Sejumlah prajurit Yonif 315/Garuda mengikuti upacara pelepasan Satuan Tugas Pam Daerah Rawan (Satgas Pamrahwan) Papua di Lapangan Yonif 315/Garuda, Gunung Batu, Kota Bogor, Jawa Barat, Ahad (23/5/2021). | ARIF FIRMANSYAH/ANTARA FOTO

Nasional

Penganiaya Dua TNI Diduga Kelompok Senaff Soll

Senaff Soll adalah mantan prajurit TNI yang terlibat penjualan amunisi ke kelompok teroris Papua.

JAYAPURA -- Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Irjen Mathius D Fakhiri menyebutkan, pelaku penganiayaan yang menewaskan dua prajurit TNI di Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua diduga kelompok Senaff Soll. Namun siapa yang menjadi eksekutor anggota Yonif Linud 432 Kostrad itu masih didalami.

"Yang pasti penyelidikan makin mengerucut," ujar Mathius di Jayapura, Ahad (23/5).

Senaff Soll adalah mantan prajurit TNI yang dipecat akibat terlibat dalam penjualan amunisi ke kelompok teroris kriminal separatis bersenjata (KKSB) di Timika. Ia disebut terlibat dalam pembunuhan Staf KPU Yahukimo Hendry Jovinski pada September 2020 lalu.

Mathius menyatakan, pengejaran masih dilakukan mengingat selain menewaskan dua prajurit TNI, kelompok Senaff Soll juga membawa kabur dua pucuk senjata api organik beserta amunisinya. Menurut dia, tokoh masyarakat dan agama juga berupaya mendekati kelompok tersebut agar mengembalikan senjata api yang diambil.

"Mudah-mudahan pendekatan yang dilakukan pemda beserta masyarakat membuahkan hasil," ujar Mathius.

Dua prajurit TNI Yonif Linud 432 Kostrad, Prada Yudi dan Praka Alif gugur dalam penganiayaan pada Selasa (18/5). Jenazah keduanya sudah dimakamkan di kampung halamannya masing-masing.

Usia kejadian tersebut, Polda Papua mengirim dua peleton brimob ke Dekai dan Oksibil Kabupaten Pegunungan Bintang. Saat ini, ada dua peleton brimob di Dekai, sedangkan di Oksibil baru satu peleton. “Personel Brimob yang dikirim itu untuk memperkuat anggota Polri yang ada di wilayah itu,” kata

Kapolda Papua meminta anggota TNI dan Polri yang bertugas di daerah rawan senantiasa waspada, karena KKB mengincar senjata api dan amunisi yang dibawa. "Jangan sampai kita menjadi pemasok senjata api dan amunisi bagi KKB," ujar Kapolda Irjen Fakhiri.

Kapolres Yahukimo AKBP Denny Hendriana menduga dua pucuk senpi milik Yudi dan Alif sudah berada di luar Kota Dekai, ibu kota Kabupaten Yahukimo. "Kami memperkirakan kedua pucuk tersebut sudah berada di luar Dekai, yakni di sekitar jalan arah gunung di mana staff KPU Hendry Jovinski dibunuh bulan September 2020 lalu," kata Denny, Jumat (21/5).

Dia mengakui berbagai upaya dilakukan agar kedua pucuk senpi jenis SS2 dikembalikan dan tidak disalahgunakan. "Bupati Yahukimo beserta tokoh agama dan tokoh masyarakat sudah menyatakan akan membantu agar senpi dikembalikan," kata AKBP Denny.

Denny juga mengatakan, penyelidikan sudah makin mengerucut kepada kelompok Senaff Soll. Hingga Jumat, enam orang saksi telah diperiksa. Enam orang lainnya, termasuk karyawan yang mengerjakan pembangunan talud di kali Brasa masih enggan dan takut.

"Mudah-mudahan kasusnya dapat segera terungkap dan senpi dikembalikan," kata Denny. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat