Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau pasukan saat Apel Gelar Pasukan Pengetatan PPKM Mikro wilayah DKI Jakarta di kawasan Monas, Jakarta, Jumat (18/6/2021). Apel Gelar Pasukan yang diikuti personel gabungan TNI-Polri-Satpol PP tersebut dalam rang | ANTARA FOTO/Galih Pradipta
23 Jun 2021, 09:07 WIB

Anies Ajak DKI Jakarta Bangkit

Jakarta adalah kota yang dipenuhi dengan pribadi-pribadi tangguh.

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan memimpin upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-494 DKI Jakarta di Balai Kota DKI, Selasa (22/6) pagi WIB. Upacara yang dihadiri beberapa pejabat juga berlangsung secara virtual. Sesuai dengan tema HUT DKI 2021, yaitu 'Jakarta Bangkit', Anies menargetkan, Ibu Kota bisa segera bangkit dari pandemi Covid-19.

"Tema ini mengandung makna sebagai upaya pemulihan ekonomi, kondisi kesehatan, menuju kota ketahanan, berkelanjutan, yang menggambarkan mimpi warga Jakarta untuk bangkit," ujar Anies dalam sambutannya, Selasa.

Anies menjelaskan, pemilihan tema tersebut juga untuk mengingatkan sifat dasar individu yang ada di Jakarta, adalah orang-orang yang mau menghadapi tantangan. Apalagi, kata dia, seperti situasi pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini menimbulkan hantaman krisis kesehatan dan ekonomi. Kondisi itu juga sekaligus menjadi pengingat, individu yang datang ke Jakarta siap untuk menghadapi tantangan.

"Karena itu saya ingatkan, ketika hadapi pandemi, mari kirimkan pesan pada diri kita, anak kita, anak-anak dari anak-anak kita bahwa kita, generasi ini adalah generasi tangguh, ulet, yang sanggup menghadapi tantangan," ucap Anies.

Terkait

Jakarta, lanjut Anies, terus melakukan perjuangan dan adaptasi untuk bisa pulih dengan semua elemen masyarakat, mulai individu, lembaga, perguruan tinggi, hingga pemerintahan. Kontribusi dari berbagai elemen, sambung dia, dapat mendukung kemajuan kota, seperti Jakarta.

"Karena itulah, Pemprov DKI mengedepankan kolaborasi mengajak seluruh komponen untuk bekerja bersama memajukan kota sebagai usaha kolektif untuk mengajak seluruh komponen untuk bekerja membangun kota Jakarta," ucap Anies.

Ketika ada rencana pembangunan maka hal itu bukan hanya bicara tentang Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI semata. Karena itu, Anies mengajak berbagai pihak untuk berkolaborasi menangani persoalan di Jakarta, yang muncul akibat pandemi Covid-19. Anies juga menyebut, warga Jakarta dipenuhi orang-orang tangguh.

"Jakarta adalah kota yang dipenuhi dengan pribadi-pribadi tangguh, di kota ini berkumpul orang-orang yang sanggup untuk menghadapi tantangan, sanggup untuk menghadapi cobaan, tidak mudah menyerah, selalu ingin mendapatkan peningkatan dan siap untuk bekerja keras bekerja, pekerja tuntas," katanya.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Anies Baswedan (aniesbaswedan)

Anies pun berharap, setelah pandemi Covid-19 berlalu, Jakarta menjadi kota yang lebih baik. Meski, ia menyadari bahwa masa pandemi Covid-19 tak mudah dilalui dan penuh tantangan. Meski sulit, Anies mengajak semua masyarakat untuk optimistis bisa melalui masa-masa sulit.

"Karena itu, kita perlu disiplin, perlu memastikan bahwa setiap kita menjalankan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya, paling kecil melindungi diri, keluarga dengan mengikuti seluruh prokes," tutur Anies.

Wakil Gubernur DKI, Ahmad Riza Patria, mengatakan, perayaan hari lahir Jakarta tahun ini, digelar secara virtual untuk menunjukkan rasa syukur sekaligus doa atas keselamatan Jakarta serta usaha pembangunan yang terus berjalan di tengah pandemi Covid-19. "Sebagaimana tahun sebelumnya, pelaksanaan HUT DKI kita lakukan dengan khidmat saksama dengan rasa syukur kita bisa lakukan pembangunan di DKI Jakarta," kata Riza.

Di Jakarta Utara, kegiatan perayaan HUT ke-494 DKI digelar dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. "Bukan berarti kami meniadakan kegiatan-kegiatan, tapi harus tetap sesuai dengan prokes Covid-19," ujar Wali Kota Jakut, Maulana Hakim usai mengikuti upacara secara virtual.

Ali meningatkan, saat ini, berlaku penyekatan dan pengawasan di sejumlah titik, seperti Jalan Boulevard Kelapa Gading dan Pantai Indah Kapuk. Hal itu seiring melonjaknya kasus Covid-19 di Jakarta. Karena itu, jika warga tetap menggelar perayaan maka harus mewajibkan prokes ketat.

"Mari bangkit Jakarta, aktivitas kegiatan masih bisa berjalan, tapi tetap ingat prokes dan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro harus kita patuhi," ucap Ali.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ariza Patria | Tiga M (arizapatria)

Menyambut HUT DKI, Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, mengucapkan terima kasih kepada Pemprov DKI yang sudah banyak membantu Pemkot Bekasi dalam sinergitas program pembangunan. Beberapa proyek infrastruktur di Kota Bekasi dibiayai oleh APBD DKI, seperti dua lintas atas di simpang Rawapanjang dan Cipendawa. Pembangunan infrastruktur tersebut mempermudah akses truk sampah DKI yang hendak menuju ke TPST Bantargebang.

“Tentunya sinergitas yang dibangun antara gubernur dan wali kota bagian dari wilayah Jawa Barat (Bekasi) sudah banyak dibantu oleh Provinsi DKI, saya mengucapkan terima kasih,” kata Rahmat di Kota Bekasi.


×