Petugas kesehatan bersiap menyuntikan vaksin Covid-19 kepada santriwan di Pondok Pesantren Darunnajah, Pesanggrahan, Jakarta, Kamis (15/7/2021). | Republika/Putra M. Akbar

Jakarta

Wagub DKI Ajak Warga Datangi Sentra Vaksinasi

Sejauh ini, warga Jakarta yang sudah mendapatkan dosis pertama sebanyak 6,06 juta

JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meninjau kegiatan vaksinasi Covid-19 untuk warga Ibu Kota di Masjid Cut Meutia, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat (Jakpus), Jumat (16/7). Riza pun disambut Wali Kota Jakpus Dhany Sukma dan beserta jajaran.

"Kami atas nama Pemerintah Provinsi berterima kasih, bersyukur semakin banyak elemen masyarakat yang terlibat aktif memberikan bantuan dan dukungan terkait vaksinasi," kata Riza di Jalan Cut Meutia, Jumat.

Riza pun mengajak seluruh warga Jakarta yang belum mendapat layanan vaksin, untuk segera mendatang layanan sentra vaksinasi. Warga bisa mendaftarkan diri melalui aplikasi Jaki, atau datang langsung ke tempat vaksinasi.

Bahkan, untuk mempermudah masyarakat, Pemprov DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya telah mengerahkan armada untuk gerai vaksin keliling.

Riza berharap, percepatan pelayanan vaksinasi dapat mencapai target yang diinginkan Presiden Joko Widodo (Jokowi), yakni sebanyak 7,5 juta warga pada akhir Agustus 2021. Selain itu, target keseluruhan sebanyak 8,8 juta warga Jakarta sudah divaksin untuk membentuk kekebalan komunal.

Menurut dia, sejauh ini, warga Jakarta yang sudah mendapatkan dosis pertama sebanyak 6,06 juta orang dan dosis kedua sebanyak 1,97 juta orang. Total warga yang sudah mendapatkan vaksin, baik dosis satu dan dua mencapai 8,04 juta orang.

photo
Petugas kesehatan menyuntikan vaksin Covid-19 kepada santriwan di Pondok Pesantren Darunnajah, Pesanggrahan, Jakarta, Kamis (15/7/2021). Sebanyak 104 santriwan dan santriwati mendapatkan vaksin Covid-19 tahap pertama untuk menciptakan kekebalan komunal di lingkungan Pondok Pesantren Darunnajah. Republika/Putra M. Akbar - (Republika/Putra M. Akbar)

"Kami targetkan DKI Jakarta sebanyak 100 ribu per hari. Namun, kenyataannya kita bisa mencapai 130 ribu bahkan 150 ribu per hari," kata Riza.

Untuk menurunkan lonjakan kasus Covid-19, Riza meminta agar masyarakat tidak hanya berpartisipasi dalam program vaksinasi, tetapi juga mendukung pelaksanaan PPKM Darurat dengan tetap berada di rumah.

Sementara itu, mobil vaksin keliling pada Jumat, menyasar warga di Kelurahan Kebayoran Lama Utara dan Kebon Baru, Kecaatan Tebet, Jakarta Selatan. "Untuk pendaftaran vaksin bisa melalui aplikasi Jaki atau datang langsung dengan membawa fotokopi identitas baik DKI atau daerah lain juga dilayani," kata Lurah Kebon Baru, Fadhilah Nursehati.

Lokasi vaksinasi massal di Kelurahan Kebon Baru berada di SDN 11 Kelurahan Kebon Baru yang dibuka pukul 08.00-12.00 WIB. Rata-rata peserta vaksinasi sekitar 200-250 orang.

Menurut Fadhilah, vaksinasi di lokasi itu diadakan selama tiga hari mulai Jumat, Sabtu (17/7), dan Senin (19/7). Adapun segmentasi vaksinasi, yaitu warga berusia di atas 12 tahun dengan menggunakan vaksin Sinovac.

Sedangkan layanan sentra vaksinasi lain di Kebon Baru berlokasi di Gedung Kesenian Jakarta Selatan, yang berada di samping Kantor Kelurahan Kebon Baru. Lokasi tersebut masih melayani vaksinasi setiap Senin-Jumat pukul 08.00-12.00 WIB.

Selain di Kebon Baru, vaksinasi massal menggunakan mobil vaksin keliling juga menyasar Kelurahan Kebayoran Lama Utara di RPTRA Dalas. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ariza Patria | Tiga M (@arizapatria)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat