Pesawat ATR-72 milik maskapai penerbangan Citilink tiba di Bandara Jenderal Besar Soedirman, Purbalingga, Jateng, Selasa (1/6/2021). | ANTARA FOTO/Idhad Zakaria
02 Jun 2021, 03:45 WIB

Bandara Soedirman Beroperasi Besok

Penerbangan komersial rute melalui Bandara Soedirman dipastikan mulai beroperasi pada Kamis

PURBALINGGA—Penerbangan komersial dengan rute melalui Bandara Jenderal Besar Soedirman dipastikan mulai beroperasi pada Kamis (3/6) esok. Hal itu dikatakan Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhamad Awaludin, usai mengikuti simulasi akhir pengoperasian Bandara Jenderal Besar Soedirman, Selasa (1/6).

Dalam simulasi akhir tersebut, pesawat baling-baling jenis turboprop ATR 72 milik maskapai penerbangan Citilink yang terbang dari Bandara Juanda Surabaya mendarat di Bandara Soedirman Purbalingga. Pesawat dengan kode penerbangan IG 1856 tersebut mengangkut para pejabat Angkasa Pura II dan Citilink.

Awaludin menuturkan, penerbangan komersial akan ditandai dengan pendaratan pesawat Citilink dari Bandara Juanda Surabaya yang kemudian melanjutkan penerbangannya ke Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta. ''Pesawat tersebut kemudian akan kembali lagi dari Jakarta menuju Bandara JBS dan akhirnya kembali ke Juanda Surabaya,” ujarnya, Selasa (1/6).

Berdasarkan serangkaian simulasi yang telah dilakukan seluruh parameter penerbangan sudah diukur dan dilaksanakan tim operasi bandara, maskapai, dan stakeholder. “Dari simulasi yang berlangsung sejak 25 Mei 2021 sampai hari ini, seluruh standar untuk pengoperasian Bandara JBS dapat direalisasikan dengan baik,” katanya.

Terkait

photo
Pesawat ATR-72 milik maskapai penerbangan Citilink mendarat di Bandara Jenderal Besar Soedirman, Purbalingga, Jateng, Selasa (1/6/2021). Maskapai penerbangan Citilink melakukan proving flight pesawat ATR-72 rute Surabaya-Purbalingga, dengan kapasitas 70 penumpang, sebagai simulasi akhir persiapan operasional komersial Bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga. - (ANTARA FOTO/Idhad Zakaria)

Awaludin juga menyebutkan, selain maskapai Citilink, sebenarnya sudah ada maskapai lain yang melirik rute penerbangan menuju dan dari Bandara Jenderal Besar Soedirman. Namun, dia menyebutkan, maskapai tersebut harus melakukan pengajuan ke regulator untuk mengantongi izin rute dan flight approval.

“Maskapai yang berminat melayani rute ini adalah Wings Air dari Lion Air Group. Jenis pesawat yang dioperasikan juga sama, jenis ATR 72 berkapasitas 72 penumpang,” katanya.

Menurutnya, adanya beberapa maskapai yang tertarik karena pada tahap awal tingkat okupansi ke dan dari Bandara JBS sudah cukup baik, di atas 70 persen. “Angka ini merupakan pertanda baik,” jelasnya.

Perwakilan dari maskapai Citilink yang akan melayani penerbangan rute Bandara Soedirman, Bagus, menyatakan, maskapainya sudah siap melayani penerbangan dari dan tujuan Bandara Soedirman Purbalingga. Untuk soal harga tiket, Bagus menyebutkan, Citilink sebagai maskapai pionir penerbangan dari dan menuju Bandara Soedirman akan memberikan penawaran harga istimewa kepada para calon penumpang.

photo
Sejumlah petugas melakukan simulasi operasional komersial di Bandara Jenderal Besar Soedirman, Purbalingga, Jateng, Selasa (1/6/2021).  - (ANTARA FOTO/Idhad Zakaria)

“Kami akan memberikan harga terbaik bagi calon penumpang, tentunya dengan harga yang tidak memberatkan. Termasuk bagi penumpang dari kalangan Pemkab Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Banjarnegara, atau kabupaten lain, serta dari lembaga lain, bisa menggunakan harga corporate,” ujarnya.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, dalam kesempatan yang sama, menyebutkan, Bandara JBS dibangun tidak hanya untuk Kabupaten Purbalingga. Bandara ini untuk seluruh kabupaten yang berada di Jawa Tengah bagian selatan barat.

Tiwi berharap, keberadaan Bandara JBS tidak saja berdampak positif bagi sektor perekonomian, tetapi juga sektor perindustrian dan sektor pariwisata di Purbalingga.

“Untuk itu, saya berharap, masyarakat di wilayah Banyumas Raya dan sekitarnya ikut sengkuyung, menghidupkan, memakmurkan Bandara JBS di Kabupaten Purbalingga,” katanya.


×