Ilustrasi bibir | X02452
18 Jul 2021, 11:53 WIB

Menyehatkan Kulit Bibir

Bibir kering bukan hanya menjadi masalah kesehatan kulit, melainkan juga sangat mengganggu penampilan. 

Perubahan cuaca, dehidrasi, dan masalah hormonal kerap membuat kulit menjadi kering. Masalah ini tak hanya dihadapi oleh perempuan, tapi hampir setiap orang juga mengalaminya. Bagian kulit yang paling cepat memperlihatkan kekeringan adalah pada wajah. Namun, yang paling sensitif dan pertama mengalaminya adalah kulit bibir. 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bibir tetap terhidrasi, menghindari menjilat bibir berlebihan, tidak menggigiti kulit bibir, dan diberikan pelembap bibir yang tepat. Untuk itu, perlu diperhatikan beberapa kandungan pelembap bibir yang baik, yaitu hyaluronic acid. Zat ini membantu mengembalikan warna warna alami bibir yang cerah sehingga tampak sehat dan berisi.

Kandungan lainnya adalah vitamin E untuk regenerasi sel kulit. Lalu, shea butter yang kaya vitamin A dan E, bersifat antiinflamasi, kaya antioksidan, juga mengandung SPF ringan sebagai perlindungan dari sinar UV. Namun, pada umumnya banyak perempuan yang mengutamakan penampilan daripada kesehatan bibir, apalagi mereka juga tak mau direpotkan dengan dua lipstik sekaligus. 

Itu sebabnya, Secondate Beauty mengeluarkan lip gloss sebagai pelembap bibir, yaitu Gel Lip Gloss. Selain efek kilau, lip gloss ini mengandung berbagai zat untuk kesehatan kulit bibir seperti yang disebutkan tadi. "Kami memikirkan cara produk ini dapat membuat konsumen makin percaya diri di mana dan kapan pun. Kami mengerti bahwa mengalami bibir kering sangat mengganggu penampilan," kata Co-Founder Secondate Beauty Titan Tyra, dua bulan lalu.

Dia menyebutkan, Gel Lip Gloss menggabungkan dua manfaat ke dalam satu produk, yaitu efek glossy dan pelembap bibir. Produk ini memiliki empat varian, yaitu Stargazing (Clear Gloss) dan tiga varian lain yang dilengkapi teknologi color-changing, seperti Moon River (Soft Pink), From Mars (Cherry Red), dan Cassiopeia (Bitten Berry). Teknologi ini memungkinkan warna lip gloss pada bibir disesuaikan dengan suhu tubuh.

Lipstik yang membuat penampilan segar sekaligus merawat bibir juga ditawarkan oleh OMG Oh My Glam, dua bulan lalu. Jenama ini menyuguhkan inovasi Matte Kiss Lip Cream yang diklaim tahan lama seharian, transferproof, dan antiradikal bebas. 

photo
A model has her makeup done backstage during Ukrainian Fashion Week in Kiev March 6, 2013. REUTERS/Gleb Garanich (UKRAINE - Tags: FASHION)wanita dandan ; pake lipstik ; bibir merah ; kuas bibir - (REUTERS)

Brand Manager OMG Karina Anindita menjelaskan, OMG mengajak para perempuan untuk memiliki semangat untuk tampil “selalu on” dan tahan lama melalui inovasi produk tersebut. “Perempuan jangan pernah menyerah terhadap hal-hal yang dimimpikan, harus pantang menyerah, dan ditemani dengan produk yang long lasting.” 

Selain tahan lama, kata dia, produk dengan 12 pilihan warna ini juga cocok digunakan saat memakai masker karena sifatnya yang transferproof. Lip cream dapat menempel dengan baik pada bibir sehingga tidak mudah hilang, tapi tetap melembapkan dari kandungan vitamin E dan jojoba oil. Tampilannya matte tapi tidak menimbulkan cracky karena lapisan formulanya fleksibel setelah meresap di bibir. 

Brand Executive OMG Ayu Tarantika menambahkan, dalam sekali oles, warna yang dihasilkan intens menutup keseluruhan bibir. Selain itu, kata dia, produk ini juga teruji klinis untuk pemakaian di pipi sebagai perona pipi dan perona mata. 

“Dengan memperhatikan segi keamanan konsumen, semua produk OMG Oh My Glam Matte Kiss Lip Cream sudah terdaftar di BPOM serta mendapat sertifikasi halal dari MUI. OMG Oh My Glam juga aman dipakai ibu hamil dan menyusui,” kata dia. 

Sebenarnya, menurut kreator konten kecantikan Abel Cantika dari akun @abellyc itu perawatan kulit bibir cukup simpel. Dia mengatakan, tubuh yang terhidrasi penting untuk mencegah bibir kering. Itu sebabnya, cukupkan cairan tubuh, rutin membersihkan bibir, merawat bibir dengan baik, dan aplikasikan lip balm setiap hendak tidur.

"Produk yang tidak hanya bisa mempercantik riasan, tetapi juga merawat kulit semakin banyak dicari," kata dia dalam kesempatan yang sama.

photo
Mengenakan masker jadi salah satu langkah dalam prokes. Tetap cantik di balik masker - (Dok Holika Holika)

Tetap cantik di balik masker

Lebih dari satu tahun pandemi Covid-19 berlangsung di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Kondisi terkini di Indonesia justru kasus Covid-19 masih tinggi sehingga pembatasan aktivitas masih dilakukan dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Dengan demikian, masyarakat sebagian besar beraktivitas di rumah. 

Penerapan protokol kesehatan (prokes) tetap jadi prioritas untuk dilakukan oleh setiap orang. Mengenakan masker jadi salah satu langkah dalam prokes. 

Meski demikian, penggunaan masker menjadi tantangan tersendiri bagi perempuan yang gemar menggunakan riasan wajah. Mereka harus pandai menyiasati teknik pengaplikasian serta pilihan produk yang takan lama dan aman bersentuhan dengan masker. Seharian tertutup masker, rasa pengap dapat memengaruhi make up yang sudah diaplikasikan pada wajah. 

Marketing Executive Holika-Holika Jennifer Noviana mengatakan, meski tidak setiap hari digunakan dan beraktivitas di rumah, riasan wajah bagi perempuan tetap diperlukan. Mereka percaya, pengaplikasian dan pilihan produk make up saat ini perlu disesuaikan dengan situasi pandemi agar hasil tetap mulus tak bercela. 

"Dengan penggunaan masker dalam keseharian, tentunya perlu dipastikan bahwa make up yang dipilih dan dipakainya tidak ‘meleleh’ di balik masker," kata Jennifer dalam pernyataannya, tiga pekan lalu. 

Holika-Holika adalah jenama kosmetik asal Korea Selatan yang khas dengan kemasannya yang lucu. Jennifer mengatakan, Holika-Holika merekomendasikan beberapa jenis produk riasan wajahnya untuk mengoptimalkan ketahanan make up dan tidak terganggu dengan penggunaan masker.

Perona bibir dan pipi kerap meninggalkan noda warna pada bagian dalam masker. Holika-Holika merekomendasikan lip tint Heart Crush Glow Tint Air yang sekaligus perona pipi berupa cairan yang mudah menyerap dan tahan lama. "Masker yang dikenakan pun bebas noda," ujar Jennifer.

Lip tint ini memberikan 11 pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan selera dan kulit wajah. Penggunaan masker juga membuat riasan mata jadi sorotan saat pandemi ini. Itu sebabnya, Holika-Holika meluncurkan My Fave Mood Eyeshadow Palette dengan dua varian warna, cokelat (daizy) dan mulberi (moony) untuk tampilan natural. 

Untuk menyempurnakan penampilan, tambah Jennifer, peran pensil alis diperlukan untuk menciptakannya. Tidak seperti brow gel atau brow pomade, intensitas warna hasil pensil alis bisa memudar atau bergeser setelah berkegiatan seharian.

"Untuk tetap mendapatkan praktisnya pensil alis dan meminimalisasi warna yang pudar, pensil alis yang waterproof dan tahan lama bisa jadi opsi," kata dia yang memberikan pilihan pada Wonder Drawing 24hr Auto Eyebrow yang tahan air dan tahan lama.


×