IMAN SUGEMA | Daan Yahya | Republika

Analisis

Tujuh Persen di Tengah Pagebluk

Tantangan ke depan masih sangat berat dan angka tujuh persen itu percuma kita debatkan.

Oleh IMAN SUGEMA

OLEH IMAN SUGEMA

Minggu lalu Badan Pusat Statistik (BPS) merilis angka pertumbuhan ekonomi nasional untuk kuartal kedua yang mencapai 7,07 persen. Tentu kalau Anda ingin mendalami apa saja komponen pertumbuhan ekonomi, lihat saja keterangan pers dari kepala BPS dan berbagai publikasi lembaga riset.

Bukan hal tersebut yang ingin saya bahas. Saya hanya ingin menjelaskan keheranan yang menyelimuti otak saya mengapa selalu ada dua pihak yang berseberangan mengenai angka itu. Yang satu nyinyir dan seperti kebakaran jenggot, sedang yang lainnya berselebrasi. Padahal, angka itu hambar-hambar saja buat saya. Mengapa yang hambar ini kalian ributkan sih?

Jadinya saya ingat rangkaian peristiwa tahun lalu ketika Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai diberlalukan. Pada kuartal kedua 2020, ekonomi Indonesia mengalami kontraksi (pertumbuhan negatif) sebesar 5,32 persen.

Pada kuartal berikutnya, kontraksi terus melandai dan sepanjang 2020 kontraksi hanya sebesar 2,07 persen. Banyak yang berkomentar tentang resesi waktu itu, seolah-olah situasi sudah sangat buruk. Ya betul, memang kita mengalami resesi.

Akan tetapi, ukuran kontraksi ekonomi di masa pandemi, angka itu relatif kecil. Di antara negara G-20, banyak yang jauh lebih buruk, kecuali Cina tentunya. Artinya, resesi ekonomi yang lebih dalam bisa kita hindari.

Angka-angka tahun 2020 tentunya akan sangat berkaitan dengan angka 2021. Basis perhitungan pertumbuhan adalah situasi ekonomi tahun yang lalu. Saya hanya ingin mengemukakan tiga hal saja untuk memberikan gambaran mengapa pertumbuhan tujuh persen terasa hambar. Setidaknya berdasarkan versi saya.

 
Angka-angka tahun 2020 tentunya akan sangat berkaitan dengan angka 2021. Basis perhitungan pertumbuhan adalah situasi ekonomi tahun yang lalu.
 
 

Pertama, kita bicara matematika sederhana dulu. Kalau tahun lalu pada kuartal kedua kita mengalami kontraksi 5,32 persen. Artinya kalau kuartal kedua 2019 kita jadikan basis dengan indeks 100, maka kegiatan ekonomi pada kuartal yang sama 2020 hanya mencapai indeks 94,68.

Indeks yang rendah itu sekarang kita jadikan basis pembagi. Pasti angka pertumbuhan yang dihasilkan akan lebih tinggi. Karena itu akan selalu ada korelasi antara kontraksi pada saat resesi dengan pertumbuhan pada saat perekonomian mulai pulih.

Dalam bahasa yang sederhana, negara atau wilayah yang tadinya mengalami kontraksi lebih dalam akan cenderung memiliki angka pertumbuhan ekonomi yang lebih besar.  Silakan Anda coba sendiri pakai grafik di spreadsheet.

 
Negara atau wilayah yang tadinya mengalami kontraksi lebih dalam akan cenderung memiliki angka pertumbuhan ekonomi yang lebih besar.
 
 

Kedua, mungkin ini yang akan sulit dipahami oleh kalangan bukan ekonom. Di kalangan ekonom, Hodrick-Prescott Filtering (HPF) merupakan alat analisis yang sangat populer untuk memisahkan tren dengan siklus terutama jika Anda tertarik untuk membahas siklus bisnis atau business cycle.

Dalam HPF, yang dimaksud dengan tren adalah kecenderungan jangka Panjang. Sementara itu, yang dimaksud dengan siklus pergerakan naik-turun di sekitar tren. Kalau siklus berada di bawah tren disebut periode kontraksi, dan kalau di atas tren maka kita sebut ekspansi.

Data kuartalan selama 20 atau 30 tahun ke belakang biasanya digunakan dalam analisis seperti ini. Kalau kita pakai HPF, maka akan didapatkan kesimpulan bahwa dengan angka pertumbuhan sebesar 7,07 persen perekonomian masih berada di bawah tren.

Itulah mengapa angka pertumbuhan setinggi itu masih terasa hambar bagi saya. Sekadar pengetahuan bagi Anda saja, kalau perekonomian masih berada di bawah tren berarti bahwa rata-rata pelaku ekonomi belum sepenuhnya full capacity. Baik rumah tangga maupun pebisnis masih berada dalam tekanan Covid-19. Ekonomi belum kembali ke tingkat normal.

 
Kalau perekonomian masih berada di bawah tren berarti bahwa rata-rata pelaku ekonomi belum sepenuhnya full capacity.
 
 

Ketiga, perhatian saya justru lebih concern terhadap situasi bisnis di kuartal ketiga dan seterusnya. Walaupun sudah ada tanda-tanda bahwa Covid-19 bisa kita kendalikan, tetapi pertanyaanya adalah berapa ongkos ekonominya?

Pada kuartal yang lalu, kita sempat menggenjot perekonomian karena memang situasi sangat memungkinkan. Akan tetapi, pelonggaran protokol pandemi menyebabkan kita semua lengah terhadap ancaman ledakan jumlah kasus Covid-19 dan kematian yang kemudian sangat mencekam.  

Dari sini kita bisa dengan pasti memperkirakan trade-off atau dilema yang dihadapi. Kalau kita longgarkan, maka kita hanya akan menikmati pertumbuhan ekonomi sesaat. Kalau kita ketatkan, maka konsekuensi buruk terhadap perekonomian harus kita telan. Setidaknya untuk kuartal ketiga ini, tentunya situasi perekonomian akan lebih buruk dibandingkan kuartal kedua.

Gejala seperti ini akan terus berlangsung dan berulang sampai terjadinya herd immunity melalui vaksinasi. Itu juga dengan catatan bahwa vaksin yang disuntikkan akan efektif menangkal varian baru virus SARS COV-2. 

Poin saya adalah bahwa tantangan ke depan masih sangat berat dan angka tujuh persen itu percuma kita debatkan. Energi harus kita fokuskan terhadap cara bagaimana kehidupan kita semua akan berjalan normal kembali.

Virus SARS COV-2 masih akan ada di sekeliling kita entah sampai kapan dan menjadi kewajiban kita semua agar virus itu tidak mencelakakan jiwa maupun perekonomian. Sulit bukan?

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat