Pengendara sepeda motor melintasi gang perkampungan yang diberlakukan karantina di RT 007/RW 005, Utan Kayu Selatan, Jakarta Timur, Jumat (11/6/2021). | ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA

Jakarta

Kasus Covid-19 di Utan Kayu Dipicu Klaster Keluarga

Utan Kayu kini diberlakukan karantina mikro dengan pengawasan ketat dari Satgas Covid-19.

JAKARTA -- Puluhan warga RT 07, RW 05, Kelurahan Utan Kayu Selatan, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, secara bersamaan terkonfirmasi positif Covid-19. Lurah Utan Kayu Selatan, Heru Setiawan menyebut, sebanyak 22 kasus positif Covid-19 di wilayahnya berasal dari klaster keluarga.

"Kebetulan mereka saling berinteraksi satu sama lain di gang itu. Jadi yang kena kebetulan memang satu keluarga semua, kakak, adik, saudara," kata Heru saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat (11/6).

Heru mengatakan, awalnya terdapat satu warga di lingkungan Utan Kayu Selatan yang memiliki gejala Covid-19. Setelah dilakukan pemeriksaan tes usap mandiri, sambung dia, hasilnya menunjukkan warga tersebut positif Covid-19. "Setelah positif dia lapor Pak RT," ujar Heru.

Menurut dia, ketua RT kemudian bergerak cepat dengan menghubungi Puskesmas Utan Kayu Selatan untuk menggelar tes usap massa. Warga yang pernah kontak erat dengan pasien positif Covid-19 diminta mengikuti tes usap.

photo
Pedagang keliling melintasi gang perkampungan yang diberlakukan karantina di RT 007/RW 005, Utan Kayu Selatan, Jakarta Timur, Jumat (11/6/2021). Pemberlakuan karantina tersebut dilakukan setelah ditemukannya 22 kasus Covid-19 dari klaster keluarga. - (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)

"Pak RT lapor ke puskemas dan langsung usap massal tanggal 7 Juni, dan hasilnya kemarin (Kamis) yang 22 itu terjaring dari sekitar 100 orang yang di usap massal," kata Heru.

Dia mengatakan, 22 orang yang positif Covid-19 berdasarkan hasil tes usap, berasal dari delapan kepala keluarga. Kini, sebanyak 17 warga telah dipindahkan ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat. Sedangkan sisanya melakukan isolasi mandiri di rumah.

Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, kata Heru, wilayah tersebut kini memberlakukan karantina mikro dengan pengawasan ketat dari Satgas Covid-19. Warga Utan Kayu Selatan diminta untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. "Pengamanan dari RT dan RW kemudian dibantu oleh Satpol PP, Babinsa," ujar Heru. 

Sembilan lokasi

Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, menyediakan sembilan lokasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk warga DKI Jakarta usia 18 tahun ke atas. Kepala Puskesmas Kecamatan Cipayung,, Rini Muharni menjelaskan, sembilan lokasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19, tersebar di puskemas masing-masing kelurahan.

"Ada sembilan Puskesmas Kelurahan, yaitu Puskesmas Lubang Buaya, Puskesmas Bambu Apus 1, Puskesmas Bambu Apus 2, Puskesmas Ceger, Puskesmas Cilangkap, Puskesmas Munjul, Puskesmas Cipayung, Puskesmas Setu dan Puskesmas Pondok Ranggon," kata Rini Muharni. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat