Ada banyak hikmah dari kisah istri para Nabi yang bisa diteladani.. | DOK PXHERE

Kitab

Meneladan Istri Para Nabi

Ada banyak hikmah dari kisah istri para Nabi yang bisa diteladani..

OLEH MUHYIDDIN

 

Allah SWT menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya (QS at-Tin: 4). Manusia ditakdirkan terdiri atas dua jenis kelamin, yakni laki-laki dan perempuan. Masing-masing memiliki ciri-ciri biologis, kodrat, dan ketetapan-syariat yang berlainan.

Allah berfirman dalam surah an-Nahl ayat 97, yang artinya, “Barangsiapa mengerjakan kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka pasti akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan akan Kami beri balasan dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.”

Sejarah mencatat, banyak wanita yang dimuliakan dalam Islam lantaran kesalehannya. Di antaranya, bahkan nama-nama mereka diabadikan dalam Alquran maupun hadis Rasulullah SAW.

Itu menandakan, umat Islam pun hendaknya memetik hikmah dan keteladanan dari perjalanan hidup mereka. Terlebih lagi, bagi kaum Muslimah sangatlah serasi untuk menjadikannya sebagai acuan. Karena itu, generasi kini perlu juga mengenal lebih dekat sosok-sosok saleh yang berasal dari kalangan perempuan itu.

 
Umat Islam hendaknya memetik hikmah dan keteladanan dari perjalanan hidup istri para Nabi.
 
 

Dalam hal ini, buku Keagungan Tiga Wanita Pilar Islam dapat menjadi salah satu referensi. Karya Dr Yucki Prihadi tersebut mengangkat kisah keteladanan tiga tokoh perempuan yang berjasa besar dalam sejarah. Mereka adalah Siti Hawa, Siti Hajar, dan Siti Khadijah.

Ketiganya memang berasal dari kurun zaman yang berbeda. Bahkan, jarak masa antara yang satu dan lainnya begitu jauh. Akan tetapi, menurut penulis buku ini, riwayat hidup mereka dapat terus menginspirasi umat zaman sekarang. Tiap sosok itu pun terhubung dengan benang merah yang sama, yakni sebagai hamba Allah yang bertakwa.

Mungkin, sudah banyak pembaca yang pernah mendengar nama ketiga tokoh perempuan tersebut. Yang pertama merupakan istri manusia pertama, Nabi Adam AS. Setelah diturunkan dari surga-Nya, kedua leluhur umat manusia itu sempat terpisah satu sama lain. Mereka tidak dapat saling bertemu selama ratusan tahun lamanya. Hingga kemudian, Allah mempertemukan Siti Hawa kembali dengan suaminya tersebut.

Adapun tokoh kedua yang dibahas dalam buku ini merupakan Siti Hajar. Ia adalah istri Nabi Ibrahim AS.  Dikenal sebagai sosok yang cantik, mulia, dan penuh kesabaran. Ibu kandung Nabi Ismail AS itu juga turut berjuang dalam menegakkan agama tauhid.

 
Dialah sang ibu yang berlari-lari kecil antara dua bukit untuk menemukan air bagi bayi kecilnya yang kehausan.
 
 

Dialah sang ibu yang berlari-lari kecil antara dua bukit untuk menemukan air bagi bayi kecilnya yang kehausan. Peristiwa tersebut akhirnya mengawali pembangunan kembali Baitullah Ka’bah.

Sementara itu, tokoh ketiga yang riwayatnya diulas oleh penulis adalah Siti Khadijah. Perempuan mulia ini merupakan istri pertama Nabi Muhammad SAW. Dengan penuh kesetiaan, putri Khuwailid bin Asad tersebut mendampingi Rasulullah SAW, baik sebelum maupun selama masa kenabian beliau. Dalam sejarah Islam, tahun wafatnya ibu dari enam orang anak itu disebut sebagai tahun duka cita (Aamul huzni).

Yucki Prihadi menyebut ketiga sosok tersebut sebagai pilar Islam. Sebab, masing-masing berperan sebagai pendamping bagi nabi-nabi, yakni berturut-turut Nabi Adam AS, Ibrahim AS, dan Rasulullah SAW.

Para suami itu begitu besar tugasnya dalam mendakwahkan agama Allah. Melalui buku ini, penulisnya mengajak para pembaca untuk merefleksikan keteladanan yang ditunjukkan ketiga perempuan pilar Islam itu dalam kehidupan sehari-hari.

Buku ini diawali dengan pembahasan tentang sosok Siti Hawa. Dialah ibu bagi seluruh manusia. Istri Nabi Adam AS ini merupakan wanita pertama yang diciptakan Allah SWT. Seperti dikisahkan dalam Alquran, ia dan suaminya sempat melanggar aturan yang telah ditetapkan Allah. Setelah menyadari perbuatannya, keduanya pun memohon ampunan kepada-Nya.

Mereka kemudian diampuni oleh-Nya. Setelah itu, Allah menetapkan bahwa Adam dan Hawa dikeluarkan dari surga, dan lalu turun ke bumi. Ini diceritakan dalam surah al-A’raf ayat 24-25. Begitu pula dalam surah Thaha.

Begitu sampai ke bumi, keduanya terpisah satu sama lain. Di manakah lokasi persisnya mereka diturunkan hingga bertemu kembali? Soal itu tidak dijelaskan dalam Alquran maupun hadis. Namun, sebagian ulama sepakat, keduanya setelah diturunkan secara terpisah dari Surga, untuk kemudian bertemu lagi di Jabal Rahmah, Arafah, Jazirah Arab.

Al-Imam At-Thabari dalam Tarikh-nya menjelaskan keterangan dari Abdullah bin Abbas bin Abdul Mutthalib. Ia mengatakan, "Adam diturunkan dari surga ke bumi di negeri India.” Abu Shaleh meriwayatkan juga dari Ibnu Abbas, Hawa diturunkan di Jeddah--yang masih bagian dari Hijaz. Kata Jeddah itu sendiri berasal dari bahasa Arab yang berarti 'perempuan berusia tua'.

 
Ada yang menyebutkan, Adam diturunkan di antara Makkah dan Thaif. Ada pula yang berpendapat, Adam diturunkan di India, sementara Hawa di Irak.
 
 

Riwayat lain menyebutkan, Adam diturunkan di Bukit Shafa, sedangkan Hawa di Bukit Marwah. Ada pula yang menyebutkan, Adam diturunkan di antara Makkah dan Thaif. Ada pula yang berpendapat, Adam diturunkan di India, sementara Hawa di Irak.

Betapapun sebagian ulama berselisih pendapat tentang lokasi diturunkannya Adam dan Hawa, kebanyakan mereka bersepakat: kedua insan pertama itu akhirnya bertemu kembali di Jabal Rahmah.

Hati mereka sabar dan ikhlas saat terpisahkan jarak. Maka ketika bertemu kembali, betapa besar kebahagiaan Nabi Adam dan Siti Hawa. Menurut Yucki, kesabaran dan keikhlasan inilah yang patut diteladani oleh Muslim dan Muslimah zaman sekarang.

Apalagi, di zaman sekarang ini seorang wanita sudah memiliki berbagai macam profesi. Di tengah-tengah kesibukannya dalam bekerja, tentu mereka harus sabar mendidik anak-anaknya maupun melayani suaminya.

 
Kesabaran dan keikhlasan inilah yang patut diteladani oleh Muslim dan Muslimah zaman sekarang.
 
 

Teladan juga ditunjukkan istri Nabi Ibrahim AS, Siti Hajar. Sejarah mencatat, kesabarannya tampak dalam pelbagai peristiwa. Sebagai contoh, tatkala bayinya yang bernama Ismail menangis karena kehausan di padang pasir Arab. Ia pun berlari-lari antara Bukit Shafa dan Marwah untuk menemukan air.

Sebelumnya, Allah memerintahkan Ibrahim AS untuk membawa istri keduanya itu ke jazirah Arab, tepatnya Makkah. Keluarga ini pun berangkat untuk menempuh perjalanan jauh. Ibrahim dan istrinya bergantian menggendong bayi yang baru lahir itu.

Akhirnya, mereka tiba di tanah Makkah. Waktu itu, kawasan ini amat sangat tandus. Jangankan air, rerumputan liar pun tak tampak di sejauh mata memandang. Keduanya lalu melihat ada bukit berwarna merah. Di atasnya, terdapat bekas rumah tua dari dahan-dahan kayu yang sudah mengering. Seperti diriwayatkan dua sejarawan terkenal, al Thabari (838-923 M) dan Ibnu al-Atsir (1160-1233 M), di sanalah Ibrahim AS meninggalkan Siti Hajar dan bayinya, Ismail.

Siti Hajar pun merengek sambil menangis agar suaminya tidak meninggalkan diri dan bayinya di tempat sepi dan tak berpenghuni itu. Namun, sang Khalilullah tidak peduli.

“Ke mana engkau akan pergi dan meninggalkan kami di padang pasir yang tidak ada manusia dan bahkan kehidupan ini?” tanya Hajar berulang kali.

Ibrahim AS tetap berjalan meninggalkannya, tanpa menjawab sepatah kata pun.

Barulah ketika Hajar bertanya, “Apakah Allah yang memerintahkan kamu wahai suamiku?”, nabi Allah itu memberi isyarat.

Tanpa menengok lagi kepada istrinya, Nabi Ibrahim pun menjawab singkat, “Ya.”

“Kalau begitu, Tuhan pasti tidak akan membiarkan kami,” ucap Hajar.

Siti Hajar tidak mungkin mengatakan itu kalau tidak didasari rasa keimanan yang kuat kepada Allah SWT.

Terakhir, Yucki dalam bukunya ini memasukkan kisah Siti Khadijah, sebagai wanita lainnya yang bergelar pilar Islam. Ia merupakan salah satu wanita yang dijanjikan surga oleh Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda, “Aku diperintahkan untuk memberi kabar gembira kepada Khadijah bahwa akan dibangun untuknya di surga sebuah rumah dari permata; tidak ada hiruk-pikuk dan rasa lelah di sana.” (HR Bukhari, Muslim, dan Ahmad).

Beberapa hal yang bisa diteladani dari Siti Khadijah adalah sosoknya sebagai pengusaha wanita yang sukses. Di samping itu, Khadijah juga merupakan seorang istri yang sabar dalam berumah tangga.

Ia tak menampakkan keraguan atau rasa marah saat Nabi Muhammad meninggalkannya untuk beruzlah. Saat beliau menyendiri di Gua Hira dan menerima wahyu pertama, Khadijah juga berperan dalam menenangkan suaminya.

Khadijah merupakan orang pertama yang berada di sisi Rasulullah saat mengalami kesulitan. Ia selalu mencurahkan perhatian dan kasih sayangnya dengan tulus, yaitu cinta yang memberikan ketenangan kepada Rasulullah.

Tidak hanya itu, sang ummul mukminin juga membelanjakan seluruh hartanya untuk perjuangan penyebaran Islam. Inilah yang patut diteladani oleh wanita-wanita karier yang sukses di zaman sekarang ini, yakni menggunakan hartanya untuk kepentingan agama, bukan untuk berfoya-foya.

Tidak hanya mengisahkan riwayat para istri nabi tersebut, buku Keagungan Tiga Wanita Pilar Islam juga membahas tentang kedudukan perempuan menurut ajaran Islam. Kemudian, buku ini juga memberikan beberapa tips kepada kaum hawa untuk mempercantik dan membahagiakan hati. 

photo
Dalam buku ini, penulisnya memaparkan riwayat dan keteladanan tiga perempuan mulia, yakni Siti Hawa, Siti Hajar dan Ummul Mukminin Khadijah. - (DOK PRI)

DATA BUKU

Judul : Keagungan Tiga Wanita Pilar Islam

Penulis : Dr Yucki Prihadi

Penerbit : PT Elex Media Komputindo

Tebal : 155 halaman

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat