Ilustrasi dai muda berdakwah | ANTARA FOTO
07 Jun 2021, 06:24 WIB

FKDMI Helat Audisi Dai Muda 

Dai muda akan meneruskan dakwah ulama.

TANGERANG SELATAN — Pengurus Pusat Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia (FKDMI) menyelenggarakan grand final Audisi Dai Muda Indonesia Tahun 2021 di Gedung Pusdatin Kemendikbud RI, Ciputat, Tangerang Selatan (5/6). Acara ini dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Organisasi Kepemudaan Kemenpora, Abdullah Mas’ud. 

Ketua Umum FKDMI Moh Nur Huda mengatakan, proses seleksi audisi tersebut sudah dilakukan sejak Ramadhan 2021 lalu. Seleksi diikuti sebanyak 102 peserta berusia 17-29 tahun. Para peserta mengirimkan video ceramahnya dan diseleksi oleh dewan juri. "Akhirnya ditetapkan 10 besar sebagai finalis yang akhirnya diundang mengikuti babak final di Jakarta hari ini," ujar Nur Huda dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Sabtu (5/6).

Audisi Dai Muda Indonesia merupakan kegiatan yang dirancang secara khusus sebagai ajang untuk mencari bakat anak-anak muda yang terjun dalam dunia dakwah. "Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong para pemuda untuk terus berkarya menghasilkan inovasi dan prestasi sesuai dengan bidang yang ditekuni," kata dia.

Adapun finalis dalam Audisi Dai Muda Indonesia ini adalah Adil Cahyadi (Kab Kuantan Singingi), Diauddin (Pasuruan), Hapid Dullah (Pandeglang), Jamilatus Sa'diyah (Tangerang), Muhammad Agung Permana (Kab Serdang Bedagai), Muhammad Zayyinul 'Aalimil Hakiim (Kediri), Pikri Nugraha (Tasikmalaya), Sarjaya (Serang), Shovi Maryam (Malang), dan Viyanti Malasari (Jombang).

Terkait

Pada babak final, setiap peserta menyampaikan materi pidatonya secara langsung di hadapan dewan juri dengan tema yang berbeda-beda. Peserta yang ditetapkan sebagai Juara I adalah Shovi Maryam dari Malang, Juara II Diauddin dari Kabupaten Pasuruan, dan Juara III Adil Cahyadi dari Kab Kuantan Singingi. Para juara dan finalis masing-masing mendapatkan hadiah uang pembinaan dan piagam penghargaan.

Audisi Dai Muda Indonesia ini mengambil tema “Peran Dai Muda dalam Menyebarkan Dakwah Wasathiyah Rahmatan Lil’Alamin”. Adapun dewan juri yang terlibat dalam babak final ini adalah Dr H Muhammad Ulinnuha Lc MA (dekan Fakultas Ushuluddin & Dakwah IIQ Jakarta); Dr Hj Wiwi Siti Sajaroh MAg (wakil sekretaris Komisi Dakwah MUI Pusat); dan H M Aqib Malik S ThI  (ketua PP FKDMI/direktur Al Maliki Center).

Sebelum babak final dilakukan, pada pagi harinya semua finalis Audisi Dai Muda Indonesia mendapatkan pembekalan materi dengan berbagai topik dari para narasumber. Yaitu, Drs H Syamsul Bahri M PdI (direktur penerangan agama Islam Kemenag RI); Dr H M Chasan Habibie MSi (plt kapusdatin Kemendikbud RI/plt ketua umum MATAN), H Abdullah Mas’ud MSi (Kabid Organisasi Kepemudaan Kemenpora RI); dan H M Aqib Malik S ThI (ketua PP FKDMI/direktur Al Maliki Center).


×