Jack Grealish. Jack Grealish bisa menjadi pemain dengan nilai transfer termahal di Liga Inggris. | AP/Frank Augstein/AP POOL
31 Jul 2021, 10:21 WIB

Tergiur Pesona Jack Grealish

Jack Grealish bisa menjadi pemain dengan nilai transfer termahal di Liga Inggris.

MANCHESTER -- Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, tak kunjung puas dengan barisan juru gedor yang dimilikinya. Kendati telah memiliki Phil Foden, Riyad Mahrez, Ferran Torres, Bernardo Silva, dan Kevin de Bruyne, Guardiola masih mendambakan tambahan opsi pemain di lini depan the Citizens untuk musim depan.

Sebagai tambahan, mantan pelatih Barcelona itu kabarnya telah menjatuhkan pilihannya kepada Jack Grealish. Gelandang serang milik Aston Villa itu dinilai bisa meningkatkan aspek kreativitas dan variasi serangan the Citizens, mulai dari menciptakan peluang sampai assist.

Guardiola membutuhkan pemain baru karena sepanjang musim kemarin City cenderung bergantung pada kemampuan De Bruyne. Di titik inilah, juara bertahan Liga Primer Inggris itu butuh sosok Grealish.

“Dia selalu bisa menciptakan sesuatu di sepertiga akhir lapangan, benar-benar pemain top. Saya adalah salah satu pengagumnya,'' tutur Guardiola soal kemampuan Grealish, seperti dikutip Manchester Evening News, beberapa waktu lalu.

Pujian Guardiola itu punya alasan. Grealish sejauh ini terus membuktikan kemampuannya sebagai salah satu pemain paling menonjol di Inggris — setidaknya dalam tiga musim terakhir.

Pada musim lalu, gelandang serang berusia 25 tahun itu mampu mencatatkan sejumlah catatan impresif, terutama dalam kontribusi serangan Villa. Grealish berada di urutan kedua dalam rata-rata torehan assist, yaitu 0,4 assist per laga. Hanya De Bruyne, pemain yang lebih unggul dari Grealish dalam aspek tersebut di Liga Inggris musim lalu.

Lalu dalam keterlibatan membuat peluang, ia memiliki rata-rata menciptakan 3,3 peluang besar per laga di Liga Inggris musim lalu atau berada di urutan kedua setelah De Bruyne. Dengan catatan tersebut, Grealish menjadi incaran utama City di jendela transfer musim panas kali ini, selain striker Tottenham Hotspur, Harry Kane.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jack Grealish (jackgrealish)

 

Melihat performa Grealish tersebut, City tentunya tidak ingin membuang kesempatan untuk memboyong pemain itu ke Stadion Etihad. The Citizens telah melakukan manuver pertama untuk berburu tanda tangan jebolan akademi sepak bola Villa tersebut.

''Keputusan soal kemungkinan kepindahan Grealish bisa keluar dalam beberapa hari mendatang,'' tulis laporan the Guardian, Jumat (30/7).

Dengan segala kemampuan yang dimilikinya, Grealish sebenarnya tidak hanya menarik minat City. Arsenal dan Manchester United dikabarkan juga jatuh hati pada Grealish. Namun, dua klub itu mesti berpikir ulang karena potensi banderol transfer sang pemain yang cukup besar.

Akhirnya, dari tiga klub peminat Grealish, hanya the Citizens yang mulai berani membuka negosiasi dengan Villa. Kabarnya, City sudah menyiapkan dana sebesar 75 juta poundsterling sebagai dana awalan membujuk Villa supaya melepas gelandang serang timnas Inggris tersebut.

Tapi, Villa pastinya akan melakukan apa pun untuk bisa mempertahankan Grealish pada musim depan. Tidak tanggung-tanggung, klub asal Birmingham itu baru mau masuk ke meja perundingan apabila ada klub yang bersedia menyiapkan dana transfer mencapai 100 juta poundsterling.

Besaran nilai transfer ini merupakan nilai transfer tertinggi yang disematkan kepada pemain Inggris di pentas Liga Inggris. Artinya, apabila ada klub yang bersedia menebus Grealish dengan nilai transfer tersebut, Grealish akan menjadi pemain dengan nilai transfer termahal di Liga Inggris.

Dengan menetapkan banderol transfer yang begitu tinggi, Villa berharap klub-klub lain mulai berpikir ulang untuk memboyong Grealish. Namun, itu bukan satu-satunya langkah yang diambil Villa untuk mempertahankan Grealish.

Meski Grealish masih memiliki sisa kontrak selama empat tahun, manajemen Villa berencana menawarkan kontrak baru, ditambah klausul kenaikan gaji. Manajemen Villa dikabarkan siap menawarkan gaji sebesar 150 ribu poundsterling bagi Grealish agar mau bertahan di Villa Park.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jack Grealish (jackgrealish)

Data Fakta

Nama: Jack Grealish

Posisi: Gelandang Serang, Winger Kiri

Usia: 25 tahun

Nilai Valuasi di Bursa Transfer: 65 juta euro (per 28 Mei 2021)

 

Catatan Penampilan pada musim lalu

Liga Inggris

—- 26 laga

—- 6 gol

—- 12 assist

 

Piala Liga Inggris

—- 1 laga

—- 1 gol

 

Total musim lalu

Penampilan: 27 laga

Gol: 7

Assist: 12

 

Total catatan statistik Grealish bersama tim utama Villa di semua ajang

 

Main: 213 laga

Gol: 32 gol

Assist: 43 assist

Pencapaian bersama Villa:

—- Juara play off Divisi Championship musim 2018/2019

—- Runner-up Piala Liga Inggris musim 2019/2020

—- Runner-up Piala FA musim 2014/2015

sumber: Transfermarkt


×