Milwaukee Bucks | EPA-EFE/TANNEN MAURY
22 Jul 2021, 07:55 WIB

Juara NBA, Milwaukee Bucks Cetak Ulang Sejarah

Milwaukee Bucks mengukir prestasi yang membanggakan kejuaaran bola basket.

MILWAUKEE — Milwaukee Bucks akhirnya berhasil menjuarai kompetisi bola basket Amerika Serikat (NBA) musim 2021 setelah mengalahkan Phoenix Suns dengan skor 105-98 di Fiserv Forum, Milwaukee, Amerika Serikat, Rabu (21/7) pagi WIB. Berkat kedudukan 4-2 dari enam gim, Bucks mencetak ulang sejarah karena ini merupakan titel pertama sejak 50 tahun silam.

Giannis Antetokounmpo menjadi bintang lapangan dengan catatan 50 poin, 14 rebound, lima blok, dan 10 defensive rebound. Selain dirinya, Khris Middleton juga tampil impresif dengan kontribusi 17 poin.

Tampil di markas sendiri, Bucks langsung tancap gas sejak kuarter pertama. Giannis dkk menutup kuarter pembuka dengan 29-16. Namun, penampilan Bucks sempat mengendur karena hanya mampu mengemas 13 poin. Sebaliknya Suns yang telat panas menyelesaikan kuarter kedua dengan tambahan 31 poin.

Kuarter ketiga berjalan semakin panas ketika kedua tim saling mengejar. Bucks yang sempat unggul 77-75 harus rela dengan hasil 77-77 sebagai penutup kuarter ketiga karena bintang Suns, Devin Booker, mencetak poin dari tembakan bebas.

Terkait

Sadar tinggal melangkahkan kaki satu kaki menuju takhta juara, Bucks tampil all out pada kuarter keempat. Middleton menjadi tumpuan Bucks dengan serangkaian tembakannya sehingga tuan rumah unggul cukup jauh, 102-96. Suns mencoba memberi perlawanan dengan mengandalkan three points, tetapi usaha Booker dan Chris Paul kerap meleset dari sasaran.

Hingga akhirnya, Antetokounmpo yang sempat diragukan sebagai eksekutor free throw berhasil menutup kemenangan Bucks lewat tembakan bebas ketika kuarter keempat tersisa sembilan detik. Seluruh pemain dan pelatih Bucks tumpah ke lapangan ketika buzzer tanda laga berakhir dibunyikan. Bucks menuntaskan paceklik juara selama separuh abad.

Dalam catatan Bleacher Report, Antetokounmpo tercatat sebagai most valuable player (MVP) NBA musim 2021 karena menjadi tumpuan Bucks. Ini merupakan titel MVP kedua bagi pebasket asal Yunani tersebut. Ia juga berhasil menjadi pemain NBA ketujuh yang mencetak 50 poin dalam satu laga.

Antetokounmpo juga bergabung bersama Kareen Abdul-Jabbar sebagai pemain Bucks yang menjuarai NBA sekaligus menyabet MVP. Abdul-Jabbar sukses membawa kejayaan ketika Bucks pertama kali merasakan titel juara NBA pada 1971 silam.

"Saya mendapat kepercayaan yang harus diselesaikan. Ini adalah kota saya. Mereka percaya saya dan para pemain. Banyak orang yang tidak percaya saya bisa melakukan free throw. Saya berhasil dan malam ini saya adalah juara!" kata Antetokounmpo seperti dilansir akun Twitter Bucks, Rabu (21/7).

Kegembiraan juga disampaikan Middleton. Ia takjub timnya bisa mencetak ulang sejarah setelah sekian lama timnya kurang diperhitungkan. Menurut dia, juara merupakan hasil kerja sama tim yang apik di semua lini. "Ini adalah tranformasi yang hebat. Namun, keberhasilan ini bukan hanya dihasilkan oleh saya dan Giannis, melainkan oleh seluruh orang yang ada di tim," katanya.

Seperti dilaporkan AP News, Rabu (21/7), sekitar 65 ribu suporter Bucks sudah menyemut di sepanjang jalan Deer Districk, Milwaukee. Bukan tanpa alasan, sukacita pendukung Bucks sudah tidak dapat terbendung karena timnya berhasil juara karena berhasil bangkit setelah tumbang di dua laga pembuka. Bucks menjadi tim kelima dalam sejarah NBA yang juara setelah dua kali kalah beruntun di final.


×