Presiden Joko Widodo turun dari mobil untuk meninjau vaksinasi Covid-19 massal pelaku transportasi di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Kamis (10/6/2021). | ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Nasional

Jokowi Keliling Tinjau Vaksinasi, Ingin Sejuta Sehari

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyebut, antusias masyarakat untuk divaksin sebenarnya sangat tinggi.

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam beberapa hari terakhir meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di beberapa tempat. Beberapa kali pula, presiden menyatakan keinginannya agar target vaksinasi Covid-19 sebanyak satu juta dosis sehari bisa tercapai pada Juli.

Pada Kamis (10/6), Jokowi meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta. Vaksinasi diberikan kepada sekitar seribu orang yang terdiri dari para pelaku transportasi dan juga masyarakat yang beraktivitas di terminal. Mereka menjadi target vaksinasi karena memiliki interaksi yang tinggi.

“Para pelaku yang divaksin baik sopir, baik kernet, baik usaha kecil usaha mikro yang berada di terminal dan sekitarnya, ini semuanya pada pagi hari ini dilakukan vaksinasi. Kurang lebih 1.000 orang,” kata Jokowi, Kamis (10/6).

Setelah dari Terminal Kampung Rambutan, mantan gubernur DKI itu meninjau vaksinasi di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta. Presiden Jokowi menyaksikan langsung vaksinasi terhadap pekerja pelabuhan.

Sehari sebelumnya atau pada Rabu (9/6), Jokowi juga menyaksikan langsung vaksinasi terhadap tenaga kesehatan, dosen dan tenaga pendidik, guru, lansia, pemadam kebakaran, pelayan publik, dan penyedia layanan transportasi di RSUI Depok. Dalam kesempatan itu Jokowi menegaskan agar target satu juta dosis per hari bisa dicapai.

“Kita berharap pada bulan ini bulan Juni target untuk vaksinasi per hari 700 ribu itu betul-betul bisa tercapai. Sehingga di bulan Juli kita sudah masuk pada target vaksinasi per hari 1 juta,” ujar Jokowi. Setelah dari RSUI, Presiden Jokowi diketahui melanjutkan tinjauan vaksinasi ke Tangerang di hari yang sama.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyebut, antusias masyarakat untuk divaksin sebenarnya sangat tinggi. Hal tersebut, menurut Hadi, terlihat dari setiap kegiatan vakainasi massal yang diselenggarakan TNI-Polri di daerah-daerah. “Hari ini ada sebanyak 5.000 masyarakat yang hadir untuk divaksin. Ini sangat luar biasa,” kata dia di Bandung, Jawa Barat.

Menurut Panglima, dalam kegiatan vaksinasi massal di Kota Bandung ini, sebanyak 10 ribu masyarakat divaksin Covid-19. Kegiatan berlangsung selama dua hari. Jumlah tenaga kesehatan yang dikerahkan dalam kegiatan ini sebanyak 300 orang terdìri dari personel TNI, Polri, dan pemerintah daerah. n djoko suceno ed: mas alamil huda

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat