Pemain Persija Jakarta Yan Motta (kanan) berebut bola dengan pemain PSM Makassar Erwin Gutawa (kiri) pada Semifinal Leg ke-2 Piala Menpora di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Minggu (18/4/2021). | MOHAMMAD AYUDHA/ANTARA FOTO
20 Apr 2021, 10:37 WIB

Persija Menatap Juara

Persija dan Persib lolos ke babak final

JAKARTA — Persib Bandung akhirnya lolos ke babak final bersama Persija setelah bermain imbang 1-1 atas PSS Sleman pada leg kedua babak semifinal Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Senin (19/4) malam. Persib lolos ke babak final setelah unggul dalam agregat melawan PSS Sleman pada leg pertama skor 2-1 dan leg kedua ini bermain seri 1-1 sehingga kedudukan menjadi 3-2.

Persib Bandung yang maju ke babak final akan menghadapi Persija Jakarta. Sebelumnya, Persija menyingkirkan PSM Makassar pada babak semifinal melalui drama adu penalti 4-3. Persib Bandung bermain seri 1-1 melawan PSS Slemanyang dicetak oleh Ezra Hard Ruud Walian pada menit ke-83, sedangkan gol PSS dicetak oleh Saddam Emiruddin Gaffar.

Persib maju ke babak final menghadapi Persija pada leg pertama akan digelar di Stadion Maguwoharjo Sleman pada tanggal 22 April. Sedangkan leg kedua di Stadion Manahan Solo pada tanggal 25 April 2021.

Menurut Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts, timnya menyambut bahagia bisa masuk final Piala Menpora setelah bermain seri melawan PSS Sleman 1-1.Sebelumnya, Persib pada pertandingan leg pertama menang 2-1 sehingga kedudukan akhir menjadi 3-2.

Terkait

Robert mengatakan bahwa timnya sudah setahun tidak ada kompetisi. Hal ini tentu memengaruhi permainan itu sendiri."Kami harus maklum," kata pelatih asal Belanda ituusai pertandingan. Robert melanjutkan,"Sama siapa akan bertemu pada babak final Piala Menpora, bagi saya tidak penting. Namun, yang paling penting adalah kompetisi Liga 1 digelar kembali.

"Menyinggung soal PSS Sleman yang sempat bermain 10 pemain tetapi lebih berani menyerang dan bisa menciptakan gol ke gawang Persib, dia menjelaskan bahwa sebuah permainan sepak bola apa saja bisa gol, tidak melihat jumlah berapa pemainnya. Namun, lanjut dia, pemainnya nomor punggung 30 Ezra Walian bisa mencipta gol bagi Persib. Persiapan final melawan Persija, menurut dia, suatu hal yang positif bisa lolos ke babak final." Kami terus membangun kembali untuk kejayaan Persib," ujarnya.

Persija

Persija Jakarta memastikan diri lolos ke babak final Piala Menpora 2021 setelah meraih kemenangan dramatis melalui adu penalti melawan PSM Makassar pada leg kedua semifinal di Stadion Manahan, Solo, Ahad (18/4) malam WIB. Penalti yang berakhir dengan skor 4-3 itu berlangsung dramatis karena membutuhkan hingga delapan orang penendang.

Dari kubu Persija, tendangan Marko Simic, Novri Setiawan, Sandi Sute, dan Riko Simanjuntak berhasil diantisipasi oleh kiper PSM, Hilmansyah. Sementara di kubu PSM, tendangan Yakob dan Zulham Zamrun melambung di atas mistar. Lalu eksekusi dari Abdul Rachman, Saldy, dan Zulkifli Syukur dapat ditebak oleh kiper Andritany Ardhiyasa.

Kiper sekaligus kapten Persija Jakarta itu menjadi penentu kemenangan dengan menepis tendangan terakhir PSM yang dieksekusi oleh Zulkifli Syukur. Ia pun menuai banyak pujian, termasuk dari pelatih Sudirman. Berkat kinerja Andritany, Persija yang ketinggalan tiga kali saat penalti bisa membalikkan keadaan.

"Saya sangat mengapresiasi dia yang bisa menahan tendangan penalti PSM sehingga kami bisa mengambil keuntungan dari itu," kata Sudirman seusai laga.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Persija Jakarta (persija)

Persija memang berhasil ke final, tapi perjalanannya untuk sampai ke titik ini tidaklah mudah. Tercatat, laga ini merupakan pertemuan ketiga antara Persija dengan PSM di turnamen pramusim ini. Selain pertemuan dua leg di semifinal, kedua tim yang tergabung dalam Grup B ini saling berhadapan pada laga perdana yang digelar di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, 22 Maret lalu. Kala itu, tim berjuluk Macan Kemayoran menelan kekalahan 0-2 dari Juku Eja.

Merespons kekalahan tersebut, Persija bangkit dengan kemenangan telak 4-0 atas Borneo FC pada laga kedua grup. Setelah itu, Marc Klok dan kawan-kawan kembali mengamankan tiga poin dalam laga hidup-mati melawan Bhayangkara Solo FC. Setelah sempat tertinggal lebih dulu lewat gol Ezechiel N'Douassel, Persija bangkit dan menang lewat dua gol Osvaldo Haay dan Marc Klok. Macan Kemayoran pun lolos sebagai juara grup.

Di babak perempat final, Persija menang 1-0 saat berhadapan dengan Barito Putera berkat gol tunggal Marko Simic. Kemenangan itu membawa mereka ke semifinal dan dipertemukan kembali dengan PSM, yang berhasil mengalahkan PSIS Semarang lewat adu penalti. Dua laga semifinal antara Persija melawan PSM berakhir tanpa gol di waktu normal, hingga akhirnya Persija lolos ke final lewat adu penalti.

Di partai pamungkas Piala Menpora 2021, Macan Kemayoran tinggal menunggu pemenang dari laga antara PS Sleman melawan Persib Bandung. Meski memastikan diri lebih dulu, bukan berarti Persija menjadi tim yang difavoritkan keluar sebagai juara. Pasalnya, Persija beberapa kali gagal meraih trofi turnamen pramusim setelah melaju hingga babak final.

Setahun lalu, sebelum kompetisi sepak bola dihentikan karena pandemi Covid-19, Persija gagal meraih trofi setelah dikalahkan oleh Persebaya Surabaya 1-4 pada final Piala Gubernur Jatim 2020. Pada turnamen pramusim Piala Indonesia 2018, Persija juga berhasil melaju ke babak final dan berhadapan dengan PSM dalam pertemuan dua laga. Persija unggul 1-0 pada leg pertama di Jakarta, tapi takluk 0-2 di Makassar.


×