Ilustrasi program streaming musik. | ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
17 Jun 2021, 10:32 WIB

Streaming Menghubungkan Penggemar dan Musisi 

Musik streaming terus berevolusi menjadi wadah bagi para penggemar penyanyi dan musisi untuk saling berinteraksi.

OLEH FARAH NABILA NOERSATIVA

Berbagai platform layanan streaming mendominasi jagat musik di Indonesia. Dengan adanya platform ini, musik-musik bisa diperdengarkan lebih luas lagi kepada masyarakat.

Berdasarkan data dari Federasi Industri Rekaman Internasional atau International Federation of the Phonographic Industry (IFPI), pasar musik Indonesia berada pada posisi nomor 34 dari 57 negara anggota di seluruh dunia dan nomor dua di Asia tenggara di atas Malaysia, Filipina, dan Singapura. Sekitar 70 persen adalah dari layanan streaming

“Artinya adalah industri musik di Indonesia saat ini digerakkan oleh streaming yang tentunya dihasilkan oleh para penggemar,” ujar General Manager Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (Asiri), Braniko Indhyar, dalam konferensi pers gelaran Joox Indonesia Music Awards (JIMA) 2021, Senin (7/6).

Terkait

Niko memberikan saran kepada musisi yang baru saja terjun ke industri musik Indonesia agar bisa membangun komunitas yang loyal. Hal pertama adalah terus berkarya dan jangan putus asa untuk membuat konten-konten baru tentang industri musik. 

Menurut dia, musisi harus aktif, konsisten, dan totalitas dalam berkarya serta manfaatkan sosial media dengan baik untuk berinteraksi dengan pendengar. “Kalau musisinya bisa menjalin komunikasi yang baik dengan fan, pasti fan-nya juga akan loyal,” kata Niko. 

Musisi bisa memanfaatkan platform streaming/musik yang memungkinkan mereka lebih dekat dengan para penggemar. Dengan begitu, musisi juga akan lebih mudah memperkenalkan karyanya kepada audiens yang semakin luas melalui fitur-fitur interaktif yang ada di platform musik.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by JOOX Indonesia (jooxid)

Platform musik streaming terus berevolusi menjadi wadah bagi para penggemar penyanyi dan musisi untuk saling berinteraksi. Salah satunya, Joox.

Menurut Head of Marketing Joox Indonesia, Yuanita Agata, berdasarkan International Journal of Music Business Research, platform streaming musik membangun koneksi dan kedekatan antara penggemar musik dan musisi idolanya. Hal tersebut menghasilkan keterlibatan antara musisi dan penggemar yang berkontribusi terhadap perkembangan industri musik. 

“Para muda-mudi bisa mendengarkan lagu idola sebanyak-banyaknya, dan itu langsung berdampak kepada lagu tersebut masuk ke dalam top chart di Joox,” ujar Yuan.

Menurut pengamatannya, para penggemar termotivasi untuk mendengarkan lagu dari para idola jika lagu-lagu tersebut berada pada tangga lagu tertinggi. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi sang musisi. Mereka akan mendapatkan eksposur lebih melalui berbagai kanal komunikasi dan promosi Joox.

Platform tersebut lantas mengadakan Joox Indonesi Music Awards (JIMA) 2021 sebagai ajang yang dapat menjadi wadah besar interaksi antara penggemar dan idolanya. Pemenang dalam JIMA 2021 akan benar-benar dilakukan oleh para pendengar. 

Yuan berharap, para penggemar bisa menyampaikan suara dan feedback yang bisa menjadi masukan bagi para musisi idolanya. “Ini adalah wadah yang kami buat bukan hanya untuk penggemar, tapi juga para musisi supaya dapat memberikan dampak positif bagi industri musik,” kata dia.

Penentuan pemenang dengan metode vote dari para penggemar dinilainya menjadi cara yang efektif. Sebab, hal itu berdasarkan bukan hanya kuantitas dari jumlah penggemar, tapi juga berbagai cara untuk memilih. Dia mencontohkan, musisi bisa berkampanye di akun media sosial masing-masing dan mengajak para penggemar memilihnya di ajang ini. 

“Satu orang bisa memilih lebih dari satu pilihan per hari. Jadi, kuantitas tidak terlalu menentukan, tetapi kualitas dan kedekatan antara musisi dan penggemar itu yang akan menentukan siapa pemenangnya,” kata Yuan. 

Setidaknya, ada delapan kategori awards yang dipertandingkan. Kesemuanya berdasarkan data jumlah stream, search, karaoke, dan jumlah followers idola di Joox di periode 10 Mei 2020 sampai 10 Mei 2021. Kedelapan kategori tersebut, yakni Indonesian Song of the Year, Global Song of the Year, Indonesian Group Duo/Band of the Year, Indonesian Artist of the Year, Dangdut Artist of the Year, Korean Artist of the Year, International Artist of the Year,  dan Best Fanbase of the Year.

Yuan menjelaskan lebih perinci mengenai kategori Best Fanbase of the Year. Adanya kategori ini sejalan dengan tujuan Joox Indonesia mengadakan JAMI 2021, yaitu sebagai ajang selebrasi bagi penggemar di seluruh Indonesia. Kategori ini diadakan untuk mengapreasiasi dukungan dari para penggemar.

“Khusus kategori ini, kami akan mengumumkannya di salah satu billboard di Jakarta, di SkyLine Pondok Indah Mall,” ujar Yuan. 

Voting dari penggemar telah diberikan pada 7 hingga 13 Juni di Joox. Pengumuman pemenang JIMA 2021 akan dilakukan pada 25 Juni 2021 melalui aplikasi Joox.


×