Pemain Manchester City Kyle Walker (dua dari kiri ) berupaya merebut bola dari pemain Dortmund Jude Bellingham (kiri) dalam sebuah pertandingan di Manchester Inggris pada 06 April 2021. | EPA-EFE/PETER POWELL

Olahraga

17 Apr 2021, 10:09 WIB

Duel On Fire Chelsea VS Manchester City

Secara statistik Manchester City lebih difavoritkan ketimbang Chelsea.

 

 

 

 

 

LONDON -- Dua tim yang berhasil menunjukkan kehebatannya di ajang turnamen elite Eropa, Liga Champions, tengah pekan lalu akan bertemu pada pertandingan penting. Chelsea bakal ditantang Manchester City pada babak semifinal Piala FA 2020/2021.

Pertarungan bakal berlangsung di Stadion Wembley, Sabtu (17/4) malam WIB nanti. Partai ini dipastikan akan berjalan ketat mengingat baik Chelsea dan City keduanya tengah on fire setelah lolos ke semifinal Liga Champions.

Secara statistik City lebih difavoritkan ketimbang the Blues, skuad Josep Guardiola mampu mencatatkan empat kemenangan, dengan satu kemenangan lain dimiliki Chelsea.

Namun, City diyakini tidak akan mudah meredam kekuatan tim asal London Biru. Pasalnya, kehadiran Thomas Tuchel membawa peningkatan secara signifikan.

Total dari 18 pertandingan sejak Chelsea diambil alih pelatih asal Jerman, Tuchel, Azpilicueta dan kawan-kawan berhasil meraih 12 kemenangan di semua ajang.

"Kami baru saja mengamankan kemenangan fantastis dan lolos ke semifinal Liga Champions. Jadi setelah ini fokus kami adalah memikirkan tentang laga berat melawan Chelsea di Piala FA," kata Guardiola menjelaskan dilansir laman resmi klub, Jumat (16/4).

Adapun keberhasilan City menyingkirkan Borussia Dortmund di ajang Liga Champions terus menjaga asa mereka untuk meraih 'quadruple' atau empat gelar dalam satu musim. Pasalnya selain lolos ke semifinal Liga Champions, Man City kini juga memuncaki Liga Inggris, melaju ke semifinal Piala FA dan bakal berlaga di final Piala Liga Inggris.

Meski demikian, Pep Guardiola, justru enggan sesumbar soal gelar. Ia menegaskan fokusnya saat ini adalah untuk membawa the Citizen memenangi setiap laga di sisa musim.

"Kami tidak ingin berbicara tentang empat gelar. Kami hanya ingin berusaha memenangkan satu pertandingan dalam satu waktu. Inilah yang harus kami lakukan, sesederhana itu, dan tidak membuatnya menjadi rumit," sambung entrenador asal Spanyol.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Chelsea FC (chelseafc)

Sementara itu, Guardiola kan kembali leluasa untuk melakukan rotasi pemain ketika berhadapan versus Chelsea. Pasalnya, penggawa yang akan absen pada laga ini hanya striker Sergio Aguero. Dirinya belum pulih setelah mengalami cedera.

Pada kesempatan ini Guardiola bisa menurunkan pemain andalannya seperti Kevin De Bruyne, Raheem Sterling, pun Gabriel Jesus untuk mengobrak-abrik pertahanan London Biru.

Sedangkan untuk kubu Chelsea mereka dipastikan kembali tanpa kehadiran Mateo Kovacic. Perannya kembali dijalankan N'Golo Kante sebagai jenderal lapangan tengah. Selain itu, Tuchel punya banyak pilihan pemain.

Gelandang serang Chelsea Mason Mount menjelaskan timnya saat ini berada dalam situasi yang positif setelah memastikan tiket lolos semifinal Liga Champions. Ia juga menilai kerja keras rekan setim pada sesi latihan membuat mereka bermain sangat bagus ketika bertarung di atas lapangan melawan musuh.

"Ini (Piala FA) pertandingan besar lainnya dan kami menjalani setiap partai dengan keyakinan bahwa kami akan menang dan kami harus terus melakukannya," kata Mason Mount menjelaskan dikutip laman resmi klub.

Terlepas dari ketertarikannya untuk melakukan rotasi, pelatih Thomas Tuchel tampaknya telah menempatkan kepercayaannya pada Mason Mount, Christian Pulisic dan Kai Havertz sebagai tiga penyerang pada skema 3-4-2-1.

Adapun Tammy Abraham yang duduk di puncak daftar pencetak gol Piala FA musim ini, dengan catatan empat gol, diklaim akan sulit mendapat posisi utamanya. Dirinya bersama Olivier Giroud bisa berada di bangku cadangan. ed: gilang akbar prambadi

Prediksi Susunan Pemain

Chelsea : 3-4-2-1

Pemain : Kepa; Azpilicueta, Rudiger, Christensen; James, Jorginho, Kante, Alonso; Mason Mount, Pulisic; Havertz

Pelatih : Thomas Tuchel

Man City : 4-3-3

Pemain : Ederson; Kyle Walker, Ruben Dias, John Stones, Cancelo; Rodri, Guendogan, Kevin De Bruyne; Riyad Mahrez, Gabriel Jesus, Phil Foden

Pelatih : Josep Guardiola

 

 

Lima Pertemuan Terakhir

03/01/2021 Chelsea 1-3 Man City

25/06/2020 Chelsea 2-1 Man City

23/11/2019 Man City 2-1 Chelsea

24/02/2019 Chelsea 0-0 Man City

10/02/2019 Man City 6-0 Chelsea


×