menit ke-60. Ia masuk menggantikan Alvaro Morata.

Sadar kondisi ini bakal memanaskan rumor kepindahan Ronaldo, baik pelatih Juventus Massimiliano Allegri maupun Wakil Presiden Juventus Pavel Nedved langsung meredam isu tersebut.

Allegri menjelaskan alasannya mencadangkan Ronaldo karena murni keputusannya. Ia membantah berbagai rumor di sejumlah media Italia yang sempat menyebut kalau Ronaldo yang meminta untuk dimainkan sebagai cadangan.

Berbeda dari Allegri, Nedved lebih gamblang. Mantan gelandang I Bianconeri itu memastikan, Ronaldo tidak akan hengkang, setidaknya hingga kontraknya berakhir pada 2022 mendatang.

Namun, dibangkucadangkannya pemain berusia 36 tahun itu rasanya sayang untuk dilewatkan. Harian olahraga terkemuka asal Prancis, L’Equipe, pada edisi Selasa (24/8) waktu setempat menurunkan laporan utama soal potensi hengkangnya Ronaldo.

Kali ini rumor kepindahan Ronaldo melibatkan klub tajir asal Inggris, Manchester City. Ronaldo diklaim sudah menghubungi rekannya di timnas Portugal yang memperkuat City, seperti Bernardo Silva, Joao Cancelo, dan Ruben Dias, untuk lekas hijrah ke juara bertahan Liga Primer Inggris tersebut.

"Ronaldo berusaha untuk terlibat dalam upaya kepindahannya ke City. Saat ini, sejumlah pihak, termasuk agen Ronaldo, Jorge Mendes, tengah bekerja untuk mewujudkan kemungkinan kepindahan ini," demikian laporan L’Equipe, Rabu (25/8) WIB.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Cristiano Ronaldo (cristiano)

 

Laporan L’Equipe ini agaknya sejalan dengan laporan yang sempat dilansir Corriere dello Sports, akhir pekan lalu. Saat itu, Mendes dikabarkan tengah mencari klub anyar buat kliennya tersebut, termasuk melakukan komunikasi dengan the Citizen.

Di pentas sepak bola Eropa saat ini, City termasuk dalam empat klub yang dinilai memiliki sumber daya mumpuni merekrut Ronaldo, terutama memenuhi gaji bintang timnas Portugal yang mencapai 31 juta euro per tahun.

Namun, prospek kepindahan Ronaldo ke City ini jauh lebih rumit dari yang dibayangkan. The Citizen mungkin bisa menyanggupi gaji Ronaldo. Namun, klub milik taipan asal Abu Dhabi itu masih berpikir dua kali soal memenuhi nilai transfer Ronaldo.

City kabarnya tidak mau membayar lebih dari 20 juta euro untuk merekrut satu-satunya pemain yang bisa meraih gelar top skorer di tiga liga top Eropa tersebut. Berdasarkan laman transfermarkt, valuasi transfer Ronaldo berada di angka 45 juta euro.

Kendati begitu, peluang Ronaldo hijrah ke Stadion Etihad belum sepenuhnya tertutup. Masih ada skema menyertakan pemain dalam kepindahan Ronaldo tersebut. Nama Bernardo Silva atau Aymeric Laporte siap disertakan City dalam upaya membujuk Juventus melepas Ronaldo.

Dengan menyertakan pemain-pemain ini, City berharap I Bianconeri bisa menurunkan banderol transfer Ronaldo. Kerumitan situasinya tidak berhenti sampai di situ. Hingga saat ini, City dikabarkan masih berharap untuk bisa mendapatkan striker asal Inggris, Harry Kane, dari Tottenham Hotspur.

Pelatih City, Pep Guardiola, kabarnya terus mendorong manajemen klub untuk merekrut top skorer Liga Inggris musim lalu tersebut. Karena itu, keseriusan City untuk mengejar tanda tangan Ronaldo bisa dibilang bergantung pada keberhasilan merekrut Kane.

Terlepas dari semua skenario tersebut, semua pihak yang terlibat dalam upaya kepindahan Ronaldo harus bisa bergerak cepat. Pasalnya, jendela transfer musim panas Eropa tinggal tersisa kurang dari sepekan lagi atau akan resmi ditutup pada 31 Agustus mendatang.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat