Sejumlah anak bersiap menerbangkan layang-layang bergambar wajah Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri saat perlombaan di Setu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (17/8/2020). | ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah

Nasional

Unhan Beri Megawati Gelar Profesor Kehormatan

Sebelum pengukuhan gelar Profesor Kehormatan, Megawati akan menyampaikan orasi ilmiah.

JAKARTA -- Universitas Pertahanan (Unhan) akan menggelar sidang senat terbuka pengukuhan gelar Profesor Kehormatan atau Guru Besar Tidak Tetap Unhan kepada Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri. Pemberian gelar itu disebut tidak terlepas dari kepemimpinan Megawati dalam menghadapi krisis multidimensi kala menjadi presiden.

“Pada hari Jumat akan dilakukan sidang senat terbuka Unhan RI dalam rangka pengukuhan gelar Profesor Kehormatan Ilmu Pertahanan Bidang Kepemimpinan Strategik pada Fakultas Strategi Pertahanan Unhan RI kepada Ibu Megawati Soekarnoputri," jelas Rektor Unhan, Laksamana Madya TNI Amarulla Octavian, dalam siaran pers, Selasa (8/6).

Amarullah mengatakan, sidang senat akademik Unhan telah menerima hasil penilaian Dewan Guru Besar Unhan atas seluruh karya ilmiah Megawati. Hal tersebut merupakan syarat pengukuhan menjadi Profesor Kehormatan Ilmu Pertahanan bidang Kepemimpinan Strategik pada Fakultas Strategi Pertahanan.

Menurut dia, pemberian gelar itu tidak terlepas dari kepemimpinan Megawati dalam menghadapi krisis multidimensi pada era pemerintahannya. Unhan mencatat sejumlah keberhasilan Megawati dalam menuntaskan sejumlah konflik sosial di Indonesia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by universitas.pertahanan RI (unhan_ri)

"Unhan mencatat keberhasilan Megawati saat di pemerintahan dalam menuntaskan konflik sosial seperti penyelesaian konflik Ambon, penyelesaian konflik Poso, pemulihan pariwisata pascabom Bali, dan penanganan permasalahan TKI di Malaysia," kata dia.

Selain itu, Amarulla juga menyebutkan, Megawati merupakan presiden pertama perempuan di Indonesia. Meburut dia, pada era Megawati pula untuk pertama kalinya diselenggarakan Pemilihan Umum Legislatif dan Presidensial secara langsung.

Para menteri Kabinet Gotong Royong di bawah kepemimpinan Megawati dan sejumlah guru besar dari dalam dan luar negeri juga disebut mengakui peran Megawati. Mereka telah memberikan rekomendasi akademik atas kuatnya karakter kepemimpinan Megawati. Beberapa guru besar dari luar negeri berasal dari Jepang, Cina, Korea Selatan, dan Prancis.

Sebelum pengukuhan gelar Profesor Kehormatan oleh Ketua Senat Unhan dilakukan, Megawati akan menyampaikan orasi ilmiah. Selaku kandidat penerima gelar, Megawati juga akan didampingi sejumlah Guru Besar pendamping kandidat.

Rencananya, acara ini akan dihadiri sejumlah pejabat termasuk Presiden dan Wakil Presiden serta sejumlah Menteri Kabinet serta undangan lainnya. Acara dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat