Personel gabungan mengikuti apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Tahun 2021 di Mapolda Aceh, Banda Aceh, Aceh, Senin (12/4/2021). | ANTARA FOTO/Ampelsa

Nasional

Pemda Masifkan Sosialisasi Larangan Mudik

Operasi merupakan persiapan jelang larangan mudik pada 6-17 Mei 2021.

JAKARTA -- Memasuki hari pertama puasa Ramadhan, pemerintah daerah menggencarkan sosialisasi larangan mudik Lebaran 2021. Kota-kota perantau seperti DKI Jakarta dan Jawa Barat membentuk tim khusus untuk melakukan tugas tersebut. Sosialisasi juga aktif dilakukan oleh pemda tujuan pemudik.

Di DKI Jakarta, Operasi Keselamatan Jaya 2021 dibentuk dari unsur Polda Metro Jaya, TNI, dan jajaran Pemprov DKI Jakarta. "Kami yakin dengan hadirnya kepolisian, TNI, dan jajaran pemprov kerja sama, Insya Allah kita dapat melaksanakan ibadah Ramadhan dan juga Idul Fitri dan dapat mencegah warga Jakarta untuk tidak mudik," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahamad Riza Patria di Mapolda Metro Jaya, Senin (12/4).

Dia berharap masyarakat Jakarta mematuhi larangan mudik tersebut. Pemda DKI, kata dia, akan memberikan sanksi kepada aparatur sipil negara (ASN) di lingkungannya nekat melaksanakan mudik. "Sebagaimana sudah disampaikan tidak diperkenankan mudik, bagi ASN akan mendapatkan sanski dan seluruh warga kami minta untuk tetap berada di rumah karena tempat terbaik ada di rumah," kata dia.

Kepala Polda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengatakan, Operasi Keselamatan Jaya 2021 akan digelar hingga 25 April 2021. "Adapun sasaran Operasi Keselamatan Jaya adalah menyosialisasikan larangan mudik dan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang protokol kesehatan," kata dia, kemarin.

Operasi itu merupakan persiapan jelang diberlakukannya larangan mudik pada 6-17 Mei 2021. Selain itu, operasi akan mengatasi gangguan ketertiban yang ditimbulkan pengendara yang berisiko. "Seperti balap liar dan polusi suara knalpot bising dan melaksanakan manajemen lalu lintas dalam mengantisipasi arus mudik," kata dia.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah juga menginstruksikan kepada seluruh pegawai pemda menyosialisasikan larangan mudik pada 6-17 Mei 2021. "Saya juga menginstruksikan kepada seluruh OPD untuk bisa menyosialisasikan kepada masyarakat terkait larangan mudik dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan," kata dia, kemarin.

Untuk mencegah pemudik, Polda Jawa Barat menggelar Operasi Keselamatan Lodaya 2021. Kepala Polda Jabar, Irjen Ahmad Dofiri mengatakan, pihaknya akan mensosialisasikan secara masif tentang larangan mudik guna memutus rantai penyebaran Covid-19.

"(Juga) melaksanakan manajemen rekayasa lalu lintas dalam mempersiapkan masyarakat yang memaksa akan mudik," kata Dofiri, kemarin.

Sementara, Polda Jawa Timur menyiapkan tujuh titik rayon penyekatan di perbatasan untuk mengantisipasi adanya pemudik. Penyekatan akan dilakukan oleh tim Operasi Keselamatan Semeru 2021. Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta mengatakan, tujuh titik tersebut adalah Rayon Banyuwangi, Rayon Malang, Rayon Kediri, Rayon Madiun, Rayon Surabaya, Rayon Mojokerto, dan Rayon Madura.

"Tentunya kami mohon dukungan masyarakat dan memberitahukan sanak saudaranya supaya nanti Lebaran tetap di rumah," kata dia, kemarin.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat