Kota Bantul Yogyakarta | Youtube
22 Jul 2021, 11:58 WIB

Bantul Optimistis PPKM Darurat Tekan Penyebaran Covid-19

Pemkab Bantul berupaya menekan penyebaran Covid-19 dengan menerapkan PPKM Darurat.

BANTUL -- Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 guna pengendalian penyebaran Covid-19 di daerah itu yang dimulai sejak 21 Juli sampai 25 Juli 2021.

"Melaksanakan PPKM level4 untuk pengendalian penyebaran Covid-19 di seluruh wilayah Kabupaten Bantul sampai dengan tingkat rukun tetangga (RT) dari 21 Juli sampai 25 Juli 2021," kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih dalam Instruksi Bupati Nomor 20 Tahun 2021 tentang PPKM Level Empat di Bantul, Kamis.

Dalam PPKM level 4 mengatur bahwa kegiatan belajar mengajar pada satuan pendidikan atau sekolah dilaksanakan melalui jarak jauh atau daring, begitu juga kegiatan pelatihan, kemudian semua satuan pendidikan agar memenuhi daftar periksa sebagai langkah persiapan akselerasi pembelajaran tatap muka (PTM).

Pada kegiatan pasar rakyat yang buka siang hari dibatasi sampai dengan jam 13.00 WIB, sementara yang buka malam hari sampai jam 20.00 WIB, dengan kapasitas 50 persen dari kapasitas pasar rakyat dengan pengawasan protokol kesehatan secara ketat. Selanjutnya toko swalayan, supermarket, toko kelontong dan sejenisnya yang menjual kebutuhan sehari-hari jam buka dibatasi sampai pukul 20.00 WIB, kapasitas pengunjung 50 persen dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

Terkait

Khusus apotik dan toko obat diizinkan buka selama 24 jam. "Pusat kuliner, warung makan, rumah makan, jasa boga, restoran, kafe, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya dilarang memberikan pelayanan makan minum di tempat, dan hanya pelayanan melalui pesan antar atau dibawa pulang sampai pukul 22.00 WIB," kata Bupati.

Kemudian kegiatan sosial kemasyarakatan, rapat RT, Dasawisma, PKK dan sejenisnya agar ditunda pelaksanaannya, dan lokasi seni budaya, sarana olahraga, dan kegiatan sosial yang dapat menimbulkan keramaian dan kerumunan ditutup sementara.

Sementara untuk upacara kematian yaitu layatan atau doa bersama, pemberitahuan cukup diinformasikan pada lingkungan pedukuhan setempat, menyegerakan pemakaman jenazah, doa bersama secara terbatas pada keluarga inti, dan dengan protokol kesehatan ketat pada tamu pelayat. "Untuk resepsi pernikahan, hajatan dan sejenisnya ditiadakan selama pelaksanaan PPKM level4," kata Bupati.

Data Satgas Penanggulangan Covid-19 Bantul menunjukkan, total kasus konfirmasi per Rabu (21/7) berjumlah 34.765 orang, dengan rincian 22.527 orang dinyatakan sembuh, kasus meninggal sebanyak 813 orang, sehingga total kasus aktif atau pasien yang masih isolasi berjumlah 11.425 orang.

Mitsubishi berikan Fogging disinfektan gratis

Angka penyebaran virus Covid-19 mengalami peningkatan yang signifikan dalam beberapa waktu belakangan. Hal ini perlu disikapi oleh pengendara untuk menjaga kebersihan kabin mobil dari kuman dan virus yang berbahaya.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan fogging disinfektan. Untuk memberikan kemudahan bagi pengendara, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pun kembali menyelenggarakan Healthy Campaign.

Director of After Sales Division MMKSI, Eiichiro Hamazaki m, mengatakan, Healthy Campaign diharapkan dapat mendukung upaya konsumen dalam menjaga kesehatan dan kebersihan seluruh anggota keluarga yang dimulai dari kendaraannya. "Lewat program ini, maka pengguna Mitsubishi dapat menikmati fogging disinfektan secara gratis," kata Eiichiro, beberapa waktu lalu.

fogging disinfektan secara gratis ini diberikan kepada konsumen yang melakukan download dan registrasi sebagai pengguna baru untuk kendaraannya pada aplikasi My Mitsubishi Motors ID (MMID) di dealer. Selain itu, program ini juga berlaku untuk konsumen yang melakukan pembelian paket Extended SMART Package Xpander2.

Bagi konsumen yang telah lama menggunakan aplikasi MMID dan telah melakukan registrasi kendaraannya dan ditunjukkan kepada service advisor di dealer maka konsumen berhak menikmati jasa fogging disinfektan seharga Rp 20 ribu.

"Program ini ditujukan kepada seluruh konsumen model kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors dan diselenggarakan di seluruh dealer resmi Mitsubishi dengan fasilitas 3S di Indonesia. Konsumen dapat menikmati program ini mulai Juli hingga 31 Agustus 2021," ucapnya.

fogging disinfektan merupakan salah satu cara yang paling efektif dalam menangkal virus yang melekat pada suatu permukaan tertentu. Mengingat, cairan disinfektan dapat disemprotkan secara lebih merata dengan electrostatic technology sehingga mampu mencakup seluruh permukaan yang ada. 

Sumber : Antara


×