Petugas kesehatan dari Dokkes Polresta Bandara Soetta melakukan tes usap Antigen penumpang pesawat yang baru saja mendarat di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Ahad (16/5/2021). | MUHAMMAD IQBAL/ANTARA FOTO

Jakarta

Pemudik ke Jakarta Wajib Swab

Jika ada yang lolos, pemudik akan menjalani tes swab di kantor Polsek tempat tinggal masing-masing.

JAKARTA -- Polda Metro Jaya melakukan tes swab antigen secara acak terhadap pemudik, yang tidak membawa surat hasil tes swab, ketika hendak memasuki Jakarta. Jika ada yang lolos, mereka akan menjalani tes swab di kantor Polsek tempat tinggal masing-masing.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, meski sudah ada larangan mudik, tapi jumlah warga Jakarta yang pulang ke kampung halaman mencapai 1,5 juta jiwa. Oleh karenanya, perlu dilakukan tes swab saat mereka kembali guna memutus penyebaran Covid-19 di Jakarta.

Yusri mengimbau pemudik agar membawa surat hasil tes swab ketika hendak memasuki Jakarta. Petugas medis akan melakukan pemeriksaan secara acak di 14 titik pemeriksaan di jalur masuk ke Jakarta.  "Sebanyak 14 titik itu ada di tol, di jalan arteri, terminal, stasiun, bahkan Bandara Soekarno-Hatta," kata Yusri, Ahad (16/5).

Jika ada yang tidak terpilih menjalani tes swab acak, kata Yusri, maka akan dilakukan tes swab antigen di posko atau Kampung Tangguh Jaya atau kantor Polsek yang ada di tiap kecamatan di Jakarta. Hal ini bisa dilakukan karena aparat kepolisian bekerja sama dengan Koramil dan pihak kecamatan telah mendata setiap keluarga yang mudik.

photo
Petugas medis melakukan tes usap antigen Covid-19 kepada penumpang bus rute Jakarta-Padang yang diberhentikan saat penerapan larangan mudik di Jalan Lintas Timur Sumatra, Mestong, Muarojambi, Jambi, Kamis (6/5/2021). - (Wahdi Septiawan/ANTARA FOTO)

Di rumah mereka masing-masing telah ditempelkan tanda yang berisikan jumlah anggota keluarga yang mudik. "Dari data itu kami lakukan swab pemburu Covid-19 seperti yang sekarang dilakukan di Kampung Tangguh Jaya di Pinangsia, Jakarta Barat ini," kata Yusri.

Pembatasan mudik yang digelar Polda Metro Jaya akan berakhir pada 17 Mei. Namun, diperpanjang hingga 24 Mei dengan fokus melakukan swab tes kepada para pemudik secara acak di sejumlah jalur masuk ke Jakarta.

Sementara, PT Jasa Marga mencatat sebanyak 95.477 kendaraan telah kembali ke Jakarta per Sabtu (15/5). Kendaraan tersebut menuju Jakarta melalui arah timur, barat, dan selatan.

"Angka ini turun 25,5 persen dari lalu lintas normal sebesar 128.126 kendaraan," kata Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru dalam pernyataan tertulisnya, Ahad (16/5).

Dwimawan mengimbau kepada pelaku perjalanan dapat melengkapi dokumen persyaratan, antara lain, Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) dan hasil negatif tes Covid-19.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat