Ilustrasi Timnas Indonesia berlatih sepak bola | ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra.
07 Jun 2021, 04:59 WIB

Timnas Indonesia Bidik Poin Kedua

Timnas Indonesia sudah tidak mungkin lolos ke Piala Dunia 2022 di Qatar.

DUBAI -- Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam pada pertandingan ketujuh Grup G Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Senin (7/6) pukul 23.45 malam WIB. Setelah meraih satu angka perdana dari laga kontra Thailand, skuad Garuda menatap tambahan poin berikutnya.

Indonesia sudah tidak mungkin lolos ke Piala Dunia 2022 di Qatar. Torehan satu poin membenamkan tim besutan Shin Tae-yong itu ke dasar klasemen, tertinggal jauh dari negeri tetangga Malaysia yang mengemas sembilan poin.

Tantangan berat kini akan dihadapi Evan Dimas dan kawan-kawan. Pasalnya, Vietnam bukanlah lawan yang sembarangan karena belum pernah terkalahkan di babak kualifikasi. The Golden Stars, begitu mereka biasa disebut, memimpin klasemen Grup G dengan 11 poin.

Sadar dengan realita di atas kertas, Shin Tae-yong mengisyaratkan, timnya tidak akan ngotot menantang Vietnam. Dalam latihan tim pada Sabtu (5/6) waktu setempat, juru taktik yang memimpin skuad Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu justru mengutamakan waktu istirahat. Ia hanya memberikan satu kali latihan karena menilai para pemainnya sudah sangat bekerja keras melawan Thailand.

Terkait

“Saya katakan lagi, ini turnamen, jadi harus mengumpulkan energi. Otomatis, porsi latihan turun dan lebih sedikit," kata Shin dalam keterangan pers yang diterima Republika, Ahad (6/6).

Shin mengindikasikan, bakal melakukan rotasi pemain untuk memberi jam terbang kepada anggota skuad yang belum merumput. Namun, ia tidak memerinci orang-orang yang akan ia turunkan ke lapangan nanti.

"Untuk pemain yang kemarin masuk tim inti melawan Thailand, porsinya agak diturunkan. Sementara, yang tidak main tetap latihan agar tetap bisa mengimbangi kemampuan serta staima teman-temannya yang lain," ujarnya.

Shin diprediksi kembali menerapkan pola 4-2-3-1 persis seperti melawan Thailand. Pemain yang sudah malang melintang di kompetisi internasional, yakni Evan Dimas dan Egy Maulana Vikri, kemungkinan juga kembali tampil. Evan Dimas menyelamatkan wajah timnas Indonesia dari kekalahan lewat golnya pada menit ke-60. Sementara, Kadek Widnyana, berkesempatan kembali turun sejak menit pertama karena berkontribusi mencetak gol penyeimbang pada menit ke-39.

Pergantian pemain kemungkinan akan terjadi di sektor tengah. Witan Sulaeman yang mendapat kartu kuning terlalu berisiko jika diturunkan sejak menit awal. Adam Alis dinilai cocok menggantikan Witan untuk menyalurkan bola di sisi sayap.

Ujung tombak tim Merah Putih juga perlu diperbaiki. Kushedya Hari Yudo yang tampil sejak menit awal di laga sebelumnya dapat diganti dengan Muhammad Rafli.

"Kami lebih (mengutamakan) evaluasi dan mencari kekurangan yang terjadi di pertandingan lawan Thailand, jadi itu yang akan kami fokuskan untuk laga berikutnya," ucap Shin.

Walaupun harapan berpentas di panggung dunia kembali pupus, optimisme masih melekat kuat di dalam diri pemain. Sebagai kapten tim, Evan Dimas menegaskan, tidak akan menyerah hingga kualifikasi benar-benar selesai dijalani.

"Kami di lapangan sangat bekerja keras. Saya mungkin tidak akan bisa menjadi man of the match kalau tidak ada bantuan dari pelatih dan teman-teman yang lain," ujar dia. "Kita jangan terlalu berpuas karena masih ada dua pertandingan lagi, kami harus fokus menatap ke depan."

Pemain yang baru pindah dari Persija Jakarta ke Bhayangkara Solo FC itu menyatakan, hasil imbang 2-2 melawan Thailand merupakan motivasi bagi dirinya dan tim untuk tetap berusaha.

"Saya berterima kasih kepada masyarakat Indonesia yang selalu mendoakan. Semoga, di pertandingan selanjutnya kami bisa semaksimal mungkin dan memberi hasil maksimal," ucapnya. n ed: Israr Itah

Lima Pertemuan Terakhir Indonesia vs Vietnam

15/10/2019: Indonesia vs Vietnam 1-3

07/12/2016: Vietnam vs Indonesia 2-2

03/12/2016: Indonesia vs Vietnam 2-1

08/11/2016: Vietnam vs Indonesia 2-1

22/11/2014: Vietnam vs Indonesia 2-2

Susunan Pemain

Indonesia (4-2-3-1): Nadeo Argawinata; Pratama Arhan, Yanto Basna, Andy Setyo, Koko Ari; Braif Fatari, Adam Alis; Syahrian Abimanyu, Genta Alparedo, Saddam Gaffar; Muhammad Rafli

Pelatih: Shin Tae-yong

Vietnam (4-4-2)

Dang Van Lam; Vu Van Thanh, Que Ngoc Hai, Bui Tien Dung, Do Duy Mạnh; Nguyen Trong Hoang, Nguyen Quang Hai, Luong Xuan Trưong, Phan Van Duc; Nguyen Cong Phuong, Nguyen Van Toan

Pelatih: Park Hang-seo


×