koleksi Musim Semi 2021 dalam tema | Umi Nur Fadhilah/Republika
25 Jun 2021, 16:45 WIB

Bereksperimen dengan Penampilan

Indonesia memiliki ciri khas busana untuk penampilan yang umumnya gabungan dari unsur etnik dan modern.

Kini pencarian inspirasi terbaik sudah jauh-jauh hari dimulai untuk pergantian musim. Jajaran label fashion ternama menyiapkan koleksi anyar mereka untuk menyambut musim ini. Walaupun pandemi belum berakhir, transisi musim selalu menjadi hal yang dinantikan oleh para pencinta fesyen di seluruh dunia.

Inspirasi fesyen setiap negara membawa ciri khasnya. Indonesia termasuk yang memiliki ciri khas busana yang umumnya gabungan dari unsur etnik dan modern. Ciri khas fesyen beberapa negara lain bisa jadi inspirasi gaya berbusana. Jepang, Italia, dan Prancis punya karakter gaya tersendiri.

Ada beberapa aksesori pendukung fesyen yang penting dan memperkuat ciri khas dalam gaya dan penampilan. Tas dikenal sebagai penunjang fesyen yang tepat untuk segala kesempatan. Pilihan tas terbaik akan mem buat apa pun baju yang dikenakan menjadi serasi.

Untuk itu, jenama Charles & Keith mengeluarkan koleksi untuk Spring/Summer dengan desain minimalis tapi elegan. “Kami berharap dengan kurasi terbaik ini, Charles & Keith dapat menginspirasi para pencinta fashionuntuk bereksperimen dengan penampilan para pemakainya,” ujar Marketing Head Charles & Keith Indonesia, Ita Dwi Yulianti, awal tahun ini.

Terkait

Salah satu koleksi Spring/Summer 2021-nya adalah Gabine Saddle Bag Hitam yang dapat dipadupadankan dengan penampilan formal sampai kasual. Tas berukuran medium ini dapat menampung semua kebutuhan sehari-hari. Untuk penyuka warna mencolok, Metallic Buckle Shoulder Bag berwarna merah ini dapat memberikan kesan kental pada penampilan berkarakter kuat.

Lalu, ada pula Asymmetrical Shoulder Bag berupa tas berdesain asimetris tapi fungsional. Semuanya fokus pada desain untuk penampilan saat pemakainya berjalan-jalan jauh, tapi tetap terlihat cantik.

Koleksi ini juga dilengkapi dengan pernik busana lainnya, yaitu sepatu. Charles & Keith mengeluarkan Patent Ruched V-Cut Pumps untuk penampilan santai atau Canvas High Top Sneakers untuk tipe kasual dan penuh gaya. Ada lagi Canvas Chunky Mary Jane Pumps yang lebih formal namun nyaman untuk berjalan-jalan.

Pergantian musim juga biasanya jadi momen untuk merefleksi diri yang dapat membantu meningkatkan kesadaran terhadap makna hidup seseorang. Dalam hal ini, jenama Pedro mengampanyekan gerakan memantapkan langkah untuk menjadi individu yang lebih baik lewat #Ubah Langkahmu.

Marketing Department Head dari Pedro Indonesia Sarah Angela menyadari perubahan sering diikuti rasa tak nyaman. Namun, hal ini dapat diatasi dengan berbagai bantuan. "Kami yakin, produk-produk Pedro mampu memantapkan komitmen me reka yang ingin berubah dengan menunjang rasa percaya diri dan memberikan penampilan baru yang lebih fashionable,” kata dia dalam pernyataannya.

Bentuk dukungan yang diberikan Pedro adalah hadirnya ragam koleksi yang menonjolkan ciri khasnya yang effortless. Variasi yang ditawarkan tidak hanya dari sisi warna, tetapi juga dari desain tas dan alas kaki serta bahan premium. 

Warna ceria jadi khas koleksinya, seperti fuchsia, coral pink, serta chalk. Koleksi tasnya, yaitu Textured Leather Vanity Case serta Croc-Effect Boxy Shoulder Bag dengan tali panjang untuk berbagai tampilan. Koleksi ini juga tersedia untuk pria dan wanita.

Inspirasi Nuansa Perkotaan

photo
koleksi Musim Semi 2021 dalam tema Coach Forever - (Umi Nur Fadhilah/Republika)

Suasana perkotaan kerap memberikan inspirasi untuk koleksi fesyen. Inspirasi tersebut diadopsi oleh rumah desain dunia Coach untuk koleksi fesyen berbahan kulit. Untuk memperkaya peluncuran pop up store terbarunya di Mall Pondok Indah 2 (PIM 2), Coach menampilkan suasana subwaybernuansa biru yang menggambarkan Kota New York, Amerika Serikat (AS).

Dalam gerainya tersebut, desain terbarunya hadir dalam koleksi Pre-Fall 2021 dan bermain dengan kustomisasi. Inspirasi dalam koleksi ini diambil dari suasana kereta bawah tanah yang menggabungkan signature Coach dengan mode ala Amerika.

Brand Associate Manager Fashion and Accessories Coach Valencia Feby S menjelaskan, mereka memperkenalkan remixed classics terbaru dengan gaya vintage. Koleksi Pre-Fall ini juga meluncurkan Coach Originals Quilties, yaitu tas arsip Coach yang terbuat dari soft quilted nappa leather dan koleksi terbaru dari Coach Signature, Jacquard Denim.

Koleksi tas Coach Quilties dalam warna cerah berry pink sampai pale lime ini merupakan koleksi dari the Coach Originals, siluet dari koleksi arsip. Sama seperti Coach Pillow Tabby yang populer, Coach Quilties dibuat dari soft pillowy leather. "Sementara, Coach's Denim Jacquard terinspirasi oleh koleksi arsip dan tas vintage yang menyatukan warisan Coach dan ciri khas Kota New York,"ujarnya saat ditemui Republika di PIM 2, pekan lalu.

Tersedia juga layanan kustomisasi bagi pelanggan untuk kreativitas desain sendiri. Seorang Coach Craftsman hadir untuk membantu accessorize it dengan tali tas atau syal pada pegangan atas yang dapat diganti sesuai suasana hati dan tampilan gaya baru. Personalize It juga diberikan bagi pelanggan yang ingin menandai tas berupa cap monogram pada Coach hang tag dan penambahan leather tea rose, pin, atau rivets.

Sebelumnya, Coach memiliki koleksi Musim Semi dengan tema 'Coach Forever', yaitu perpaduan desain masa lampau, masa kini, dan masa depan."Coach Forever mengedepankan optimisme kerajinan, komunitas, dan sebuah tanggung jawab melalui desain Coach dari koleksi baru, vintage, maupun arsip klasik," kata Feby, saat peluncurannya di awal tahun ini.

Dalam koleksi ini, Coach menyuguhkan tas dari kulit yang diwarnai secara alami dan terbuat dari bahan daur ulang. “Ini termasuk kain dari botol plastik daur ulang, aksesori, dan kerajinan siap pakai dari sisa- sisa daur ulang, dan beberapa potongan yang bisa dipersonalisasi dengan hiasan dan sulaman,” kata Feby.

Koleksi Spring 2021 juga memperkenalkan tiga tas wanita terbaru. Ketiga koleksinya, yaitu the Pillow Tabby yang menampilkan siluet bantal dari napa leather, the Beat Saddle Bag yang terinspirasi nuansa Kota New York, dan the Ergo Bag berupa rangkaian tas vintage dari koleksi arsip Coach.

Untuk koleksi tas pria, Feby mengatakan, Coach menyediakan Charter Family dalam tas punggung dan tas selempang serta League Backpack bersiluet sporty, dari koleksi arsip Coach.

“Menurut aku, koleksi Coach kali ini benar-benar sesuatu yang berbeda dan mengetahui apa yang sedang terjadi saat ini,” ujar publik figur Luna Maya yang kagum dan tertarik dengan koleksi Coach Forever. Menurut dia, koleksinya lucu dan unik. Luna pun kagum dengan keputusan Coach menggunakan kulit daur ulang. “Itu satu komitmen yang luar biasa,” kata dia. 

Berani Berekspresi, Penuh Percaya Diri

photo
Produk baru Fres & Natural berkolaborasi dengan Colete & Lola - (Dok Fres & Natural)

Lahir di zaman serba digital yang memberikan kemudahan untuk mendapatkan kebutuhan sehari-hari, membuat Generasi Z (Gen Z) terbentuk menjadi generasi yang unik. Generasi yang satu ini, dikenal memiliki kepribadian, ketertarikan, dan penampilan yang berbeda-beda. 

Menurut survey “Gen Z Social Media Behaviour 2021” yang dilakukan Gadis pada bulan April 2021 terhadap 1.717 responden, 87 persen dari Gen Z di Indonesia percaya dengan autentisitas. Baik terkait personal branding terhadap diri mereka sendiri maupun untuk memilih sebuah produk. 

Dalam hal ini, Gen Z ternyata menggunakan media sosial sebagai alat untuk menyalurkan ekspresi, mendapatkan informasi serta hiburan, dan memperkuat suara atau pendapat mereka mengenai suatu hal. Gen Z juga dikenal memiliki keberanian menyampaikan pendapat dan memiliki keinginan untuk mencari perubahan.

Psikolog Klinis Tara de Thouars, BA M Psi, yang hadir pada acara virtual peluncuran Fres & Natural Dessert Collection, Kamis (24/6), mengeluarkan hasil survei yang menyatakan sebanyak 71 persen Gen Z sudah memiliki rasa percaya diri tinggi. Rasa percaya diri ini mereka dapat ketika merasa dipandang positif oleh orang lain, memiliki penampilan baik, seperti wangi, dan menonjol dalam akademik. 

Dengan rasa percaya diri ini, Gen Z jadi merasa lebih aktif, positif, dan inovatif, juga pastinya bisa menumbuhkan karakter sweet dalam diri mereka. Melihat dinamika yang ada, Wings Group Indonesia, melalui produk Fres & Natural pun mengusung kampanye bertajuk “This is Me”. 

Dengan kampanye ini, Fres & Natural ingin memberikan dukungan kepada seluruh anak muda untuk bisa tampil sesuai dengan kepribadian masing-masing, tanpa harus malu atau takut terlihat berbeda. Sejalan dengan kampanye tersebut, Fres & Natural juga turut meluncurkan varian terbarunya yakni Fres & Natural Dessert Collection dan mengusung tagar #BeSweetBeYou, untuk mengajak Gen Z membangun karakter sweet.

“Dengan hadirnya spray cologne dan body wash ini, Fres & Natural ingin semakin mendukung terbentuknya potensi dari karakter sweet dan berani tampil para Gen Z,” ungkap Merry Christanty, Brand Manager Fres & Natural. Menurutnya, spray cologne dan body wash varian Pink Cupcake memiliki sensasi wangi yang cheerful, perpaduan antara vanila dan juicy fruits. Sementara lewat spray cologne dan body wash varian Berry Macaron, hadir dengan sensasi wangi charming dengan perpaduan vanila dan mix berries

Selain wanginya yang tahan lama, Fres & Natural Dessert Collection juga tidak menimbulkan iritasi di kulit dan tidak meninggalkan noda pada pakaian. Sabunnya pun mengandung Vitamin E yang bisa melembapkan dan memberikan nutrisi pada kulit. 

 

 

Gen Z ternyata menggunakan media sosial sebagai alat untuk menyalurkan ekspresi, mendapatkan informasi serta hiburan.

Survey “Gen Z Social Media Behaviour 2021”.

 

 


×