Salah satu foto juara kompetisi fotografi, Dearfuture 2121 | Dok Oppo Indonesia

Inovasi

Abadikan Momen Berarti Selama Pandemi

Kualitas smartphone photography sudah tak diragukan lagi.

Saat ini, kualitas smartphone photography sudah tak diragukan lagi. Dengan makin tingginya teknologi yang dimiliki kamera dalam smartphone, kita bisa menamgkap berbagai momen berharga dan menyimpannya untuk menjadi kenangan di masa depan. 

Pada Rabu (7/7), Oppo mengumumkan pemenang 2121 Future Photography Project, sebuah ajang kompetisi foto global yang mengajak peserta untuk mengabadikan berbagai momen terbaik dalam hidup. Program ini, diperkenalkan bertepatan dengan peluncuran smartphone flagship Oppo Find X3 Pro 5G pada awal tahun ini, sekalligus mengajak masyarakat untuk mengirimkan foto beserta caption yang ingin mereka kenang. 

Foto-foto tersebut menampilkan indahnya kehidupan, alam, dan keanekaragaman planet yang dikirimkan oleh peserta dari berbagai negara di seluruh dunia, antara lain: Indonesia, Malaysia, Thailand, Selandia Baru, Belanda, India, Italia, Australia, Singapura, Inggris, Irlandia, Prancis, Spanyol, Jerman, Belgia dan Swiss.

Dalam ajang ini, Oppo juga bermitra dengan fotografer National Geographic ternama Joel Sartore, fotografer travel Lennart Pagel, dan sutradara film Bi Gan dalam memilih 50 foto terbaik berdasarkan kreativitas, komposisi, dan daya tarik emosional untuk dipublikasikan di laman resmi Oppo.

 

photo
Salah satu foto juara ajang fotografi Dearfuture 2121 - (Dok Oppo Indonesia)

Foto dari Sepehr Mohammady ini, menggambarkan keindahan alam yang diambil dari sudut pandang ekstrem. Menurut salah satu juri, Lennart Pagel, komposisi foto ini berhasil menangkap dua sisi alam.

“Pertama, sebuah latar belakang yang begitu cerah dan penuh warna dengan pepohonan yang terasa hidup. Kedua, latar depan yang gelap dan tenang, dengan pesonanya yang misterius,” ujarnya. Hal ini, Pagel melanjutkan, membawa pesan agar kita harus senantiasa melakukan yang terbaik untuk menjaga keseimbangan alam. 

 

photo
Salah satu foto pemenang ajang Dearfuture 2121 - (Dok Oppo Indonesia)

Foto yang dikirimkan oleh Muhd Rushdi bin Samsudin ini, mampu menarik perhatian juri karena memiliki warna yang kaya dan menampilkan kegiatan yang seru. Fotografer National Geographic ternama Joel Sartore mengaku amat menyukai foto ini karena terlihat orisinil.

“Saya belum pernah melihat foto yang menampilkan kegiatan memancing ikan seperti ini sebelumnya. Saya sangat menyukai foto ini karena mampu menangkap momen aksi yang terasa hebat dengan tampilan warna yang kaya dan menceritakan sebuah kisah yang menarik,” ujarnya. 

Bagi para juri, foto Ritu Maheshwari merupakan karya yang luar biasa. Ritu mengabadikan senyum polos seorang anak kecil yang berdiri di tengah hujan yang lebat. Menurut Bi Gan, foto ini merupakan keterampilan dan kreativitas dari sang fotografer.

“Foto ini menceritakan sebuah kisah: Seorang anak mendongakkan kepalanya ke atas untuk melihat indahnya langit, tetapi hujan turun membasahi wajahnya."

Berkreasi Selama Pandemi

Eddie Redmayne selaku Global Brand Ambassador Oppo, sekaligus aktor pemenang Academy-Award, mengungkapkan, tahun ini merupakan tahun yang penuh tantangan. Tentunya saat ini, menurut Eddie, kita semua perlu mengabadikan semua perjuangan, kesulitan, dan jerih payah yang telah kita hadapi selama setahun terakhir. 

Selama pandemi dan berada di rumah, tentunya ada pula momen tertentu yang dapat menjadi kenangan indah, seperti kejadian lucu dan menyenangkan yang kita rasakan saat menghabiskan waktu bersama dengan orang-orang tercinta. Selama penerapan pembatasan wilayah di London, Eddie mengambil sejumlah foto untuk mendokumentasikan kehidupannya dengan menggunakan perangkat terbaru Oppo. 

“Di ruang kerja saya, terdapat meja yang terbuat dari kayu Poplar dengan pola yang sangat memukau. Tampaknya ada begitu banyak sejarah dalam kayu tersebut,” ujarnya. 

Menurut Eddie, saya menggunakan lensa mikroskopis untuk melihat pola kayu secara detil. “Tentunya, lensa mikroskopis jauh lebih baik dibandingkan dengan lensa kamera biasa,” ia melanjutkan. 

Khusus partisipan dari Indonesia, Oppo Indonesia juga telah mengumumkan tiga pemenang dengan foto terbaik melalui Instagram @OPPOIndonesia pada 30 Juni 2021 lalu. Ketiga pemenang ini masing-masing mendapatkan satu unit Oppo Find X3 Pro 5G. 

 

 
Selama pandemi dan berada di rumah, tentunya ada pula momen tertentu yang dapat menjadi kenangan indah. 
EDDIE REDMAYNE, Global Brand Ambassador Oppo, sekaligus aktor pemenang Academy-Award.
 
 

 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat