Amna menorehkan rekor yang menjadikannya sebagai atlet berhijab pertama yang berkompetisi di regional Asia. | Scenearabia
08 Aug 2021, 03:56 WIB

Amna Al-Haddad, Inspirasi dari Atlet Berhijab

Amna menorehkan rekor yang menjadikannya sebagai wanita berhijab pertama yang berkompetisi di regional Asia.

OLEH IMAS DAMAYANTI

 

Muslimah berkebangsaan Uni Emirat Arab (UEA) ini memulai kariernya sebagai atlet angkat besi. Sederet prestasi ditorehkan Amna Al-Haddad. Salah satunya adalah menjadi konsultan apparel hijab dari jenama kenamaan dunia, Nike.

Dilansir di Alaraby English, Rabu (4/8), Amna memulai karier atletiknya pada 2007 silam. Tak seperti atlet wanita pada umumnya, Amna memfokuskan diri pada olahraga angkat besi. Dia adalah Muslimah berhijab pertama dari UEA yang berkompetisi di Reebok Crossfit Games Open pada 2012 silam.

Terkait

Karier Amna Al-Haddad di bidang angkat besi terus melonjak. Dia pernah bergabung dalam tim Crossfit Regional Asia di Korea. Di sana, dia  menorehkan rekor yang menjadikannya sebagai wanita berhijab pertama yang berkompetisi di regional Asia. Tahun demi tahun, kariernya pun terus melesat.

Amna terhitung pernah memenangkan enam medali emas dan tiga medali perak di kategori Arab, Asia Barat, dan Asia pada Kelas 63 kilogram mewakili UEA pada 2015. Penghargaan tersebut ia dapatkan melalui ajang kejuaraan antarklub Asia IWF.

Pada tahun yang sama, Amna juga merupakan atlet Muslimah Arab pertama yang berpartisipasi dalam ajang We Run Dubai 2015 bersama jenama apparel ternama, Nike. Namanya di bidang olahraga pun semakin kukuh.

Dengan sederet prestasi yang ditorehkan, Amna pernah mengungkapkan harapannya kepada para Muslimah. “Saya berharap prestasi-prestasi yang saya raih dapat memberikan insipirasi kepada seluruh wanita, khususnya Muslimah,” kata dia.

Tak bisa dipungkiri bahwa olahraga angkat besi merupakan cabang olahraga yang melambungkan nama Amna Al-Haddad. Sebelum dikenal sebagai atlet, Amna menggeluti profesi sebagai jurnalis di sebuah media terkemuka berbahasa Inggris di UEA, The National.

Siapa yang sangka, mantan jurnalis ini ternyata memiliki banyak bakat yang disalurkan secara postif dan bernilai manfaat bagi khalayak luas.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by آمنة الحداد Amna Al Haddad