Erling Haaland dari Dortmund, kiri, Marco Reus, tengah, dan Jude Bellingham meninggalkan lapangan di penghujung Liga Champions, leg pertama, pertandingan sepak bola perempat final antara Manchester City dan Borussia Dortmund di stadion Etihad di Mancheste | AP/Dave Thompson

Olahraga

Dortmund Berupaya Jegal Manchester City

Dortmund siap bekerja sama dengan striker Erling Haaland untuk membungkam pasukan Pep Guardiola.

DORTMUND -- Langkah Manchester City lolos ke semifinal Liga Champions belum sepenuhnya aman meski memenangkan leg pertama 2-1 atas Borussia Dortmund pada babak perempat final di Stadion Etihad. Peluang Dortmund juga masih terbuka lebar karena mereka mempunyai tabungan satu gol tandang.

Dortmund akan menjamu City pada leg kedua di Stadion Signal Iduna Park, Kamis (15/4) dini hari WIB. Mereka tampak mempersiapkan dengan matang jelang melakoni laga penentu tersebut. Pasukan Die Borussen bertekad menjegal langkah City lolos ke semifinal.

Kapten Borussia Dortmund Marco Reus menyatakan, siap bekerja sama dengan striker Erling Haaland untuk membungkam pasukan Pep Guardiola. Kerja sama apik keduanya sudah terbukti pada leg pertama lewat gol Reus berkat assist yang diberikan Haaland.

Reus kembali ke performa terbaiknya setelah berjuang dari cedera musim ini. Pemain berusia 31 tahun tersebut mencetak gol dalam dua pertandingan terakhir. Reus menegaskan, akan bahu-membahu dengan Haaland meloloskan Dortmund ke semifinal.

Kemampuan permainan Haaland mendapatkan pujian dari Reus. Ia mengakui belum pernah melihat pemain seperti Haaland di Dortmund. Menurut Reus, Haaland memberikan pengaruh besar kepada permainan tim.

“Dia unik dan masih sangat muda. Dia berkembang pesat selama enam sampai sembilan bulan terakhir,” puji Reus kepada Haaland jelang lawan City, dilansir dari Firstpost, Selasa (13/4).

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Manchester City (mancity)

Menjamu City, Dortmund masih tanpa lima pemain karena cedera, antara lain, Axel Witsel, Jadon Sancho, Dan-Axel Zagadou, Marcel Schmelzel, dan Youssoufa Moukoko. Adapun tim tamu masih diragukan menurunkan Sergio Aguero dan Aymeric Laporte meski keduanya dikabarkan sudah mulai berlatih.

City bertekad lolos ke semifinal Liga Champions setelah tersingkir pada perempat final dalam empat musim terakhir. Lolosnya mereka ke semifinal juga demi menjaga peluang meraih empat trofi dalam satu musim tetap terjaga.

City berpeluang besar mengangkat trofi Liga Primer Inggris setelah unggul 11 poin dari tim peringkat kedua, Manchester United, dengan sisa enam pertandingan. City juga lolos ke final Piala Liga melawan Tottenham Hotspur. Mereka pun masih bertahan di Piala FA dan akan melawan Chelsea di babak semifinal. 

Guardiola juga tampaknya sudah memikirkan leg kedua perempat final saat mereka kalah 1-2 dari Leed United di Liga Inggris, akhir pekan lalu. Meski pelatih asal Spanyol tersebut menolak anggapan rotasi yang dilakukan ketika melawan Leeds sebagai persiapan menghadapi Dortmund, ia mengakui, rotasi pemain adalah kunci kesuksesan.

Keputusan Guardiola melakukan rotasi bisa dimengerti. Ia tak ingin pemainnya kelelahan yang berimbas pada ambisinya merebut empat trofi dalam satu musim. Ia mengatakan, setelah laga melawan Leed, timnya akan langsung fokus ke pertandingan melawan Dortmund.

“Saya tidak memilih kompetisi. Saya memilih setiap tim untuk memenangkan setiap pertandingan tertentu,” kata mantan pelatih Barcelona itu, dikutip dari laman resmi klub.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat