Menjaga nutrisi kulit (Ilustrasi) | Pexels/Karolina Grabowska
15 Aug 2021, 18:39 WIB

Menjaga Nutrisi Kulit

Kolagen memiliki fungsi yang esensial bagi kesehatan dan kecantikan.

Mendengar istilah kolagen, pastinya Anda berpikir mengenai bahan untuk kecantikan kulit. Pikiran tersebut memang benar, karena efek kolagen begitu besar bagi kecantikan dan kesehatan kulit. Hal itulah yang membuat protein ini penting dikandung dalam setiap suplemen kecantikan kulit.

Sebenarnya kolagen merupakan protein di dalam tubuh manusia dengan ketersediaan sekitar 30 persen dari seluruh protein yang ada pada setiap orang. Protein ini diibaratkan sebagai struktur jaringan dalam pembentukan sel kulit, otot, sendi, rambut, tulang, hingga gigi. Kolagen ini punya daya tahan terhadap setiap tekanan dan menghasilkan pelekatan yang baik pada sel kulit maupun jaringan tubuh.

Hingga kini, sekitar 28 tipe dari kolagen terdiri dari kelas dan bentuk struktur yang berbeda- beda. Namun, fungsi dan kegunaannya tetap sama sebagai penunjang perawatan kesehatan dan kecantikan. Berbagai masalah kulit, seperti jerawat, flek hitam, kekeringan, kulit belang, kusam, juga sendi yang kaku, dapat dibantu diatasi oleh kolagen.

"Penuhi asupan kolagen sehingga membantu mengatasi berbagai masalah kulit dan wajah hingga mencegah kerontokan rambut serta membuat tidur menjadi lebih nyenyak, ujar Business Development Manager PT Mitra Digitalis Nusantara, Farah, dalam pernyataannya, tiga pekan lalu.

Terkait

Fungsi kolagen memang penting bagi kesehatan karena senyawa-senyawanya dibutuhkan oleh tubuh. Kandungannya adalah asam amino, juga asam amino glisin dan prolin. Asam amino membantu mempertahankan elastisitas dan kekenyalan kulit. Fungsi itulah yang membuat kulit terasa lebih kenyal, lembap, dan tampak awet muda.

Sementara asam amino glisin membantu otot dan sendi terhindar dari pemborosan otot (sarcopenia). Sedangkan kandungan prolin, kata Farah, dapat membentuk keratin pada rambut untuk menumbuhkan tunas baru guna mencegah kerontokan dan penipisan rambut.

Farah menyebutkan, pentingnya kolagen ini yang membuat perusahaannya mengeluarkan suplemennya, yaitu Denirma Gluta. Manfaat suplemen kolagen inni dapat dirasakan dengan rutin mengonsumsinya saat malam hari menjelang tidur dan pagi hari sesudah bangun tidur.

Setiap saset Denirma Gluta, dia menjelaskan, mengandung 400 mg kolagen salmon, tripeptide kolagen ikan laut, vitamin C, asam hialuronat, juga astaxanthine. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa mencampur Denirma Gluta rasa peach dan blueberry berbagai minuman favorit, baik panas maupun dingin. Pilihan lain adalah Denirma Plain dengan rasa cenderung lebih tawar.

Kesegaran di Pagi Hari 

photo
Senka Perfect Gel - (Dok Senka)

Pekan lalu, Senka menghadirkan Senka Perfect Gel Gentle Wash, pembersih wajah non-whip dengan aroma citrus untuk menyegarkan wajah, sekaligus membangkitkan mood sepanjang hari. 

Senka Perfect Gel Gentle Wash adalah pembersih wajah dengan format gel bening yang mengandung infused gel beauty serum, serta diperkaya kandungan pelembap alami, double hyaluronic acid dan white cocoon essence. Ketiga bahan ini dapat menjaga kelembapan dan mencerahkan kulit wajah yang kusam.

Senior Brand Manager Senka Indonesia, Fanny Aeni, menjelaskan, Senka memahami, kondisi kulit di pagi hari dan malam hari berbeda. “Pagi hari setelah kita tidur, kulit cenderung berminyak. Untuk itulah diperlukan pembersih wajah yang lembut, yang mampu mengangkat minyak berlebih tanpa rasa kering,” ujarnya. 

Senka Perfect Gel Gentle Wash pun hadir sebagai alternatif pilihan pembersih wajah di pagi hari untuk kulit kombinasi dan berminyak bahkan sensitif. Diformulasikan dengan beauty serum dan mild gel, Senka Perfect Gel Gentle Wash mampu membersihkan dan menutrisi kulit wajah sekaligus. 

Sementara Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr Anesia Tania, Sp.KK menjelaskan, membersihkan wajah di pagi hari setelah bangun tidur adalah hal yang wajib dilakukan untuk merawat kulit wajah agar tetap sehat. Kondisi kulit pagi hari, menurutnya, akan cenderung berminyak karena keringat dan minyak tetap diproduksi pada saat tidur. 

Selain itu, sel-sel kulit mati dan debu yang terkumpul pada sarung bantal akan kontak dengan kulit wajah selama tidur yang dapat menyebabkan bakteri menumpuk di wajah sepanjang malam.“Hasil penumpukan sel-sel kulit mati, skin care yang digunakan pada malam hari, minyak, debu dan bakteri dapat menyumbat pori-pori dan semua itu bisa mengakibatkan munculnya komedo dan jerawat,” ujarnya. 

Senka Perfect Gel Gentle Wash saat ini bisa dibeli secara eksklusif di official store Senka Sociolla dengan harga Rp 79 ribu untuk ukuran 100 gram. Pada 17 Agustus nanti, Senka Perfect Gel Gentle Wash dapat dibeli di hampir semua platform niaga elektronik dan toko kosmetik terdekat.

 
Hasil penumpukan sel-sel kulit mati, skin care yang digunakan pada malam hari, minyak, debu dan bakteri dapat menyumbat pori-pori dan semua itu bisa mengakibatkan munculnya komedo dan jerawat.
ANESIA TANIA, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin. 
 
 


×