Tim lapangan XL Axiata terus berupaya memulihkan jaringan pascabencana banjir bandang di NTT. | Dok XL Axiata

CSR

Bantu NTT dari Berbagai Sisi

Bencana banjir di NTT mendorong banyak pihak memberikan bantuan.

Bencana banjir bandang di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Ahad, 4 April 2021 lalu, mendorong banyak pihak bergerak cepat memberi bantuan. Tim PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) pun menyalurkan bantuan bagi korban bencana alam badai Seroja di NTT dalam bentuk barang dan layanan bebas biaya untuk telepon dan SMS di area-area terdampak bencana. 

Di sisi lain, tim teknis di lapangan juga terus berjuang memulihkan jaringan yang terdampak bencana, terutama di sejumlah area di NTT. Group Head XL Axiata Region East, Dodik Ariyanto menjelaskan, XL telah mengirimkan bantuan melalui Posko TNI AL Peduli di Surabaya, berupa sembako dan bahan makanan lainnya, seperti air mineral, obat-obatan, selimut, tikar, dan pampers. “Mengingat area terdampak bencana di NTT yang sulit dijangkau, juga banyaknya infrastruktur yang porak poranda, maka kami memutuskan untuk bekerja sama dengan TNI AL,” ujarnya. 

photo
Tim XL Axiata berupaya memulihkan layanan komunikasi paskabencana banjir bandang di NTT. - (Dok XL Axiata)

Kapal TNI AL yang mengangkut bantuan tersebut telah berangkat pada 10 April 2021, dan telah sampai dan segera dibagikan di Pulau Lembata, salah satu area yang paling parah dihantam badai pada 14 April 2021. Dodik menambahkan, selain dalam bentuk barang, XL juga berupaya meringankan beban masyarakat yang menjadi korban bencana dengan layanan bebas biaya dan unlimited untuk menelepon dan SMS. 

Jadi, warga yang juga pelanggan XL, AXIS, dan XL Prioritas bisa menelepon dan kirim SMS ke sesama nomor XL Axiata. Sementara itu, untuk menelepon dan SMS ke nomor operator lain, pelanggan akan mendapatkan 10 menit nelpon dan 10 SMS gratis. Selain itu, pelanggan juga masih mendapatkan kuota data sebesar 500 MB selama empat hari dengan mengakses *505#. 

rogram ini berlaku untuk periode 15-18 April 2021 dan berlaku di lokasi bencana, baik di NTT maupun di Jawa Timur. Layanan khusus untuk menelepon dan SMS tersebut selain untuk masyarakat korban bencana di NTT, berlaku di Kabupaten Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Belu, Alor, Flores Timur, Sikka, Ende, Ngada, Manggarai, Sumba Timur, Sumba Barat, Lembata, Rote Ndao, Sumba Tengah, Sumba Barat Daya, Sabu Raijua, Malaka, Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Manggarai Barat, Nagekeo, dan Manggarai Timur.

Kampanye Hangatkan Hati

photo
Pemberian donasi berupa selimut untuk para korban banjir di NTT. - (Dok Kintakun)

Tergerak untuk turut membantu korban banjir bandang yang terjadi di NTT, Kintakun, jenama perlengkapan tempat tidur atau bedding set, segera mengirimkan bantuan berupa seribu lembar selimut bagi para korban terdampak bencana.

Banjir yang diakibatkan oleh badai Siklon Tropis Seroja ini membuat para warga mengungsi ke titik – titik yang lebih aman. Namun, berbagai macam bantuan logistik masih sangat mereka butuhkan.

Zulviana Oriza Nucifera selaku Marketing Communication Manager Kintakun mengungkapkan, selimut adalah kebutuhan yang sangat vital untuk bertahan dalam suaca yang kurang baik. “Kebetulan selimut adalah salah satu produk Kintakun, sehingga hal ini memudahkan kami untuk memberi bantuan. Stok yang saat ini tersedia segera kami kirimkan menuju titik- titik pengungsian di daerah terdampak,” ujarnya.

Pendistribusian bantuan, Zulviana melanjutkan, menggandeng beberapa komunitas relawan, salah satunya Sumba Volunteer, untuk menyalurkan ke lokasi – lokasi terparah. Di antaranya desa Lumbu Manggit, Kecamatan Wulla Waijelu, bantaran sungai Kambaniru yang terletak di kota Waingapu, hingga Kabupaten Lembata serta Kabupaten Rote Ndao.

Ketepatan sasaran lokasi serta kecepatan dalam pendistribusian sangatlah penting, mengingat cuaca yang masih rawan bagi kesehatan para pengungsi, terutama wanita dan anak-anak. 

Disamping mengirimkan bantuan berupa selimut, Kintakun juga berinisiatif menggalang dana. Melalui kampanye #HangatkanHati, komunitas yang terdiri para karyawan, reseller, hingga konsumen, semuanya bahu membahu mengumpulkan bantuan yang diserahkan langsung kepada Badan Amil Zakat Nasional Jawa Barat, yang nantinya akan disalurkan kepada para korban bencana alam ini.

 

 

Mengingat area terdampak bencana di NTT yang sulit dijangkau, juga banyaknya infrastruktur yang porak poranda, maka kami memutuskan untuk bekerja sama dengan TNI AL. 

Dodik Ariyanto, Group Head XL Axiata Region East.
 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat