Relawan Satgas PPKM RW 10 memeriksa kesehatan pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri (Isoman) di rumahnya di Jalan Kebon Bibit Selatan, Tamansari, Kota Bandung, Rabu (4/8). Pemeriksaan kesehatan dan pembagian sembako serta paket obat terseb | REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
20 Aug 2021, 12:27 WIB

Peduli Warga Isoman

Paket bantuan berupa beras, gula, bumbu- bumbu dapur, dan paket suplemen.

Pasien yang tengah menjalani isolasi mandiri (isoman) banyak yang kesulitan karena tidak bisa mencari nafkah. Mereka yang bergantung pada upah harian tidak bisa mencari uang karena harus isolasi.

Melihat hal tersebut, Yatim Mandiri menyalurkan paket bantuan sembako sebagai bentuk kepedulian dan semangat menebar manfaat kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19, khususnya yang melakukan isolasi mandiri. Direktur Program Yatim Mandiri Hendy Nurrohmansyah mengatakan, Yatim Mandiri berupaya untuk mendistribusikan paket sembako, suplemen, dan daging olahan Super Gizi Qurban kepada para dhuafa terdampak.

“Alhamdulillah, meski Idul Adha sudah berlalu, kita masih terus bisa menyalurkan optimalisasi manfaat daging kurban pada masa PPKM darurat ini,” ujar Hendy.

Yatim Mandiri terus melanjutkan langkah tebar kebaikan guna berbagi kebahagiaan kepada masyarakat yang tengah melakukan isoman di rumah masing-masing dengan menyalurkan sejumlah paket bantuan berupa beras, gula, dan bumbu-bumbu dapur serta paket suplemen berupa madu, jahe saset, susu, vitamin, maupun sosis dari program Super Gizi Qurban.

Terkait

Nantinya program juga akan terus diluaskan sebarannya ke beberapa daerah yang rawan dan terdampak pandemi Covid-19 sehingga program kebaikan ini dapat dirasakan kebermanfaatannya bagi mereka yang membutuhkan.

Bantuan lain yang juga digencarkan, seperti menyalurkan paket suplemen gratis kepada masyarakat yang tengah melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Program berbagi paket suplemen dan gizi di beberapa wilayah disampaikan kepada penerima manfaat yang membutuhkan. Yatim Mandiri memberikan syarat kepada yang memperoleh bantuan, yakni sedang dalam masa isoman di rumah dan mengirimkan bukti hasil swab PCR minimal 10 hari terakhir.

Bantuan yang disalurkan ialah vitamin, susu UHT, madu, masker, biskuit, dan sosis hasil optimalisasi daging sapi program Super Gizi Qurban. Diharapkan semua bantuan yang tersalurkan dapat bermanfaat dan sedikit meringankan beban warga yang isoman serta doa terbaik.

Sementara untuk jangka panjang, Yatim Mandiri yang berfokus pa da program kemandirian anak Yatim Dhuafa berinisiatif meluncurkan program 1.000 bantuan pendidikan untuk yatim dhuafa yang ditinggal orang tuanya yang wafat akibat Covid-19 agar bisa mandiri.

Manajer Pendistribusian Program Dzulfikri menambahkan, sampai sekarang Yatim Mandiri sudah men data sekitar 200 penerima manfaat dari program Bantu Yatim Dhuafa yang ditinggal wafat orang tuanya akibat Covid-19. “Kami berharap bisa membantu lebih banyak lagi anak-anak yatim agar bisa mandiri lewat program pendidikan serta pemberdayaan,” ujar Dzulkifri. 

 
"Alhamdulillah, meski Idul Adha sudah berlalu, kita masih terus bisa menyalurkan optimalisasi manfaat daging kurban pada masa PPKM darurat ini.
NAMA TOKOH
 

Apresiasi Terhadap Aksi Kepedulian

Memasuki tahun kedua pandemi, pertumbuhan ekonomi nasional mengalami perbaikan. Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut, pertumbuhan ekonomi pada Kuartal II/2021 melonjak hingga 7,07 persen secara year-on-year. Konsumsi rumah tangga dan investasi disebut memiliki andil besar dalam pertumbuhan ekonomi, yang berkontribusi hingga 84,93 persen. 

Cepatnya pertumbuhan konsumsi rumah tangga di kalangan masyarakat juga tak lepas dari upaya berbagai pihak untuk saling mendukung dalam menghadapi pandemi covid-19. Seperti bantuan langsung tunai dan bantuan sosial dari pemerintah kepada masyarakat tidak mampu. 

Selain itu, ada pula masifnya perusahaan untuk memaksimalkan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dimiliki untuk memberikan bantuan seluas-luasnya kepada masyarakat yang membutuhkan. Sebagai bentuk apresiasi terhadap berbagai aktivitas CSR perusahaan di Indonesia, Infobrand.id, bersama Tras N Co, perusahaan yang fokus pada penelitian dan perkembangan jenama dan bisnis di Indonesia, menyelenggarakan; Top Corporate Social Responsibility Of The Year 2021. 

Program ini, merupakan  merupakan apresiasi yang diberikan kepada para perusahaan di Indonesia dalam menyelenggarakan aksi CSR, berdasarkan aspek penilaian CSR Concept, CSR Impact & CSR Donation Value. 

Selain itu, ada pula program Top Corporate Social Responsibility Of The Year 2021, Special Achievement For Covid-19 Handling Activities; Vaccination Program yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan di Indonesia yang terlibat secara aktif dalam menanggulangi pandemi Covid-19. khususnya kegiatan vaksinasi. 

Tri Raharjo selaku CEO Tras N Co Indonesia menjelaskan, penghargaan Top Corporate Social Responsibility Of The Year 2021 diberikan berdasarkan hasil riset Top CSR Index yang diselenggarakan pada bulan April – Juli 2021, terhadap lebih dari 300 perusahaan ter-riset di Indonesia. “Riset dilakukan dengan menggunakan metode desk research yang mengacu pada data rilis publikasi perusahaan, menggunakan tiga parameter penilaian, yaitu CSR Concept, CSR Impact, dan CSR Donation Value.

Dari riset yang dilakukan, untuk perusahaan peraih Top Corporate Social Responsibility Of The Year 202, antara lain PT Pelabuhan Indonesia III, PT SiCepat Ekspress, PT Adaro Energy Tbk, PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel), PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE), PT Sharp Electronics Indonesia, PT Hutama Karya (Persero), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT Bussan Auto Finance (BAF), PT Bank DBS Indonesia, PT Bank Pembangunan Daerah Bali (Bank BPD Bali), PT PLN (Persero). Dan peraih Top Corporate Social Responsibility Of The Year 2021, Special Achievement For Covid-19 Handling Activities; Vaccination Program adalah PT Marketama Indah,  PT MRT Jakarta, dan PT Timah Tbk.

Oase di Tengah Gurun Pasir

photo
Petugas kesehatan bersiap melakukan tes swab antigen kepada jurnalis di Gedung Filantropi Dompet Dhuafa, Jakarta, Selasa (9/2). Dompet Dhuafa memberikan layanan pemeriksaan swab antigen secara gratis kepada jurnalis selama 3 hari mulai 9-11 Februari 2021 dalam rangka memeriahkan Hari Pers Nasional 2021.Prayogi/Republika - (Prayogi/Republika)

Di tengah kasus Covid-19 yang terus meningkat, Dompet Dhuafa hadir untuk masyarakat dengan layanan Crisis Center. Layanan ini sebagai bagian respons cepat untuk akses masyarakat yang terpapar. Dompet Dhuafa turut mendistribusikan paket pangan dalam program Food For Dhuafa.

Per 30 Juli 2021, Crisis Center Dompet Dhuafa telah melayani pemberian paket nutrisi bagi masyarakat yang melakukan isoman di wilayah Jabodetabek sebanyak 150 penerima manfaat. Penerima itu tersebar di 10 kabupaten/kota dengan mencakup tiga provinsi.

General Manager Kesehatan Dompet Dhuafa dr Yeni Purnamasari MKM mengatakan, sebaran paket isoman terbanyak, yakni Depok dengan 44 penerima manfaat, diikuti Kota Tangerang dengan 20 penerima manfaat, dan urutan ketiga Kota Bekasi dengan 18 penerima manfaat.

“Dompet Dhuafa merespons dengan layanan ambulans yang dimiliki, dengan total 61 penerima manfaat mencakup 13 kota maupun kabupaten di tiga provinsi yang terlayani,” kata Yeni.

Layanan diberikan dengan cara berkunjung ke masyarakat yang melakukan isoman. Tim datang ke rumah untuk memberikan layanan pengecekan kesehatan atas rekomendasi ketua RT maupun RW setempat.

Selain pengecekan, tim memberikan asupan gizi dari hadirnya dapur umum di sejumlah lima titik di Jabodeta. Layanan isoman dan paket gizi telah membantu 175 penerima manfaat di 12 kota maupun kabupaten dengan mencakup tiga provinsi.

Yeni menambahkan, pendampingan sudah dilakukan terhadap 569 pasien bekerja sama dengan satgas dan puskesmas setempat. Untuk layanan LKC Jakarta sudah melakukan pendampingan di lima kelurahan dengan mencakup dua kecamatan.

Dengan aksi layanan Crisis Center, Dompet Dhuafa turut mendistribusikan obat dan pemantauan masyarakat yang sedang isoman sebanyak 190 penerima manfaat di 12 kota maupun kabupaten dengan cakupan tiga provinsi, katanya.

Dompet Dhuafa juga aktif dalam mendukung pendistribusian oksigen bagi masyarakat yang terpapar Covid-19. Ada 252 penerima manfaat untuk kebutuhan oksigen isoman di rumah.

Dukungan Dompet Dhuafa selama 24 jam bagi masyarakat termasuk saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) adalah menyiapkan delapan rumah sakit, RS Lapangan Covid- 19, dan RS kontainer. Terdapat layanan penyemprotan disinfektan, saluran siaga (hotline: 0811-1617-101 ) Covid-19, 30 unit ambulans, dokumen protokol pencegahan Covid-19, 21 klinik, dukungan belasan ribu relawan berbagai bidang, dan psikososial religi hingga lima unit ambulans jenazah.

Berbagai aktivitas layanan Crisis Center Dompet Dhuafa untuk Covid-19 dari data per (1-2 Agustus 2021) telah mendistribusikan 5.199 paket sembako Food For Dhuafa, 34 titik penyemprotan disinfektan, 31 layanan ambulans Covid- 19, dan 56 layanan pemulasaraan jenazah Covid-19. Dompet Dhuafa juga membuka sentra vaksinasi di Jakarta dan Depok sebanyak 14.643 peserta dari 14.643 unit vaksin Covid-19 yang tersedia.

DD mendistribusikan 160 paket makanan siap saji untuk masyarakat isoman, 12 layanan pendampingan isoman, 3 unit RS lapangan di Jakarta dan Depok, 637 paket isoman medis (obat), 11.864 paket makanan dari dapur umum, 394 konsultasi kesehatan Covid- 19, 72 tabung layanan oksigen, 91 testing Covid-19 dengan 78 antigen dan 13 PCR.

DD sudah memberikan 27 layanan untuk PFA dan Religi. Sementara, layanan Food For Dhuafa telah mendistribusikan 130 ton beras mencakup wilayah Jabodetabek, Sukabumi dan Banten, dengan sasaran pondok pesantren, panti asuhan hingga komunitas masyarakat yang terdampak pandemi.


×