Pesepak bola Kushedya Hari Yudo (kiri) menembakkan bola ke arah gawang dalam latihan Timnas Senior Indonesia di Stadion Madya, kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Selasa (11/5/2021). Latihan tersebut dilakukan sebagai pesiapan Timnas Indon | ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra.

Olahraga

Timnas Indonesia tak akan Jalani Laga Mudah Vs Afghanistan

Meski telah tersingkir, Shin Tae-yong ingin mengakhiri kampanye Timnas Indonesia dengan sangat baik.

JAKARTA — Timnas Indonesia akan menghadapi Afghanistan dalam laga uji coba internasional di Jebel Ali Center of Excellence, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Selasa (25/5). Laga ini menjadi rangkaian persiapan tim besutan Shin Tae-yong jelang tiga laga sisa di kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Meski skuad Garuda telah tersingkir dari persaingan setelah menelan lima kekalahan, Shin Tae-yong ingin mengakhiri kampanye timnya dengan sangat baik dan berharap mendapatkan beberapa poin dari Thailand, Vietnam, dan UEA dalam tiga pertandingan terakhir.

Karena itu, Shin ingin melawan tim kuat jelang laga tersebut. Ini akan menjadi bentrokan pertama antara Indonesia dan Afghanistan. Indonesia sudah berada di Dubai untuk pemusatan latihan (TC) sejak 17 Mei 2021.

“Semua pemain beradaptasi dengan suhu dan cuaca di sini. Pemain-pemain lebih baik dan lebih bekerja keras di sini daripada di Jakarta. Mental mereka pun sudah berubah menjadi lebih baik,” ujar Shin dalam keterangan tertulisnya, Senin (24/5).

Sementara, Afghanistan yang berjuluk Lions of Khorasan masih menjaga asa di kualifikasi setelah mengumpulkan empat poin dari lima pertandingan di Grup E. Afghanistan duduk di tempat ketiga, tetapi ada selisih delapan poin antara Afghanistan dan Oman yang berada di urutan kedua pada tahap ini.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PSSI (pssi)

Shin telah menunjuk skuad yang sebagian besar tidak berpengalaman, dengan sebanyak 23 pemain belum pernah tampil di kualifikasi Piala Dunia. Pemain yang paling menonjol dari daftar saat ini adalah gelandang Evan Dimas, yang pernah bermain 24 kali untuk skuad Garuda sebelumnya, dan telah mencetak empat gol.

Pada laga uji coba nanti, timnas Garuda tidak diperkuat oleh bek Yanto Basna yang masih cedera, sementara striker kawakan Irfan Bachdim belum dipanggil. Selain itu, Elkan Baggott batal bergabung meskipun klub Ipswich Town telah memberikan izin.

Elkan memilih tidak terbang ke Dubai karena kota itu termasuk zona merah pandemi Covid-19 yang membuatnya harus menjalani karantina apabila kembali ke Inggris.

Di lain pihak, Lions of Khorasan memiliki tim yang kuat dengan pemain kunci, seperti kiper Ovays Azizi, bek Zohib Amiri, dan gelandang Faysal Shayesteh. Afghanistan memiliki skuad yang jauh lebih berpengalaman. Meskipun pelatih kepala Anoush Dastgir mungkin tidak menurunkan susunan pemain terkuatnya, Afghanistan masih memiliki kualitas yang cukup untuk menaklukkan Indonesia.

Selain melawan Afghanistan, timnas Indonesia dijadwalkan beruji coba melawan Oman pada 29 Mei 2021. Kemudian, pada ajang kualifikasi Piala Dunia 2022, Indonesia akan melawan Thailand pada 3 Juni, lalu Vietnam 7 Juni, dan terakhir UEA pada 11 Juni 2021. Indonesia berada di posisi juru kunci klasemen sementara Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia dengan nol poin.

 

Prediksi Susunan Pemain

Indonesia (4-4-2)

Nadeo Argawinata; Pratama Arhan, Yanto Basna, Andy Setyo, Koko Ari; Braif Fatari, Adam Alis, Syahrian Abimanyu, Genta Alparedo; Saddam Gaffar, Muhammad Rafli.

Afghanistan (4-3-2-1)

Ovays Azizi; David Najem, Sharif Mukhammad, Zohib Amiri, Zelfagar Nazari; Milad Intezar, Noor Husin, Adam Najem; Faysal Shayesteh, Farshad Noor; Omran Haydary.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat