Belajar sulap selama masa liburan sekolah. | Dok Likee

Inovasi

Inspirasi Mengisi Waktu Liburan Bersama Teknologi

Menghabiskan lburan di rumah bersama keluarga, tetap bisa seru.

Berada di rumah pada liburan kali ini, menyinpan tantangan tersendiri. Bagaimana tidak? Sudah lebih dari satu tahun, segala kegiatan belajar, dilakukan dari dalam rumah. Ketika rencana kegiatan belajar tatap muka, mulai direncanakan, ternyata kondisi penularan Covid-19 di berbagai wilayah, ternyata makin mengkhawatirkan. 

Agar masa liburan di rumah tetap menyenangkan, ada berbagai kreasi yang bisa kita lakukan. Salah satunya, adalah dengan belajar sulap melalui aplikasi mobile

Di era 90-an, bnyak pesulap populer yang dikenal masyarakat luas. Para pesulap tersebut menampilkan rahasia-rahasia sulap yang tidak diketahui orang banyak saat itu. 

Walau banyak trik sulap yang sulit dipraktikkan, ada trik-trik sulap yang bisa kita coba di rumah. Beberapa di antaranya: 

1. Trik Kecepatan Tangan                                                                    

Salah satu trik yang paling banyak dilakukan adalah trik kecepatan tangan. Memang cukup mudah untuk dilakukan, akan tetapi tetap membutuhkan keterampilan, kecepatan tangan, dan juga latihan. 

Misalnya, memindahkan koin dari tangan yang satu ke tangan yang lain, yaitu dengan melempar koin saat kita menutup kedua tangan. Hal ini membutuhkan gerakan tangan yang cepat, atau trik saat menghilangkan koin dari tangan, padahal kita memindahkan koin ke sela jari, siku, atau bisa dengan meletakkan koin tersebut secara sembunyi memakai double tape di belakang tangan. 

Kita juga bisa menggunakan benda lain seperti bola, kartu, bahkan tissue dan kertas. Kunci dari trik ini adalah latihan dan kesabaran, sampai bisa mempraktikkannya dengan lihai. 

2. Permainan Otak

Selain trik-trik kecepatan tangan, kita juga bisa melakukan sulap dengan permainan otak, seakan-akan kita dapat membaca atau mengelabui  pikiran teman. Satu contoh adalah trik tangan terbalik, di mana kita akan menyuruh temanmu untuk meletakkan tangan mereka di depan mereka, dan kemudian membalikkan tangan mereka sehingga bagian atas tangan menghadap satu sama lain. 

Kemudian, minta mereka meluruskan tangannya. Hasilnya, mereka tidak bisa melakukannya. Triknya adalah, untuk memutar tangan ke arah yang sama, jika yang satu diputar ke kanan, maka yang lainnya juga ke kanan, dan sebaliknya.

Trik permainan otak lain yang bisa dicoba, adalah mengaitkan seluruh jari-jari kedua tangan dan tekuk ke dalam seakan-akan sedang menggenggam tangan orang lain. Kemudian luruskan kedua jari telunjuk kamu, meninggalkan celah kecil di antara keduanya, sehingga tidak bersentuhan, sambil tetap menggenggamkan tangan. 

Biasanya, apa yang akan terjadi setelah beberapa detik, jari telunjuk akan perlahan-lahan akan mulai mendekat satu sama lain sampai akhirnya bersentuhan. 

Saat meminta orang lain untuk melakukan ini, kita dapat berpura-pura mengikatkan seutas tali yang tidak terlihat di jari telunjuk mereka, sehingga memberi mereka ilusi bahwa kamu yang membuat jari mereka bersentuhan.

Saat ini, kita bisa mengeksplor trik-trik sulap lain, dengan atribut-atribut sulap lain seperti sulap-sulap Pak Tarno yang menggunakan banyak atribut-atribut sulap seperti topi yang mengeluarkan kelinci, atau binatang-binatang kecil lain atau bendera yang tidak kunjung habis. Saat ini, Likee juga memiliki tantangan #SulapTergokil!

Cara ikut tantangan ini, kita hanya perlu merekam berbagai trik sulap menggunakan aplikasi Likee. Sampai saat ini tantangan ini, telah mendapatkan 832 ribu views di aplikasi. 

Inspirasi Kegiatan Bersama Ayah 

Selama masa liburan sekolah, kita juga bisa meluangkan waktu bersama ayah dan menciptakan waktu berkualitas bersama. Berbagai kegiatan bersama ayah pun, bisa tercipta, dengan bantuan gawai dan sentuhan teknologi. 

Beberapa inspirasi kegiatan menghabiskan waktu liburan bersama ayah, antara lain: 

  1. Perkenalkan dunia video gim kepada ayah. 
  2. photo
    Menghabiskan waktu liburan dengan berain gim (ilustrasi) - (Dok Samsung)

Ada beberapa gim yang bisa kita mainkan bersama ayah, seperti gim petualangan imersif seperti The Last of Us Part 1 dan 2, serta Resident Evil Village.

2. Tonton film favorit bersama

photo
Menonton film favorit selam aliburan (ilustrasi) - (Dok Samsung Indonesia)

Menciptakan waktu berkualitas bersama ayah juga dapat dibuat saat menonton bersama. Untuk menciptakan kembali pengalaman bioskop yang imersif dari kenyamanan ruang tamu, kita bisa melitik The Premiere dari Samsung. Dilengkapi dengan triple laser technology, The Premiere menghadirkan resolusi gambar 4K pada ukuran 120-inci dan 130-inci yang megah. The Premiere juga mendukung Filmmaker Mode, yang memungkinkan kita, menikmati menonton film seperti yang diinginkan sutradara.

3. Olahraga Bersama 

Meskipun kita menghabiskan sebagian besar hari kita di dalam ruangan, lari atau bersepeda di lingkungan sekitar rumah dengan protokol kesehatan juga ideal untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Galaxy Watch 3 Black Titanium merupakan teman yang cocok untuk dipakai saat berolahraga bersama keluarga. Dengan kemampuannya mengukur kadar oksigen dalam aliran darah, kini kita dapat berolahraga dengan tenang sambil memantau progress kesehatan dan kebugarannya. 

 
Ada berbagai kegiatan yang bisa kita lakukan, selama waktu liburan kali ini. 
 
 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat