Sejumlah pesepak bola PSM Makassar menjalani latihan di Lapangan Bosowa Sport Centre, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (14/6/2021). | ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Kabar Utama

PPKM Turun Level, Liga 1 Segera Dimulai

Kapolri telah memberi izin penyelenggaraan kompetisi Liga 1 mulai 27 Agustus nanti.

JAKARTA -- Presiden Joko Widodo memutuskan menurunkan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di sejumlah wilayah aglomerasi di Pulau Jawa dan Bali serta kabupaten/kota lainnya dari level 4 ke level 3. Seiring adanya penurunan level dan pelonggaran PPKM, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan izin penyelenggaraan kompetisi sepak bola Liga 1 dan Liga 2 musim 2021-2022 untuk dimulai pada 27 Agustus. 

Jokowi dalam konferensi pers pada Senin (23/8) malam menyampaikan, wilayah aglomerasi yang turun ke level 3 adalah Jabodetabek, Bandung Raya, Surabaya Raya, serta beberapa wilayah kota dan kabupaten lainnya. “Pemerintah memutuskan mulai 24 Agustus hingga 30 Agustus 2021, beberapa daerah bisa diturunkan levelnya dari level 4 ke level 3,” kata Jokowi. 

Jokowi menyebut, kasus Covid-19 di Pulau Jawa dan Bali mengalami perkembangan yang cukup baik. Wilayah PPKM Level 4 mengalami penurunan dari 67 kabupaten/kota menjadi 51 kabupaten/kota. Kemudian, level 3 bertambah dari 59 kabupaten/kota menjadi 67 kabupaten kota dan level 2 dari dua kabupaten/kota menjadi 10 kabupaten/kota.

Menurut Jokowi, kondisi Covid-19 di wilayah di luar Pulau Jawa dan Bali juga mengalami perbaikan, meskipun tetap harus diwaspadai potensi kenaikannya. Untuk tingkat provinsi, kata Jokowi, PPKM Level 4 turun dari 11 provinsi menjadi 7 provinsi. 

Jokowi menambahkan, kasus konfirmasi positif tercatat terus menurun. Penurunannya mencapai 78 persen sejak puncak kasus pada 15 Juli 2021. Sedangkan angka kesembuhan disebut secara konsisten lebih tinggi dibandingkan angka penambahan kasus konfirmasi positif selama beberapa pekan terakhir.

“Hal ini berkontribusi secara signifikan terhadap penurunan keterisian tempat tidur, BOR nasional yang saat ini berada pada angka 33 persen,” ucapnya.

Dengan perbaikan sejumlah indikator tersebut, ujar Jokowi, pemerintah mempertimbangkan melakukan penyesuaian secara bertahap beberapa pembatasan kegiatan masyarakat. Beberapa penyesuaian itu, antara lain, tempat ibadah diperbolehkan dibuka dengan maksimal 25 persen kapasitas atau maksimal 30 orang. Kemudian, restoran diperbolehkan makan di tempat dengan maksimal 25 persen kapasitas, 2 orang per meja, dan pembatasan jam operasional hingga pukul 20.00.

Pusat perbelanjaan dan mal pun diperbolehkan buka hingga pukul 20.00 dengan maksimal 50 persen kapasitas dan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Pengaturan lebih lanjut dilakukan oleh pemerintah daerah.

Sedangkan industri berorientasi ekspor dan penunjangnya dapat beroperasi 100 persen. Namun jika menjadi klaster baru Covid-19 maka akan ditutup selama lima hari.

“Penyesuaian atas beberapa pembatasan kegiatan masyarakat ini dibarengi dengan protokol kesehatan yang ketat dan pembukaan aplikasi Peduli Lindungi sebagai syarat masuk,” jelas dia.

Meski pemerintah melonggarkan sejumlah pembatasan kegiatan masyarakat, Jokowi menekankan agar masyarakat tetap mewaspadai peningkatan kembali jumlah kasus baru. Ia juga berjanji, pemerintah akan terus bekerja keras melaksanakan kebijakan yang tepat untuk mengendalikan pandemi saat ini.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kemenko Kemaritiman&Investasi (kemenkomarves)

Terus berlaku 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, PPKM akan berlaku selama pandemi Covid-19 masih terjadi. Saat ini, pemerintah kembali memperpanjang PPKM hingga 30 Agustus 2021. 

"PPKM ini berlaku selama pandemi karena ini alat kita menyeimbangkan pengendalian Covid-19 dengan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja," kata Luhut yang juga Koordiantor PPKM Jawa-Bali, kemarin.

Luhut menjelaskan, penentuan level PPKM akan menyesuaikan dengan kondisi masing-masing daerah. Evaluasi juga akan terus dilakukan berkala terkait penerapan PPKM. "Penentuan level menyesuaikan kondisi di daerah dan berlaku satu hingga tiga pekan sekali (dievaluasi) berdasarkan rapat yang dipimpin Presiden," ujar Luhut. 

Meskipun PPKM diperkirakan terus berlangsung selama pandemi, Luhut memastikan pemerintah tetap berharap seluruh wilayah kabupaten dan kita di Indonesia masuk ke level dua. Menurut Luhut, hal tersebut dapat terjadi jika semua pihak, termasuk masyarakat disiplin dan bergerak bersama mengatasi pandemi.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan, pandemi harus dipotong mata rantai penularannya. "PPKM ini akan terus berlaku selama pandemi Covid masih bersama kita. Levelnya tergantung pada kondisi daerah masing-masing. Evaluasi ini berlaku di Jawa setiap sepekan sekali dan di luar Jawa-Bali dua pekan sekali," kata Airlangga.

Di luar Jawa-Bali, kata Airlangga, kontribusi kasus aktiv sebesar 52,3 persen. "Dan kasus aktif ini terus terjadi penurunan," katanya.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pemerintah terus berupaya mempercepat laju vaksinasi. Hingga saat ini, realisasi suntikkan vaksin sudah mencapai 90 juta dosis untuk 58 juta penduduk. 

"Kita masuk ke peringkat 9 dunia untuk jumlah penyuntikan (jumlah dosis vaksin). Orang yang disuntik per hari ini sudah mencapai 58 juta orang, itu peringkat enam dunia," kata Budi. 

Budi menjelaskan, Indonesia pada Agustus ini akan kedatangan 62,6 juta dosis vaksin. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1,56 juta dosis merupakan vaksin jenis Pfizer yang merupakan pembelian langsung oleh negara dan 4,6 juta dosis yang merupakan hibah multilateral. 

"Presiden minta segera disuntikkan, jangan disetok. Kami juga meminta agar pemerintah provinsi untuk segera melakukan distribusi sampai ke tingkat kabupaten dan desa," ujar Budi.

Izin Liga 1

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam kesempatan terpisah mengatakan, pelonggaran kegiatan salah satunya juga diberikan untuk kegiatan olahraga. Namun, pelaksanaannya tetap dilakukan dengan sejumlah pembatasan. 

Hal itu pula yang mendasari Kapolri untuk memberikan izin penyelenggaraan kompetisi sepak bola Liga 1 dan Liga 2 yang akan dimulai pada 27 Agustus 2021. Sigit menegaskan, penyelenggaraan seluruh pertandingan wajib digelar dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. 

"Mendasari hasil asesmen dan evaluasi penerapan PPKM, kami sepakat untuk memberikan persetujuan terkait perizinan penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2, tapi tetap harus melaksanakan protokol kesehatan ketat," ujar Sigit di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (23/8).

Izin penyelenggaraan liga diserahkan secara langsung kepada Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali. Sigit mengatakan, penerbitan izin liga dilakukan melalui proses panjang. Rapat koordinasi digelar beberapa kali bersama Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Kemenpora, dan para klub. 

"Jadi kami sepakat dan ini disetujui PSSI dan para pemilik klub Liga 1 dan Liga 2. Untuk rekan-rekan suporter bola, penyelenggaraan kali ini kita kawal untuk dilaksanakan tanpa penonton," ujar Sigit.

photo
Pesepakbola Persik Kediri Onorionde Kughegbe Jhon (kanan) bersama Andri Ibo (kiri) berlari di jalur tanjakan lereng Gunung Klotok, Kota Kediri, Jawa Timur, Kamis (17/6/2021). Lari pada jalur menanjak merupakan rangkaian uji ketahanan fisik pesepak bola Persik Kediri sebagai persiapan menjelang digulirkannya kompetisi Liga 1. - (ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani)

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali menilai, penyelenggaraan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 penting dalam rangka pembentuk tim nasional (timnas). Ia mengatakan, kompetisi dibutuhkan guna membentuk timnas yang kuat.

Apalagi, dalam waktu dekat Indonesia akan menjadi tuan rumah kompetisi sepak bola Piala Dunia U-20 Tahun 2023. "Tanpa kompetisi tidak mungkin kita akan ada tim nasional yang baik atau talenta-talenta yang akan termonitor," tegas Zainudin.

Liga 1 musim 2021-2022 rencananya digelar mulai 27 Agustus 2021 hingga Maret 2022. Kompetisi tersebut digelar dalam enam seri, dengan pertandingan berlangsung di tiga klaster wilayah Pulau Jawa.

Persiapan klub

Sejumlah klub sejauh ini sudah melakukan persiapan. Skuat Persija Jakarta, misalnya, saat ini sudah lengkap setelah bek asal Italia Marco Motta sudah kembali berlatih dengan tim utama jelang kick-off Liga 1 musim 2021/22. 

Motta sempat absen dalam beberapa latihan tim berjuluk Macan Kemayoran yang sudah digelar sejak pekan lalu karena pulang kampung Italia. Setelah kembali ke Indonesia, ia harus menjalani karantina mandiri selama delapan hari. 

Meski baru bergabung, Motta mengaku siap bermain di laga perdana Liga 1 musim ini. “Saya dalam kondisi baik meski kemarin pulang ke Eropa. Saya rutin berlatih mandiri, mengikuti materi yang diberikan tim pelatih,” ucap Motta.

Sedangkan kapten tim Persib Bandung, Supardi mengaku sempat berharap-harap cemas soal kepastian Liga 1. "Siapapun lawan yang akan kita hadapi di pertandingan pertama itu sama, tidak ada pengaruhnya. Tim Barito Putera, tim yang bagus, tapi mudah-mudahan jadi (kompetisinya) lawan Barito atau siapapun kalau tidak jadi ya (percuma)," kata Supardi, Ahad (22/8). 

Dia mengatakan, selalu bersikap optimis dalam kondisi saat ini. "Terkadang keraguan pesimistis itu datang. Tapi kita harus optimistis, toh negara lain tetangga kita bisa, kenapa kita tidak, terlepas dari kondisi yang belum stabil, tapi mudah-mudahan secepatnya. Toh tanpa penonton dan prokesnya ketat. Saya harap prokesnya bisa tetap dijaga," kata Supardi.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat