Kepala pelatih kesebelasan Italia Roberto Mancini | EPA-EFE/Adam Warzawa

Olahraga

Kesebelasan Italia Waspadai Ancaman

Pertandingan pembuka Grup C jelas menjadi langkah awal yang menentukan bagi Italia dan Irlandia Utara.

EMILIA ROMAGNA — Timnas Italia akan menjalani kampanye awal pada Grup C kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan timnas Irlandia Utara, yang berlangsung di Stadion Ennio Tardini, Jumat (26/3) dini hari WIB nanti. Kemenangan menjadi target awal skuad Roberto Mancini.

Pertandingan pembuka Grup C jelas menjadi langkah awal yang menentukan bagi harapan kedua tim untuk mencapai Piala Dunia dalam sejarah kompetisi tersebut.

Kali ini Gli Azzurri menjabat sebagai tuan rumah untuk menjamu lawannya. Pelatih Roberto Mancini pun mengaku pertandingan nanti akan berjalan sulit.

"Pertandingan pertama akan menjadi yang tersulit karena kami tak bermain selama lima bulan terakhir. Kami akan menghadapi tim yang mengandalkan fisik," kata Mancini menjelaskan dilansir Football Italia, Rabu (24/3).

La Nazionale mencatatkan 22 pertandingan tak terkalahkan di bawah Mancini. Menyambut tim Ian Baraclough di stadion milik Parma jelas menjadi tantangan berarti. Eks pelatih Manchester City pun meminta anak asuhnya tidak boleh salah dalam menjalani setiap laga di kualifikasi Piala Dunia.

"Kami harus melakukan yang terbaik yang kami bisa dalam tiga pertandingan ini. Kemenangan di partai pertama jelas sangat berarti dan saya berharap anak-anak dapat memberikan yang terbaik," ujar Mancini.

Mancio, sapaan akrab Mancini, telah memanggil 38 nama untuk menghadapi Irlandia Utara, Bulgaria, dan Lithuania di ajang kualifikasi Piala Dunia 2022. Dari 38 nama tersebut, ada tiga pemain Inter Milan, yaitu Alessandro Bastoni, Nicolo Barella, dan Stefano Sensi.

Mancini tetap memanggil ketiganya, meski otoritas kesehatan lokal Milan melarang penggawa La Beneamata menjalankan tugas di jeda internasional. Larangan ini muncul akibat para pemain Inter tengah dilanda badai Covid-19.

Empat pemain Inter, yaitu Samir Handanovic, Danilo D'Ambrosio, Stefan de Vrij, dan Matias Vecino dinyatakan positif Covid-19 pekan lalu. Beberapa pengurus klub juga bernasib serupa, termasuk Direktur Olahraga Inter, Beppe Marotta.

Namun, kini harapan untuk Bastoni, Barella, dan Sensi bisa bergabung dengan skuad Mancini muncul. Pasalnya, hasil tes swab yang dilakukan Senin kemarin menyatakan ketiga pemain Inter tersebut negatif Covid-19.

Mancini menegaskan masih menunggu perkembangan situasi dari Bastoni, Barella dan Sensi. Mantan manajer Manchester City ini optimistis ketiganya bisa bergabung dengan timnas Italia.

"Kami optimistis mereka dapat bergabung. Karena alasan ini kami memanggil banyak pemain. Kami tidak tahu situasi apa yang bakal kami hadapi," kata dia.

Sementara, Mancini telah memanggil pemain bertahan Atalanta Rafael Toloi yang tampil impresif bersama La Dea dalam beberapa musim terakhir. Toloi pun mengaku sangat senang bisa berada dalam skuad Gli Azzurri dan berusaha untuk bisa memberikan yang terbaik.

"Saya ingin menunjukkan kualitas terbaik saya untuk klub dan timnas Italia. Menjadi pemain bertahan di sini jelas sangat membanggakan," kata Toloi.

Di sisi lain, Irlandia Utara mengusung misi untuk mencuri tiga angka saat berkunjung ke Ennio Tardini. Manajer Ian Baraclough meyakini timnya dapat memberikan tekanan untuk tuan rumah.

"Kami percaya diri untuk menjalani laga ini. Kemenangan jelas sangat berarti untuk kami dan tekad kami untuk bisa bersaing menembus Piala Dunia 2022 sangat besar," kata Ian Baraclough dilansir Telegraph.

Jamal Lewis diragukan tampil karena mengalami cedera pangkal paha dan bek sayap Newcastle United tidak berlatih dengan anggota tim lainnya pada Selasa waktu setempat.

Ian Baraclough diatur untuk membuat keputusan terlambat tentang kebugaran bek, tetapi ia cukup senang dengan kembalinya bek tengah Leicester City Jonny Evans, yang bermain di Piala FA kemarin.

Irlandia Utara juga akan kehilangan striker Conor Washington karena cedera dan pemain sayap Jordan Jones terpaksa mundur sebelum skuad diumumkan.

Penyerang Linfield Shayne Lavery telah dipanggil dan dapat tampil, sementara penjaga gawang Liverpool U-23 yang belum bermain, Liam Hughes, juga telah dimasukkan ke dalam skuad.

"Conor sedang menjalani pemeriksaan di klubnya sore ini dan kami membawa Shayne karena khawatir akan hal terburuk yang terjadi pada Conor," ujar Baraclough.

 

Prediksi susunan pemain Italia

Italia : 4-3-3

Pemain : Donnarumma; Emerson, Bonucci., Bastoni, Florenzi; Locatelli, Marco Verratti, Nicolo Barella; Lorenzo Insigne, Ciro Immobile, Federico Chiesa

Pelatih : Roberto Mancini

Irlandia Utara : 3-5-2

Pemain : Peacock-Farrell; McNair, Jonny Evans, Cathcart; Dallas, Davis, Saville, C. Evans, Kennedy; Magennis, Lafferty

Pelatih : Ian Baraclough

 

Lima pertemuan terakhir

11/10/2011 Italia 3-0 Irlandia Utara

08/10/2010 Irlandia Utara 0-0 Italia

06/06/2009 Italia 3-0 Irlandia Utara

03/06/2003 Italia 2-0 Irlandia Utara

22/01/1997 Italia 2-0 Irlandia Utara

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat