Peluncuran layanan komersialisasi layanan 5G Telkomsel. | Dok Telkomsel

Inovasi

Langkah Awal Konektivitas 5G Tanah Air

Infrastruktur digital nasional akan ditopang dengan jaringan 4G dan 5G secara simultan.

Indonesia telah memasuki babak baru teknologi telekomunikasi modern dengan memanfaatkan jaringan koneksi generasi kelima (5G). Pada Kamis (27/5), di Jakarta, Telkomsel secara resmi meluncurkan layanan Telkomsel 5G. 

Mengusung tema “5G: Unlock the Future”, semangat yang dibawa dalam peluncuran ini menunjukkan komitmen Telkomsel untuk menghadirkan layanan 5G, sekaligus membuka potensi masa depan yang tak terbatas bagi Indonesia. Selain menegaskan posisinya sebagai operator seluler pertama yang menggelar jaringan 5G di Indonesia, peluncuran ini juga sekaligus memastikan layanan 5G dari Telkomsel sudah dapat digunakan secara komersial. 

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengungkapkan, hadirnya 5G secara resmi di Indonesia tidak hanya menjadi milestone penting bagi Telkomsel. “Fokus kami dalam menggelar 5G adalah menjadikan layanan jaringan serta solusi digital yang dihasilkannya bisa mudah diakses dan terjangkau bagi siapa saja,” ujarnya. 

photo
Layanan 5G akan memungkinkan kemajuan di bidang teknologi robotik. - (Dok Telkomsel )

Menurut Setyanto, dalam waktu dekat ini, sejumlah inisiatif baru untuk pengembangan bisnis terkait digital platform dan digital services akan segera dihadirkan Telkomsel. “Hal ini menjadi bagian dari penguat komitmen transformasi sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia,” lanjutnya. 

Pada tahap pertama komersialisasi 5G ini, layanan Telkomsel 5G sudah tersedia di beberapa titik di sembilan kota, di antaranya mencakup wilayah Telkomsel Smart Office (Jakarta). Selain itu, layanan 5G Telkomsel juga sudah dapat dinikmati di beberapa titik tertentu di enam area residensial di DKI Jakarta (Kelapa Gading Jakarta, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpong Damai, Widya Chandra, dan Alam Sutera), GraPARI Bandara Soekarno Hatta, GraPARI Pemuda Surabaya, GraPARI Pettarani Makassar, GraPARI Renon Bali, GraPARI Batam Center, GraPARI Telkom Group Medan, GraPARI Solo, Kantor Balai Kota Solo, GraPARI Balikpapan, Telkom University (Bandung), dan Institut Teknologi Bandung.

Sedangkan terkait dengan ekosistem berupa smartphone perangkat yang mendukung layanan Telkomsel 5G adalah perangkat dengan kemampuan teknologi 5G NSA (non-standalone) pada frekuensi 2300 MHz. Di antaranya, yaitu Oppo Reno 5, Huawei Mate 40, Vivo X60 dan Vivo X60 Pro. 

Telkomsel akan terus memperluas kerja sama dengan berbagai mitra perangkat untuk menghadirkan pilihan yang bervariasi bagi seluruh pelanggan Telkomsel, termasuk dengan Apple dan Samsung. Pada tahap awal ini, pelanggan perlu melakukan proses penyesuaian di perangkat lunak smartphone agar dapat terhubung dengan layanan Telkomsel 5G, yang mana prosedurnya akan disediakan oleh masing-masing produsen smartphone.

Paket Harga

photo
Perangkat yang dapat menikmati layanan 5G dari Telkomsel (ilustrasi) - (Dok Telkomsel )

Sebagai layanan baru, Telkomsel juga memberikan penawaran harga perkenalan kepada para pelanggannya. Direktur Marketing Telkomsel, Rachel Goh menjelaskan, paket layanan 5G ini sudah tersedia bagi pelanggan setia Telkomsel yang mendapatkan undangan. 

Khusus pelanggan yang mendapat penawaran khusus melalui undangan, paket data Early Bird 5G ditawarkan seharga Rp 26 ribu dengan kota data sebesar 126 GB lewat aplikasi MyTelkomsel.

Menurut Rachel, harga yang ditawarkan dalam penawaran perdana ini terbilang murah dan ke depannya berbagai paket akan terus diperbanyak untuk layanan khusus 5G.

Program Early Bird 5G Telkomsel memiliki  kecepatan transfer data internet mencapai kisaran 700 Mbps. Paket promo ini berlangsung hingga tanggal 26 Juli 2021.

Nantinya, setelah paket Early Bird 5G berakhir, akan ada harga dan paket data 5G terbaru yang akan dirilis Telkomsel. Selain itu, layanan 5G Telkomsel bagi pelanggan reguler juga bisa dinikmati dalam beberapa penawaran. 

Penawaran itu terdapat dalam Paket 5G modem Orbit dari Telkomsel. Untuk harga paket internet 5G modem Orbit,  dikhususkan bagi pelanggan yang memiliki perangkat Modem Orbit dengan jenis Huawei 5G CPE Pro 2.

Harga paket Orbit 5G ditawarkan, mulai dari harga Rp 130 ribu untuk kuota 100 GB, hingga Rp 900 ribu untuk kuota 1.000 GB. Harga ini ditawarkan untuk tiga bulan pertama. 

Simultan dengan Jaringan lainnya

photo
Layanan 5G Telkomsel (ilustrasi) - (Dok Telkomsel )

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menyatakan infrastruktur digital nasional akan ditopang dengan jaringan 4G dan 5G secara simultan. "Saya ingin memastikan roll out 5G Telkomsel yang dilakukan hari ini, juga akan tetap berjalan operasi simultan bersama jaringan 4G,” ujarnya. 

Menurut Johnny, karena pembangunan 5G secara merata di seluruh wilayah Tanah Air justru yang akan menjadi tonggak-tonggak penting infrastruktur telekomunikasi nasional. Peresmian jaringan 5G oleh Telkomsel pun, diakui Johnny, merupakan hari bersejarah untuk Indonesia. 

Sudah banyak harapan yang diterima pemerintah terkait dengan hadirnya layanan 5G. baik dari kementerian, lembaga, pemerintah daerah, komunitas bisnis, komunitas masyarakat, dan masyarakat umum. 

Salah satunya, adalah untuk menjaga dan mempertahankan agar internet link rasio, agar disparitas internet antar wilayah negara kita, tetap terjaga dengan baik. 

 
Fokus kami dalam menggelar 5G adalah menjadikan layanan jaringan serta solusi digital yang dihasilkannya bisa mudah diakses dan terjangkau.
SETYANTO HANTORO, Direktur Utama Telkomsel
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat